Seni Rupa & Desain

Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

mengenal-desain-memphis

Terdapat beragam gaya desain masa kini yang dapat kamu temukan baik secara langsung maupun melalui media sosial. Namun, apakah kamu pernah dengar soal desain Memphis? Gaya desain yang satu ini sudah mulai banyak diterapkan pada pernak-pernik kamu loh, GenK!

Sejarah Desain Memphis

Jadi, Memphis pertama muncul sekitar tahun 1980-an, diperkenalkan oleh Ettore Sottsass. Ettore Sottsass adalah seorang desainer yang lahir di Innsbruck, Austria, namun besar di Italia. Ia memiliki keunikan dalam setiap desainnya. Keunikan inilah yang menjadi inspirasi bagi banyak desainer muda yang mulai bermunculan setelahnya.

Ettore Sottsass

Ettore Sottsass (sumber: livemint.com)

Pada tahun 1981, Sottsass bersama dengan desainer dan arsiteknya mulai membuat grup Memphis. Awalnya, mereka merilis 40 buah koleksi yang berhubungan dengan desain interior, seperti mebel, keramik, dan lampu.

Meski Sottsass lebih banyak berkecimpung di bidang arsitektur, ia juga sukses dalam merancang toko, pameran interior, elektronik, dan berbagai furnitur. Setelah itu, Sottsass dan grupnya terus menjalankan usaha desainnya yang berbasis di London dan Milan.

Ciri Khas Desain Memphis

Hal yang menjadi ciri khas dalam desain Sottsass ialah nuansa yang fun dan eye catching. 🤩 Ini dapat dilihat dari segi pemilihan elemen warna dan pola yang digunakan. Elemen-elemen unik itu pula yang Sottsass gunakan untuk membuat aliran desain baru yang sekarang kita kenal dengan sebutan Memphis.

Bisa dibilang, Memphis merupakan gaya desain yang penuh dengan kebebasan. Bentuknya yang tidak beraturan, warna yang mencolok, dan pola yang unik membuat gaya desain Memphis tampak ramai dan ceria.

(sumber: redbubble.net)

Bila dilihat dari segi warna, warna yang diaplikasikan oleh Sottsass untuk Memphis lebih didominasi dengan warna-warna primer, yaitu merah, hijau, dan biru. Tetapi, Memphis juga sering menggunakan warna kuning dan hitam. Warna hitam pada Memphis biasanya digunakan untuk mempertegas gambar dan membuat gambar terlihat lebih tebal.

Walaupun warna primer tetap mendominasi, sekarang sudah terjadi banyak modifikasi dalam Memphis. Warna-warna pastel, misalnya, kerap ditemukan dalam desain Memphis masa kini.

Baca Juga :   6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Nah, menariknya, sekalipun pemilihan warna semakin berkembang karena modifikasi dari desainer, desain yang satu ini tetap memegang teguh ciri khasnya, yaitu warnanya yang ceria.

Selanjutnya, dari segi bentuk, Memphis didominasi oleh bentuk bulat, persegi, persegi panjang, segitiga, serta tambahan pola geometris yang disusun secara bebas dan tidak beraturan. Hasilnya? Karya seni yang sungguh unik dan menarik. Bahkan banyak orang yang menyebut bahwa Memphis merupakan representasi dari desain postmodern.

Apa itu desain postmodern? 

Kamu yang masih asing dengan istilah tersebut pasti ingin tahu. Intinya, desain postmodern merupakan pertentangan dari desain-desain modern. Konsep ini pernah diusung oleh Ludwig Mies Van der Rohe yang sempat populer pada tahun 1970-an dan 1980-an.

Prinsip utama dari desain postmodern adalah desain yang memiliki sifat kompleks, kontradiktif, dan lebih menampilkan sisi maksimal dari suatu ruangan. Ciri lain dari desain postmodern sendiri adalah minimalis dan simpel, GenK. Selain itu, suasana hati menjadi elemen penting yang mendominasi dalam desain jenis ini.

Kenapa demikian? 

Karena dengan menonjolkan suasana hati, karya dapat diterima dengan nyaman oleh tubuh dan pikiran kita. Desain postmodern sendiri memang dianggap mampu untuk memberi energi positif bagi penikmatnya.

Kembali lagi pada desain Memphis. Di zaman sekarang penggunaan desain ini semakin luas dan inovatif. Tentunya sudah banyak terjadi modifikasi dari tangan desainer-desainer berbakat.

Banyak desainer yang menggunakan desain Memphis untuk diaplikasikan pada desain interior rumah, desain grafis, dan fashion. Bahkan para desainer mampu memodifikasi Memphis menjadi sesuatu yang berbeda di setiap karyanya.

Baca Juga :   Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

Memphis dalam Desain Interior

desain interior memphis

Desain interior memphis (sumber: christianrocabado.com)

Dalam desain interior, Memphis biasanya digunakan untuk kertas dinding, lampu, bingkai foto, keramik, dan berbagai furnitur lainnya. Saat ini banyak juga kafe yang sengaja menggunakan desain yang satu ini sebagai hiasan. Tujuannya tak lain untuk menarik minat kawula muda. Penggunaan desain ini tentu membuat kafe tersebut lebih menarik dan Instagramable! 📸

Memphis dalam Desain Grafis

Selanjutnya, dalam dunia desain grafis, Memphis umumnya digunakan untuk desain halaman sampul buku, alat tulis, poster, situs web, dan lain-lain. Bahkan tak jarang seseorang sengaja memesan desain  yang satu ini untuk barang yang ia beli. Hal ini karena Memphis benar-benar sedang menjadi tren masa kini. Apakah kamu juga mengoleksi salah satunya, GenK? 

Baca Juga :   Ingin Jago Mendesain? Kenali Dulu Dasar Desain Grafis!

Memphis dalam Desain Fashion

Di dalam dunia fashion, sudah ada beberapa desainer yang menggunakan desain yang satu ini, contohnya, Min Kyung Kim. Ia pernah mengaplikasikan desain yang satu ini pada peragaan busananya.

Kim menggunakan desain bergaya ini pada acara “Parsons 2017 Graduate Fashion Show”.

Seperti dikutip di dalam artikel Dezeen, Six Standout Collections from Parsons 2017 Graduate Fashion Show (27/5/2017), Kim berujar, “Saya menciptakan desain  saya sendiri dengan pakaian dekonstruksi yang dipadukan dengan warna dan suasana untuk memvisualisasikan masa kecil saya, sehingga saya menemukan sebuah sistem baru dalam membuat desain.”


Siapa yang menyangka bahwa desain ini sudah ada sejak 1980-an, kembali digemari oleh masyarakat, terutama kita-kita yang muda? Gayanya yang ramai dan fleksibel memang bisa membuat semua karya yang menggunakan desain Memphis tak lekang dimakan zaman. Jadi siapapun yang menggunakannya akan tetap terlihat muda dan nyentrik. 

Nah, setelah membaca apa itu desain Memphis, apakah kamu tertarik untuk mengoleksi barang dengan Desain ini, GenK?

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

Leave a Reply

Your email address will not be published.