Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Mendesain karakter

Sebelum menggambar karakter, terlebih dulu kamu harus membuat konsep desainnya. Konsep tersebut merupakan aspek yang penting banget dalam mendesain karakter. Terus, konsep ini seperti apa, dan gimana caranya bikin sebuah karakter? Kita simak aja langsung ulasan selengkapnya.

Apa Itu Konsep Desain Karakter?

Sumber Gambar : masterclass.com

Konsep desain karakter merupakan langkah pertama dalam proses design. Kalau dalam seni konsep, concept artist membuat banyak style dunia fiksi yang berbeda, bikin karakter unik, sekaligus desain latarnya.

Dalam seni konsep, biasanya animator menunjukkan mock-up ke art director dan rekan-rekan creative lainnya, untuk memilih desain final yang bakal dipakai.

Baik itu membuat karakter kartun, buku komik, manga, video game, maskot, atau anime, artist menciptakan konsep desain karakter buat mengeksplorasi backstory karakter tersebut, serta menentukan kepribadian mereka melalui penampilan mereka.

Desain karakter yang bagus bisa bikin karakternya memorable yaitu mudah diingat, sekaligus bikin penonton merasa ikut terhanyut dalam alur ceritanya dan merasa terus penasaran buat mengikuti kelanjutannya.

Cara Bikin Desain Karakter

Tips Dasar Membuat Desain Karakter

Sumber Gambar : hosteko.com

Desainer karakter harus benar-benar memahami karakter yang dia buat dan cerita yang dilakoni karakter tersebut. Buat menciptakan karakter, pastikan melakukan riset dan meminta feedback.

Berikut cara untuk bikin desain karakter:

  1. Belajar dari Mengamati Dunia Nyata

mendesain karakter

Sumber Gambar : Kepoo.me

Dengan mengetahui gimana cara manusia dan hewan bergerak serta menunjukkan emosi, kamu bakal terbantu untuk menciptakan karakter yang relatable dengan ekspresi wajah yang terasa nyata.

2. Menganalisa Desain Karakter Terkenal

Coba perhatikan tampilan visual karakter favoritmu, dan seperti apa karakter tersebut mendukung jalan ceritanya. Begitu kamu udah paham, kamu bisa bikin desain karaktermu sendiri.

3. Mencari Feedback

Mulai dari bikin konsep sampai bikin sketsa sampai menggambar karakter sampai jadi ilustrasi karakter final, penting buat memastikan kalau character art kamu selalu konsisten sesuai naskahnya. Makanya, mintalah feedback ke penonton atau orang di sekitarmu.

Tips Mendesain Karakter

Sekarang kita simak tips mendesain karakter seperti berikut ini:

  1. Mengenali Target Audience

Demografis dari project yang kamu kerjakan bakal menentukan seperti apa sederhana dan rumitnya desain karakter. Misalnya, untuk film dan buku anak, karakternya simpel dan berwarna terang. Lalu untuk video game, karakternya lebih detail dan pakai shading.

2. Belajar Menciptakan Dunia Karakter

Pikirkan seperti apa dunia karakter di dalam ceritamu. Ini bakal membantumu menentukan tampilan karakter dan apa yang mereka kenakan. Misalnya, ceritanya science fiction, desain karakternya lebih robotic dan metallic.

3. Memahami Ciri Khas Bentuk

Ini salah satu cara dasar buat menciptakan karakter. Bentuk badan bisa membantu menentukan kepribadian dan bahasa tubuh seorang karakter. Misalnya, kalau di Jepang, karakter yang cute menggunakan desain simpel dan bulat atau berlekuk.

4. Memahami Kepribadian Karakter

Mendesain Karakter

Sumber Gambar : kuliahdimana.id

Memahami siapa karakter yang kamu buat, seperti apa kepribadiannya, harapannya, mimpinya, dan backstory-nya, bisa membantumu mendesain karakter yang unik.

5. Bereksperimen dengan Warna

Skema warna seorang karakter juga bisa membantu kamu dalam membuat ilustrasi yang menggambarkan kepribadian karakter tersebut.

6. Tetap Pakai Tampilan Simpel

Desain karakter yang bagus bakal membantu penonton untuk memahami siapa karakter tersebut hanya dengan sekilas melihat mereka. Jadi, meliriknya aja udah tahu siapa dia. Makanya, kesederhanaan itu penting banget dalam membuat karakter animasi.

Itu tadi sekilas tentang cara-cara dan tips mendesain karakter. Jadi, yang terpenting kamu belajar dengan mengamati dunia nyata, serta subjek yang ada di dalamnya, seperti manusia dan hewan. Dengan begitu, kamu bisa bikin karakter yang terlihat lebih nyata serta mudah diingat.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya

Seni Rupa & Desain

Apa Itu Golden Ratio dan Dapatkah Diaplikasikan ke Desain Logo?

Seni Rupa & Desain

Tutorial Anaglyph di Adobe Photoshop Anti-Ribet yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah