Creativepreneur and Career

Asah Jiwa Kepemimpinan dengan 5 Hal Ini dan Raih Kesuksesanmu

jiwa kepemimpinan

Setiap orang dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin. Setidaknya, manusia menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri. Kamu memiliki otoritas untuk memimpin dirimu seperti harus makan saat lapar, berhenti sejenak ketika lelah, dan hal-hal lainnya. Di sisi lain, ada juga orang yang membawa jiwa kepempinannya ke ranah yang lebih luas seperti memimpin sebuah tim. Tim yang dimaksud cukup beragam seperti tim kerja, organisasi, dan lainnya.

Dimanapun kamu memimpin nantinya, pastikan kamu menjadi pemimpin yang baik dan bisa cepat beradaptasi. Bawalah dirimu, tim, dan nama yang kamu bawa menjadi bangga dan beruntung memilikimu. Untuk mencapai hal tersebut, ada lima hal terkait jiwa kepemimpinan berikut yang bisa kamu terapkan.

1. Terapkan 3 Kata Ajaib yang Berlaku untuk Semua

berterima kasih

sumber: unsplash.com

Tiga kata ajaib yaitu maaf, tolong, dan terima kasih. Kata ini harus dimiliki oleh setiap orang. Ketika kamu menjadi pemimpin, bukan berarti tiga kata ajaib ini harus hilang dari dirimu. Kamu bekerja bersama dengan tim yang mereka sama-sama manusia yang patut dihargai. Oleh karena itu, tetap ucapkan tiga kata ajaib ini setiap kamu ingin meminta bantuan, melakukan kesalahan, atau merasa terbantu atas pertolongan tim.

2. Beri Apresiasi Kinerja Individu Sekecil Apa pun

kalimat apresiasi seorang pemimpin

sumber: redemptionokc.com

Apresiasi sekecil apa pun sangat berarti bagi setiap individu dalam tim. Walaupun bersifat hal kecil, ini bisa menunjukkan integritas jiwa kepemimpinan kamu, lho. Apresiasi tidak harus panjang tapi simpel saja pun sudah berharga bagi yang menerimanya. Misalnya salah seorang dari timmu melaporkan secara personal kepadamu melalui pesan singkat bahwa pekerjaan yang diberikan hari ini sudah selesai. Kamu sebagai pemimpin tim mungkin terlalu sibuk untuk mengurusi hal-hal demikian tapi bukan berarti kamu mengabaikannya. Kamu bisa menyederhanakan bentuk apresiasi kepada anggota tim kamu ini berupa emoticon atau stiker saja.

Baca Juga :   Apa Kamu Punya Jiwa Pemimpin yang Baik? Ikut Tes Ini Yuk!

3. Jadilah Orang yang Solutif

pemimpin yang solutif

sumber: unsplash.com

Masalah adalah hal yang tidak terhindarkan apalagi dalam suatu kelompok. Kamu sebagai pemimpin harus mampu memberikan jawaban yang solutif. Hindari memberikan jawaban yang hanya sekadar menjawab tanpa mengarah ke masalah dan solusi terkait. Anggota tim akan sangat merasa terbantu jika kamu ikut mengarahkan mereka mencari solusi terbaik. Saat ada masalah eksternal dari luar tim pun kamu juga harus tanggap mencari jalan keluar. Agar teamwork semakin solid, kamu harus membangun kepercayaan di antara tim kamu, lho.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Brand Storytelling Super Mudah dengan 5 Panduan Ini

Creativepreneur and Career

5 Tips Membuat Portofolio Kreatif yang Sempurna dan Menarik Perhatian

Creativepreneur and Career

Kamu Hobi Bertani? Ini Dia Rekomendasi Channel Youtube Untuk Bertani