Creativepreneur and Career

Menganal Bisnis Database: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Menjalankannya

Bisnis Database

Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini, hal apapun bisa menjdi penghasil pundi-pundi Rupiah. Sudah banyak sekali model bisnis baru yang sebelumnya belum sempat terpikirkan sama sekali. Nah, bisnis database menjadi salah satunya. Bisnis database merupakan salah satu bisnis yang memiliki cara kerja yang sangat unik.

Kamu dapat memperoleh keuntungan dari berbagai data personal yang diambil dari berbagai sumber tanpa harus mengeluarkan biaya. Kesempatan kali ini, mari kita sama-sama bahas secara lengkap tentang bisnis database, cara kerjanya, serta kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis ini.

Pengertian Bisnis Database Adalah

bisnis database

Sumber Gambar : bahasan.id

Bisnis database adalah suatu bisnis yang dilakukan dengan cara mengumpulkan nomor telepon, WhatsApp, email dan sejenisnya dari para produsen, supplier, perusahaan, nama, dan juga alamat untuk selanjutnya akan di jual.

Produk utama dari bisnis ini adalah data. Cara mendapatkannya  pun sangat banyak, ada yang mengambil data dari berbagai aplikasi perkantoran yang mengumpulkan setiap data pengguna, dan Lain-lain sebagainya.

Contoh sederhananya saat praktik jual beli pulsa dan paket data, ketika Kamu diminta untuk menuliskan nomor telepon Kamu, maka dari data tersebut sudah bisa dijadikan untuk berjualan data base. Berbagai data tersebut dapat dikumpulkan dan dijual kepada orang ataupun perusahaan yang sedang membutuhkan.

Pada umumnya, berbagai data ini dibutuhkan untuk kebutuhan promosi, survei, dll. kepada para konsumen.

Apa saja Sih yang Dijual dalam Bisnis ini?

Sumber Gambar : Dictio.id

Dalam suatu bisnis tentunya ada produk yang akan dijual. Dalam pembahasan bisnis bermodal database ini produk yang dijual dalam bentuk file yang isinya informasi-informasi penting dari data tersebut.

Akan ada ribuan bahkan puluhan ribu data yang akan diperjual belikan dalam satu kali transaksi. Nah sudah jelaskan ada produk yang diperjual belikan?

Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Database

Sumber Gambar : timviec.com.vn

Setiap menjalankan bisnis tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk dalam menjalankan bisnis database. Beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis data base adalah sebagai berikut:

– Mudah Dijalankan

Kelebihan utama dari bisnis database ini adalah salah satu bisnis yang terbilang  mudah dijalankan.  Kamu bisa menawarkan berbagai database potensial ini melalui Sosmed, iklan maupun website. Lebih asiknya lagi, satu database bisa Kamu jual berulang kali kepada pihak yang memerlukan.

Jadi, menjalankan bisnis ini sangatlah mudah, tidak perlu menyiapkan persediaan ataupun produksi, Kamu bisa tetap jualan setiap saat.

– Cukup Modal Sekali

Keuntungan lain dari bisnis database adalah Kalian hanya membayar modal sekali saja saat melakukan pembayaran pertama. Jadi, sebagai contoh Kamu membeli  database supplier fashion senilai 200 ribu.

Nah, dari database tersebut Kamu bisa menjualnya berulang kali untuk  para pemilik toko online dan offline yang sdang memerlukan supplier. Karena bentuknya ini berupa file, maka Kamu bisa menjualnya kembali dan bisa balik modal dengan cepat.

– Prospek Kedepan yang Bagus

Bisnis database merupakan bisnis di masa depan yang cukup bagus dengan minat belanja online yang selalu meningkat tiap minggunya. Contohnya saja dari penjualan database produsen fashion, akan ada banyak sekali penjual yang memerlukan database produsen fashion untuk mencari harga yang paling murah di setiap produknya.

Setiap pebisnis online, mulai dari pihak penjual, reseller, dropshipper dan para bisnis offline pun sangat membutuhkannya. Untuk itu, prospek bisnis database ini kedepannya masih sangat bagus untuk Kamu yang baru ingin bergabung ke dalam bisnis database.

Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Bisnis database ini dapat dilakukan oleh siapa saja karena dalam prosesnya kerjanya juga tidak membutuhkan perhatian yang sangat banyak. Bisnis ini juga dapat dilakukan oleh mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, bahkan bisa dilakukan oleh para pekerja yang sudah memeiliki pekerjaan tetap. Selain itu, bisnis ini juga tidak membutuhkan latar belakang ilmu apapun.

Fleksibel

Bisnis ini dapat dilakukan di waktu dan tempat dimana saja, sehingga dapat menyesesuai dengan setiap kegiatan keseharian Kamu.

 Kekurangan Bisnis Database Adalah

Sumber Gambar : techvccloud.mediacdn.vn

Dari banyaknya kelebihan yang dari data base, tentu setiap bisnis mempunyai kekurangannya tersendiri. Sama halnya dengan bisnis data base ini. Berikut ini merupakan kekurangan dari bisnis data base.

Merupakan Bisnis Ilegal

Di negara kita sendiri, bisnis yang didalamnya memperjualbelikan data pribadi tergolong pada bisnis yang ilegal. Berdasarkan undang-undang nomor 19 tahun 2016 terkait informasi dan transaksi elektronik atau ITE, bisnis jual beli data ini dilarang dan bisa terancam tindakan pidana.

Validitas Data yang Dijual

Kekurangan berikutnya adalah validitas data yang diperjualbelikan di dalamnya. Sangat banyak sekali kasus data base yang dijual adalah database yang sudah tidak valid, sehingga banyak konsumen yang merasa tertipu. Jika sudah terjadi, maka tentunya akan mencoreng nama baik Kamu dan Kamu pun sudah tidak dapat dipercaya lagi oleh konsumen Kamu.

Oleh karena itu, Kamu harus bisa jeli dalam  tingkat validitas data yang dijual agar bisa sama-sama saling menguntungkan antara yang satu dengan yang lainnya.

Indikasi MLM

Terdapat indikasi bisnis data base seperti MLM atau Multi Level Marketing. Kamu dapat membeli sekumpulan data kemudia menjualnya lagi pada pihak lain, lalu orang tersebut menjualnya lagi, dan seterusnya dan seterusnya.

Untuk itu, pastikanlah mereka yang membeli database ini adalah mereka yang memerlukan data tersebut, bukan untuk dijual lagi untuk mencari keuntungan pribadi.

Instrumen yang Digunakan pada Bisnis Database

Bisnis database ini merupakan bisnis yang sangat menjanjikan, murah, dan tidak memerlukan banyak instrumen dalam memulainya. Beberapa instrumen yang diperlukan untuk memulai bisnis data base adalah smartphone dan paket internet atau wifi, data original yang dibeli sebagai bentuk modal, media sosial, dan website ataupun blog sebagai media pemasaran lainnya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Leave a Reply

Your email address will not be published.