Creativepreneur and Career

Tips Mengelola Kontak Konsumen Buat Menjalin Hubungan Baik

mengelola kontak konsumen

Kamu pasti udah sering menjumpai orang atau mungkin kamu sendiri jualan lewat WhatsApp. Nggak cuma WhatsApp tapi juga aplikasi berkirim pesan lainnya seperti Telegram, Line, dan sebagainya. Bahkan menurut UKM Indonesia, ada penjualan yang mencapai angka 32 juta rupiah dalam dua hari aja cuma lewat WhatsApp, wow. Kuncinya ada di cara mengelola kontak konsumen loh. Terus gimana caranya kontak konsumen ini bisa menjadi ladang penghasilan?

Keuntungan Jualan Lewat Aplikasi Chat

Sumber Gambar : balesin.id

Jualan lewat WhatsApp menguntungkan terutama karena keuntungannya benar-benar buat kamu sendiri nggak perlu dibagi dengan pihak lain. Di samping itu pengguna WhatsApp banyak banget sehingga hal tersebut yang bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis.

Berdasarkan data We Are Social di bulan Januari 2020, WhatsApp digunakan sampai 84% pengguna internet di Indonesia. Artinya penggunanya banyak banget hampir semua orang yang pakai internet di Indonesia juga memakai WhatsApp. Makanya, aplikasi ini punya potensi besar buat menjangkau konsumen.

Dua Kunci Utama Sukses Jualan Lewat WhatsApp

Sumber Gambar : sirclo.com

Ada dua hal yang paling banyak mendatangkan penghasilan lewat jualan di WhatsApp, yaitu:

  1. Copywriting yang Baik

Saat jualan tentunya kamu perlu bikin tulisan promosi yang menarik bahkan menjual. Di sinilah pentingnya copywriting. Jadi, bikin deskripsi produk sejelas-jelasnya dan lengkapi dengan call-to-action atau ajakan yang bisa mendorong konsumen buat membeli produkmu.

2. Punya Kontak Sebanyak-Banyaknya

Selain copywriting, yang juga sangat penting adalah jumlah kontak yang kamu punya. Dari sini kamu bisa mengelola kontak konsumen tersebut untuk menjalankan bisnis jualanmu. Miliki ribuan kontak nggak masalah sampai seribu atau bahkan tiga ribu atau empat ribu kontak.

Trik Jitu Menambah Kontak WhatsApp

Sumber Gambar : kompas.com

Oke jadi ada triknya buat menambah kontak WhatsApp biar sampai ribuan. Cara termudah adalah dengan menambahkan nomor-nomor kontak dari grup-grup tempat kamu bergabung. Nah, jadikan ini kesempatanmu buat menambah database kontak secara gratis.

Jangan lupa kasih nama dan asal grupnya, biar kamu tahu asal kontak tersebut dari mana. Setelah itu, mulai chat satu per satu, lebih baik kenalan dulu dan minta mereka simpan nomor kamu. Kalau sudah, boleh mulai beraksi jualan produkmu.

Kenapa Harus Mengelola Kontak Konsumen?

mengelola kontak konsumen

Sumber Gambar : osxdaily.com

Seperti telah dijelaskan kalau kontak konsumen sangat penting untuk kamu agar bisa berkirim pesan ke mereka. Media chat ini bisa dipakai calon konsumen buat konfirmasi kalau mereka lagi berbelanja ke pihak yang bisa dipercaya. 

Berkirim chat juga menjadi cara buat menjaga hubungan dengan pelanggan serta kolega bisnis. Makanya, kamu yang berbisnis atau pelaku UKM wajib buat mengelola kontak di media berkirim pesanmu.

Mengelola kontak konsumen penting banget karena alasan berikut ini:

  • Mengkategorikan kontak sesuai jenisnya. Khususnya bisa dibedakan mana kontak yang sudah jadi konsumen dan yang masih merupakan calon konsumen. Jadi mudah bikin strategi komunikasi saat mau kirim pesan.
  • Memudahkan buat menghubungi konsumen. Kamu pasti pernah deh bingung sendiri saat mau mengirim pesan ke satu nama kontak, karena ternyata ada lima nama yang sama. Makanya, kelola kontak dengan baik sekaligus pemberian namanya.
  • Menjadi basis data pelanggan sekaligus calon konsumen. Bisa kamu kelola lebih lanjut buat meningkatkan pemasaran dan promosi produk.
  • Membuat komunikasi lebih efektif serta menjaga hubungan baik. Nggak cuma dengan pelanggan aja, tapi juga supplier dan semua mitra usaha kamu.

Ternyata sepenting itu kan mengelola kontak konsumen. Dengan pengelolaan kontak yang baik, kamu bisa dapetin keuntungan lebih besar melalui jualan lewat aplikasi berkirim pesan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online