Game & Teknologi

Mengenal 3 Jenis Akun Instagram, Mana yang Paling Cocok untuk Marketing?

Hayo, kamu tahu nggak, sih, guys, kalau ternyata Instagram menyediakan 3 jenis akun yang bisa kita pilih? Dan masing-masing jenisnya menawarkan kelebihannya sendiri. Salah satunya adalah jenis akun Instagram yang cocok banget untuk marketing. Emang, sih, pada tahun 2010-an dan beberapa tahun setelahnya Instagram nggak memberikan banyak pilihan jenis akun. Karena saat itu cuma ada dua jenis Instagram account, yakni private dan public, saja, guys. Nah, sekarang Instagram semakin manjain penggunanya dengan menawarkan 3 pilihan jenis akun Instagram. Apa aja? Simak jenis-jenisnya di bawah ini, disertai kelebihan dan kekurangan masing-masing:

Akun Instagram Personal

Jenis akun instagram

Sumber Gambar : Insider.com

Akun Instagram personal ini adalah jenis yang dibuat saat kamu pakai platform media sosial ini untuk pertama kalinya, guys. Akun ini tentunya hanyalah untuk kebutuhan personal dan bisa kamu pakai secara cuma-cuma. Dengan memiliki akun personal Instagram, kamu bisa terkoneksi dengan teman-teman. Kamu juga bisa saling berbagi foto atau video hingga mem-follow akun lain maupun brand. Jenis akun personal hanya boleh digunakan oleh mereka yang nggak punya minat dalam urusan monetisasi dan menjual produk atau jasa.

Fungsi utama dari akun Instagram personal adalah, nambahin link di bio, bikin dan posting konten lewat feeds atau story, menghubungkan akun IG dan akun Facebook serta pakai fitur Close Friend. Kelebihannya, pengguna bisa men-setting akun jadi private atau public, pemilik akun bisa menggunakan semua fungsi dasar Instagram dan kamu nggak dipungut biaya, alias gratis.

Sayangnya, pemilik akun personal nggak punya fitur insight, analitik dan monetisasi. Kamu juga nggak bisa nambahin informasi kontak pada profil ig-mu dan cuma bisa mengakses fungsi-fungsi dasar saja.

Akun Instagram Bisnis

Jenis Akun Instagram

Sumber Gambar : Later.com

Kalau jenis yang ini diperuntukkan bagi para pelaku bisnis, brand, perusahaan atau organisasi yang ingin meningkatkan kesadaran merk dengan memanfaatkan marketing tool dari platform Instagram.

Baca Juga :   5 Earphone Bluetooth Murah, Mulai dari 100 Ribuan Aja

Pemilik akun bisnis nggak cuma bisa pakai fitur-fitur dasar Instagram saja, lho, guys. Ada beberapa fitur yang khusus dirancang untuk pelaku bisnis, seperti:

  • Tombol Kontak

Fitur ‘Kontak’ memungkinkan pemilik bisnis menertakan petunjuk arah, nomor telepon dan alamat email pada profil akun mereka.

  • Quick Reply

Fitur Quick Reply hadir untuk memudahkan pemilik akun membuat format pesan berisi pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan. Dan berkat fitur ini kamu bisa membalas dengan cepat, cukup dengan menuliskan satu keyword saja.

  • Shoppable Feeds

Terakhir ada Shoppable Feeds yang merupakan fitur penting lainnya dalam akun Instagram bisnis. Kamu bisa mengarahkan pengguna untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan secara langsung dengan menggunakan fitur ini.

Akun Instagram Kreator

Sumber Gambar : uk.godaddy

Jenis Instagram account yang baru diluncurkan pada tahun 2019 satu ini dibuat untuk pelaku kreatif, seperti artis dan influencer, guys. Ada pun fungsi dari akun kreator adalah sebagai mediator antara akun pribadi dan akun bisnis. Yang menarik dari akun jenis ini adalah, nggak adanya batasan jumlah follower. Selain itu, tentunya, sebagai pemilik akun kreator ini kamu akan dimanjakan dengan beberapa fitur unggulan yang cukup menarik:

  • Filter di Direct Message (DM)

Pemilik akun Instagram kreator bisa memilih pesan mana yang ingin diprioritaskan, atau memberi peringkat sesuai relevansi atau waktu. So, kamu nggak bakal melewatkan pesan penting dari brand atau teman, deh.

  • Menyertakan Tag Produk Brand di Konten Feed

Berkat fitur ini kamu bisa menandai produk pada postingan-mu. Jadi para followers-mu bisa lebih gampang berbelanja langsung di feeds-mu tanpa meninggalkan Instagram.

So, gimana, guys, sudah nggak bingung lagi, kan, memilih mana Instagram account yang paling cocok untuk strategi marketing media sosialmu?

About author

Related posts
Game & Teknologi

Punya Masalah Susah Tidur? Ini Dia Aplikasi Untuk Atasi Insomnia!

Game & Teknologi

Pakai Chipset Snapdragon, Ini dia 5 Smartphone Nokia Terbaik

Game & Teknologi

Rekomendasi Software Rekam Layar PC Terbaik Untuk Bantu Live streaming Kamu!

Game & Teknologi

Gak Perlu Ribet, Ini Aplikasi Pembuat Sticker WhatsApp