GenK LIFE

Ini Dia Yang Harus Kamu Lakukan Agar Bisa Mencegah Penyakit Alzheimer!

Penyakit alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang merusak sel otak dan bertanggungjawab kepada kemampuan berpikir, komunikasi dan juga mengingat. Alzheimer menjadi salah satu penyebab dari demensia yaitu gangguan kemampuan bersosial dan berpikir yang jelas dapat menganggu aktivitas harian. Biasanya penyakit Alzheimer diderita pada orang yang berusia diatas 65 tahun tapi juga banyak menyerang usia 40 tahunan. Penyebab Alzheimer sendiri belum diketahui secara pasti karena belum ada obat yang pasti bisa menyebuhkan penyakit tersebut. Akan tetapi, peneliti setuju bahwa ada beberapa kebiasaan dan pola hidup sehat yang bisa membantu mencegah risiko terserang penyakit Alsheimer!

  1. Olahraga

Sumber Gambar : pixabay.com

Kebiasaan olahraga pasti memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh nah termasuk juga menurunkan risiko Alzheimer. Hal inilah yang mampu meningkatkan aliran darah dan juga oksigen ke otak. Maka dari itu, jadikan olahraga sebagai kebiasaan baik. Cukup lakukan aktifitas fisik seperti bersepeda, berjalan kaki cepat, ataupun jogging.

  1. Diet Mediterania

Sumber Gambar : ahligizi.id

Diet ini adalah suatu bentuk pola makan yang sehat bisa mengonsumsi sayuran, buah-buahan yang segar, biji-bijian dan lainnya. Sumber makanan hewani sebenarnya tidak dilarang tapi konsumsi dengan jumlah terbatas. Diet mediterania berdampak baik dalam perkembangan Alzheimer, diet ini juga menhambat resiko penyakit lainnya. Seperti jantung, stroke sampai dengan diabetes.

  1. Melakukan hal-hal baru

Sumber Gambar : idntimes.com

Turunnya daya ingat dan kemampuan berpikir merupakan gejala dari Alzheimer maka dari itu memberikan stimulus kognitif penting sekali karena itu bentuk usaha dalam mengaktifkan sel-sel otak. Melakukan hal-hal baru seperti membaca, mengembangkan hobi, memasak dan yang bermanfaat lainnya.

  1. Tidur Cukup

Sumber Gambar : republika.co.id

Penting sekali untuk menjaga kualitas tidur makanya dengan beristirat 7-8 jam setiap hari agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Penelitian juga membuktikan bahwa tidur yang cukup bisa membersihkan beta-amyloid dari otak. beta-amyloid merupakan sisa metabolisme pada cairan yang berada antara sel-sel otak. Hal inilah yang menghambat kerja otak dan gangguan fungsi otak.

  1. Hindari Kebiasaan Merokok

penyakit Alzheimer

Sumber Gambar : medkomtek.com

Dengan menghindari kebiasaan merokok dari sekarang pasti akan membawa banyak dampak bagi tubuh kalian. Racun yang berada dalam rokok dapat meningkatkan peradangan dan juga stress oksidatif yang bisa perkembang menjadi penyakit Alzhaimer loh. Maka dari itu, kamu tidak inginkan kamu dan juga orang-orang disekitarmu jadi terkena dampak negatif rokok, bukan? Nah, makanya penting banget loh menghindari kebiasaan merokok.

  1. Menghindari Stress

penyakit Alzheimer

Sumber Gambar : windows.net

Stress juga merupakan salah satu faktor penyebab Alzheimer loh! Stress dalam waktu yang lama bisa berpengaruh terhadap sistem imun otak. Hal ini juga berdampak pada timbulnya gejala dementia. Maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan mentalmu. Buatlah diri kamu santai dengan tidur yang cukup, jalan-jalan, makan bergizi dan sering berpikir positif yang bisa dilakukan dalam menghindari stress.

  1. Aktif Dalam Bersosialisasi

penyakit Alzheimer

Sumber Gambar : kompas.com

Aktifitas yang dipercaya bisa mengungarngi risiko penyakit Alzheimer yaitu dengan melakukan berbagai aktifitas bersosialisai dengan orang-orang sekitar. Hal ini akan berhubungan koneksi sosial dan risiko Alzhemer yang belum terlalu jelas. Akan tetapi para ahli sepakat bahwa ini disebabkan juga oleh interaksi sosial yang bisa memicu stimulasi agar memperat koneksi antara sel-sel saraf otak.

Baca Juga :   Kenali Tanda-Tanda Schizophrenia yang Seringkali Nggak Disadari

Nah, itulah tadi beberapa kebiasaan yang bisa kalian lakukan demi menghindari risiko terkena penyakit Alzheimer. Maka dari itu jaga kesehatanmu mulai dari sekarang agar bisa tetap sehat di masa yang akan datang. Karena kebiasaan baik bisa dimulai dari sekarang!

About author

Related posts
GenK LIFE

5 Rekomendasi Podcast Lucu Indonesia yang Ampuh Banget Ngilangin Stres

GenK LIFE

Mengenal “Duck Syndrome”, Kamu yang Ambisius Sering Mengalaminya

GenK LIFE

Kamu Ngerasa Ragu Dengan Prinsip Hidupmu? Coba Pahami Hal Ini!

GenK LIFE

Punya Rambut Ikal? Ini Dia Tips Untuk Menggunakan Pomade Yang Cocok Untuk Rambutmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.