GenK LIFE

Ambil Kendali Hidupmu dengan Mengatur Skala Prioritas

cara mengatur skala prioritas

Langkah-Langkah Mengatur Skala Prioritas

Setelah mengelompokkan tugas-tugas dalam tingkatan skala prioritas, inilah langkah yang bisa kamu aplikasikan untuk mengatur skala prioritas.

skala prioritas 4

             Mengatur skala prioritas (Sumber: pentorium.com)

  1. Menentukan tingkat urgensi supaya kamu tahu apa saja yang harus didahulukan. Kalau mau lebih efektif, buatlah skala prioritas mendetail berdasarkan jenis urusannya, misalnya prioritas dalam bekerja, prioritas dalam belajar, prioritas dalam keuangan, dan sebagainya.
  2. Selain ditentukan, ada baiknya jika daftar hal-hal yang penting tersebut kamu tuliskan di dalam sebuah catatan. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak lupa urutannya. Kamu bisa membuat daftar checklist sederhana yang memotivasimu untuk menyelesaikan seluruhnya.
  3. Menentukan target yang ingin dicapai berdasarkan tingkatan waktu. Sebagai permulaan, kamu bisa mulai membuat perencanaan sederhana dalam waktu sehari hingga satu minggu. Setelah itu, belajarlah membuat perencanaan tentang apa yang ingin kamu penuhi dalam jangka panjang. Misalnya, keinginan untuk kuliah S2, liburan ke luar negeri, dan sebagainya.
  4. Membuat rencana untuk mempelajari hal baru. Selain mencapai apa yang menjadi prioritas, kamu juga bisa merencanakan apa yang ingin kamu kuasai selanjutnya. Hal ini tentunya sangat berguna untuk membantumu melakukan prioritas di masa mendatang.
  5. Dalam menyusun skala prioritas, jangan lupa untuk menyediakan waktu luang bagi dirimu sendiri. Kenapa? Aagar hidupmu seimbang dan tidak jenuh dalam melakukan rutinitas. Tapi ingat, sediakan waktu yang sesuai, jangan sampai terlalu banyak sampai menggeser kewajiban yang harus dipenuhi.
  6. Belajar menghargai waktu dan konsisten dengan skala prioritas yang kamu buat. Jangan sampai daftar yang kamu bikin hanya berakhir di atas kertas. Jangan.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.