GenK LIFE

Mengenal Diet Pegan, Tren Unik yang Lagi Hits di Tahun 2021

Sudah pernah dengar yang namanya tren diet pegan, belum, GenKs? Ini dia, nih, tren kesehatan unik yang lagi hits di tahun 2021. Tapi apa, sih, yang dimaksud diet pegan? Yuk, lebih dalam mengenal program diet unik ciptaan Dokter Mark Hyman, MD, yang bisa mengurangi risiko penyakit kronis, peradangan dan juga meningkatkan kesehatan secara umum.

Diet Pegan, Apa Itu?

diet pagan

Sumber Gambar : foodtank.com

Well, diet pegan sebenarnya merupakan perkawinan dari dua gaya diet populer, yakni paleo dan vegan, guys. Nah, jenis diet ini mennggunakan dua kunci prinsip dari dua diet itu, yaitu makanan yang kaya akan nutrisi dan makanan plant-based. Dari kombinasi tersebut diharapkan bisa tercapai keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga risiko peradangan pun bisa dikurangi.

Secara umum, tren diet terbaru 2021 ini terdiri dari 75% porsi makanan nabati dan 25% lainnya adalah daging tanpa lemak yang dikembangkan secara berkelanjutan, GenKs.

Jenis Makanan yang Boleh Dikonsumsi dalam Diet Pegan

diet pagan

Sumber Gambar : mos.cms.net

Tertarik ingin mengikuti tren diet pegan? Itu artinya, kamu harus tahu apa aja makanan yang boleh dan nggak boleh dikonsumsi, guys.

Nah, untuk mengikuti gaya sehat satu ini ada salah satu prinsip utama yang wajib kamu ikuti, yakni memilih makanan yang punya beban glikemik rendah. Kamu disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian seenggaknya sebanyak ¾ dari asupan harian.

Kalau ingin makan daging, pastikan memilih daging yang benar-benar berkualitas atau dari hewan yang dibesarkan secara berkelanjutan, guys. Pelaku diet pegan hanya diperbolehkan mengonsumsi daging dari hewan yang dikembangkan secara lokal dan diberi makanan alami. Selain daging, dalam diet pegan kamu juga boleh makan ikan dan telur dalam jumlah sedang.

Beda banget dengan yang namanya diet paleo, di mana pelakunya terikat peraturan super ketat soal jenis makanan. Aturan dalam tren diet ini lebih fleksibel. Kamu boleh makan semua jenis buah dan sayuran selama kadar indeks glikemiknya rendah, seperti pada buah beri atau semangka, GenKs.

Baca Juga :   Latihan Pernapasan Mengatasi Kecemasan, Bisa Dicoba di Rumah

Jenis Makanan yang Harus Dihindari dalam Diet Pegan

diet pagan

Sumber Gambar : Reddit

Produk susu, produk hewani konvensiona, produk aditif atau produk dengan bahan-bahan penambah rasa dan gluten haram hukumnya dalam diet pegan.

Beberapa jenis makanan lain yang harus kamu hindari saat menjalani tren kesehatan satu ini, yaitu makanan yang mengandung minyak olahan dan juga sayuran yang mengandung tepung, seperti kentang, jagung, buncis, lobak, labu dan sayuran lainnya, guys.

Makanan fermentasi seperti kimchi bisa kamu konsumsi untuk menggantikan produk susu seperti yogurt. Selain itu, untuk melengkapi asupan kalsium dan Vitamin D kamu bisa mengonsumsi ikan, telur dan sayuran hijau.

Yuk, Masukkan Bahan Makanan Ini dalam Daftar Belanjaan Diet Pegan

Sumber Gambar : achievalife.com

Dalam diet ini, mayoritas kalorinya berasal dari sayuran dan buah. Hindari makanan olahan yang mengandung gula tambahan. Supaya nggak bingung, kamu bisa mengikuti daftar belanjaan diet berikut ini:

  • Sayuran berdaun gelap, seperti kale, bayam, sawi hijau
  • Beberapa Sayuran, seperti kembang kol, brokoli, jamur, wortel, paprika
  • Buah berkadar glikemik rendah, seperti semangka, jeruk, apel, buah beri
  • Daging yang diberi makanan alami, seperti daging sapi tanpa lemak, daging rusa, daging burung unta
  • Daging unggas organik, seperti daging ayam, daging kalkun
  • Ikan rendah merkuri, seperti ikan teri, sarden, salmon
  • Lemak sehat, seperti buah alpukat, kacang kenari, kacang almond, minyak zaitun, biji chia
  • Produk kedelai, seperti susu kedelai, yogurt kedelai
  • Biji-bijian berkedar glikemik rendah, seperti quinoa, beras hitam
  • Telur

Itulah sekilas tentang diet pegan, tren diet terbaru 2021 yang lagi hits. Yuk, mulai gaya hidup sehat lewat tren diet unik satu ini, GenKs!

About author

Related posts
GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

GenK LIFE

Generasi Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Belia

GenK LIFE

Apa Benar Hujan-Hujanan Bisa Bikin Sakit? Simak Disini!

GenK LIFE

Kenali Anticipatory Anxiety, Kelainan Yang Membuatmu Overthinking