Creativepreneur and Career

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Bisa Langsung Dicoba

Biasanya kita pakai Instagram buat posting foto dan video. Namun, sebenarnya kalau mau mencoba, ada loh cara mendapatkan uang dari Instagram. Jadi, nggak cuma sekadar platform untuk sharing di media sosial, dari Instagram kamu bisa dapat uang sampingan atau malah dijadikan sumber penghasilan utama.

Asalkan, kamu tahu cara-cara yang paling simpel tapi efektif buat mengelola Instagram, biar menghasilkan pundi-pundi uang. Menurut akun Instagram @digitalsaaket, berikut cara buat dapetin uang dari Instagram:

  1. Jual Template Desain

Kamu suka bikin desain buat story Instagram? Kemungkinan kamu juga suka membuat desain lainnya buat berbagai keperluan. Bahkan, sekarang ada aplikasi Canva yang memudahkanmu buat mendesain dengan lebih praktis. Ini cocok buat kamu yang suka menuangkan kreativitasmu.

Jadi, gunakan aja kreativitas tersebut dan bikin sendiri template desain yang unik pakai Canva. Nah, nanti kemudian, kamu bisa jual template tersebut bahkan sampai ke klien internasional. Ini baru yang namanya kreatif.

2. Optimalkan Profil Instagram

Eits, jangan mager buat mengelola profil Instagram kamu. Soalnya, yang pertama kali dilihat orang saat mampir ke akun Instagram kamu adalah biodatamu. Kalau kamu bikin profil yang menarik, begitu juga dengan kontenmu, follower kamu pun bakal terus bertambah sedikit demi sedikit.

Nah, kemudian, cara mendapatkan uang dari Instagram yaitu dengan menjual jasa kamu tersebut. Jadi, kamu bantu orang-orang buat setting foto profil, bio, story highlight, dan tema, terutama untuk para pemula. Lalu, tetapkan berapa tarifmu untuk jasa tersebut.

3. Gabung Program Afiliasi

Sumber Gambar : instagram.com/digitalsaaket/

Cara ini udah ada sejak dulu, dan masih menjadi salah satu marketing digital yang paling efektif. Kamu bisa pakai platform marketing afiliasi buat dapetin link afiliasi dan promosikan link-nya di akun Instagram-mu. Link ini bisa ditaruh di bio atau kamu buatkan postingan sendiri.

Nah, link-nya bisa kamu cantumkan di caption postingan kamu tersebut. Biar terasa lebih ringkas, kamu bisa coba pendekkan link tersebut dengan bit.ly. Jadi, link-nya lebih nyaman buat di-posting.

4. Bikin Merchandise Unik

mendapatkan uang dari instagram

Sumber Gambar : instagram.com/digitalsaaket/

Kamu pernah, kan, dapat suvenir seperti mug yang ada print gambarnya, atau kamu beli kaus dan topi dengan logo suatu brand indie misalnya. Nah, kamu juga bisa bikin merchandise unikmu sendiri. Misalnya, item merchandise tersebut berupa kaus, jaket, tas, topi dan casing hp.

Kemudian, bikin logo brand atau desain kamu sendiri yang nanti bakal di-print di merchandise tersebut. Setelah itu, kamu bisa menjualnya ke audience Instagram kamu. Ini menarik loh, dan peluangnya bakal terus ada.

5. Jual e-Book

mendapatkan uang dari instagram

Sumber Gambar : instagram.com/digitalsaaket/

Buat kamu yang suka menulis buku, kamu tulis aja materi yang kamu suka dan kuasai. Baik itu cerita atau topik seputar ilmu dan pengetahuan tertentu. Bikin ebook kemudian terbitkan di platform tempat menjual ebook. Nggak cuma di-publish begitu aja, tapi gunakan juga Instagram.

Caranya dengan mempromosikan ebook kamu tersebut di akun Instagram kamu. Misalnya, bikin postingan khusus buat promosi ebook-mu disertai gambar sampulnya dan sinopsisnya. Cara promosi ini bakal menjangkau audience yang lebih luas apalagi di Instagram.

Nah, demikian cara-cara untuk mendapatkan uang dari Instagram. Rupanya kalau kita mau kreatif dan mencoba, ada banyak cara sekaligus peluang buat menjadikan Instagram sumber penghasilan tambahan. Apalagi, kamu bisa pilih cara yang sesuai dengan minat serta keahlianmu, atau, mau pakai semua caranya juga boleh kalau memang bisa mengelolanya dengan baik.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online