Arsitektur & Interior

Mengenal Finishing Dinding Kamprot untuk Eksterior Rumah Unik dan Estetik

Dinding kamprot atau dinding bertekstur menjadi salah satu teknik finishing yang tren belakangan ini, terutama untuk eksterior rumah. Metode ini emang bisa menciptakan tampilan rumah yang cantik dan penuh estetik. Berbeda dengan teknik finishing biasa yang terkesan polos. Tapi, kamu udah tahu belum, nih, GenKs, seperti apa, sih, penampakan dari dinding kamprot itu? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Yuk, Mengenal Apa Itu Dinding Kamprot!

Sumber Gambar : styx.imgix.net

Udah pernah dengar istilah dinding kamprot belum, sih, GenKs? Well, bagi sebagian orang istilah ini mungkin jarang didengar, sehingga asing di telinga. Padahal sejatinya pengaplikasian finishing untuk eksterior rumah ini cukup sering dilakukan, lho.

Kamprot, pada dasarnya merupakan teknik pengaplikasian adukan beton untuk menciptakan motif bertekstur di dinding, sehingga terlihat kasar. Nah, karena teknik tersebut, tampilan dinding kamprot sangat bertolak belakang dengan definisi dinding pada umumnya, deh, guys.

Nggak cuma terlihat seperti belum rampung, dinding kamprot juga mengesankan tampilan yang acak-acakan. Tapi justru kesan alaminya inilah yang bikin dinding kamprot tampak unik sehingga sering dipilih sebagai teknik memoles dinding eksterior agar terlihat anti mainstream.

Selain meningkatkan kesan alaminya, finishing dinding eksterior rumah unik pakai teknik kamprot juga menawarkan daya tarik tersendiri berkat efek shadow alias bayangan yang akan muncul di permukaan ketika terkena cahaya.

Hunian pun makin estetik, deh!

Poin Penting Sebelum Mengaplikasikan Teknik Dinding Kamprot

Dinding Kamprot

Sumber Gambar : rajainterior.id

Tertarik ingin bikin dinding kamprot untuk tampilan eksterior rumah unik? Eits,simak dulu beberapa hal berikut ini, GenKs:

  1. Pastikan kamu memilih semen yang bagus dan teruji memiliki daya rekat tinggi, karena dinding kamprot rentan banget mengalami kerontokan.
  2. Sesuaikan ukuran pasir dengan tekstur dinding kamprot yang kamu inginkan. Pasir halus untuk dinding dengan tekstur halus. Sebaliknya, jika ingin tekstur dinding terlihat lebih kasar, pilih pasir yang kasar.
  3. Aplikasikan dinding kamprot di area luar, seperti teras, halaman rumah atau tembok pagar. Kamu cukup menghadirkan finishing ini di salah satu bagian dinding yang emang ingin ditonjolkan. Mengaplikasikannya di semua tembok rumah justru akan memberikan kesan monoton dan gelap.
  4. Supaya tampilan dinding kamprot terlihat semakin sempurna, kamu bisa banget memadukannya dengan furnitur yang terbuat dari kayu. Sinar matahari yang menghujani area eksterior rumah akan semakin mempercantik dinding, lho.

Gimana Cara Membuat Dinding Kamprot?

Sumber Gambar : styx.imgix.net

Pertama-tama, siapkan dulu semua alat serta bahan untuk membuat dinding kamprot, GenKs. Dan yang nggak kalah penting, pakai sarung tangan juga masker agar kesehatanmu terlindungi selama proses.

Nah, di bawah ini adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat dinding kamprot di eksterior rumah:

  • Saringan kawat yang berbingkai kayu atau kain
  • Sarung tangan, sendok atau cetok semen
  • Roskam
  • Cat emulsi
  • Pasir bertekstur
  • Semen putih
  • Air
  • Ember

Agar hasil dinding kamprot terlihat lebih rapi, sebaiknya beri lapisan plester pada dinding yang baru dipasang. Trik ini akan memudahkanmu menjaga kontur tekstur supaya rata dan seragam, tanpa bagian yang terlalu dalam atau terlalu menonjol. Ingat, meski teknik finishing dinding eksterior rumah unik ini memberikan tekstur kasar, tapi bukan berarti dinding kamprot dibuat asal-asalan.

Gimana, tertarik membuat dinding kamprot untuk mempercantik eksterior rumah unik, GenKs?

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!