Fotografi

Cara Menerbangkan Drone untuk Videografi

menerbangkan drone

Drone pada dasarnya punya fungsi utama untuk videografi, terutama mengambil objek pemandangan yang lebih sulit buat dijangkau. Namun, memang nggak mudah buat dapetin hasil rekaman video yang bagus, tanpa cara menerbangkan drone yang tepat. Sebenarnya, kuncinya yaitu bisa mengendalikan drone dengan stabil. Gimana caranya? Baca terus buat cari tahu.

Cara Tepat Menerbangkan Drone untuk Merekam Video

Ada cara sekaligus tips yang bisa kamu terapkan buat merekam video pakai drone. Jadi, hasil rekaman videonya bisa berkualitas. Selain itu, drone kamu nggak bakalan mudah hilang ketika diterbangkan. Berikut cara menerbangkan drone buat merekam video:

  1. Rutin Berlatih Menerbangkan Drone

Ilustrasi drone.

Sumber Gambar : kompas.com

Sebelum kamu pakai drone buat merekam video, pelajari dulu cara buat menerbangkannya. Begitu udah punya skill buat menerbangkan drone maka hasil video akan ikut mendapat manfaatnya juga. Soalnya, kamu bisa bikin posisi drone seimbang sehingga videonya nggak buram.

Drone juga dilengkapi remote control buat mengendalikannya, biasanya meliputi perangkat remote serta aplikasinya di smartphone. Coba pakai drone jenis mini quadcopter buat latihan, karena tipe drone ini mungil serta ringan juga mudah bermanuver.

2. Atur Resolusi Video Buat Memudahkan Editing

Drone (ilustrasi)

Sumber Gambar : republika.co.id

Kalau kamu udah jago menerbangkan drone, selanjutnya kamu bisa mulai merekam video. Namun, sebelumnya, kamu pastikan dulu buat mengatur reolusi dari video tersebut. Gunakan dimensi yang pas dan juga sesuai. 

Untuk itu, kamu bisa pakai resolusi yang sesuai kebutuhan perekaman video, yakni 4K dan HD. Soalnya, resolusi ini nanti bakalan berpengaruh terhadap hasil pengambilan atau perekaman video. Di samping itu, kamu juga bakalan lebih mudah saat proses editing, karena resolusi buat visualnya udah tepat.

3. Aktifkan Mode Otomatis

Ilustrasi Drone

Sumber Gambar : detik.net.id

Cara menerbangkan drone selanjutnya adalah mengaktifkan mode otomatis. Dengan cara ini, hasil rekaman video kamu bakal berkualitas bagus. Soalnya, drone biasanya udah dilengkapi dengan fitur otomatis buat melakukan apa aja. Saat mode ini diaktifkan, kamu nggak lagi repot dan hasil visualnya tetap kece.

Adapun mode otomatis yang oke buat videografi antara lain Mode ActiveTrack, FlightAutonomy, dan Return to Home. Fitur-fitur tersebut bisa berfungsi buat mengatur gerakan dari drone kamu, terutama buat perekaman di luar ruangan. Jadi, hasil videonya bisa terlihat tajam dan menawan.

4. Siapkan Peralatan Serta Komponen Pengganti

Sumber Gambar : thewirecutter.com

Selanjutnya, siapkan dulu komponen pendukung sebelum kamu menerbangkan drone. Mulai dari memastikan kalau daya baterai udah penuh atau diisi dengan cukup, lalu sediakan juga aliran listrik buat isi ulang baterai. Atau, siapkan baterai cadangan.

Nah, baterai cadangan ini ideal buat penggunaan drone di luar ruangan karena lebih efisien dan praktis. Kamu nggak perlu lagi menghabiskan waktu buat menunggu atau mencari baterai buat pengganti saat drone kamu habis baterainya. 

Selain itu, siapkan juga propeller cadangan biar kalau satunya rusak atau hilang, nggak perlu panik, tinggal diganti aja.

5. Pastikan Kondisi Cuaca Sekaligus Lingkungan

Sumber Gambar : milimaj.com

Terakhir, penting banget buat memerhatikan kondisi cuaca serta lingkungan sekitar di mana kamu bakal pakai drone buat merekam video. Pastikan cuaca cerah, dan tekanan angin serta suhu udaranya bagus. 

Di samping itu, baling-baling dan drone kamu punya ketahanan terhadap suhu serta kelembapan tertentu, jadi perhatikan juga, ya. Selain itu pastikan kalau tempat kamu merekam video emang memberikan izin buat aktivitas menerbangkan drone.

Nah, itu tadi cara-cara menerbangkan drone yang bisa kamu terapkan buat videografi. Semoga bermanfaat, ya.

About author

Related posts
Fotografi

Tips Meningkatkan Komposisi Foto Agar Lebih Menarik dengan Natural Framing

Fotografi

Catat Panduan Penting Buat Fotografi Drone

Fotografi

Mengenal Segitiga Exposure Biar Semakin Jago Fotografi

Fotografi

Low Light Photography Hacks untuk Dapatkan Hasil Jepretan yang Mengesankan