Creativepreneur and Career

Mengenal Hak Merek dan Efek Pentingnya untuk Bisnis

hak-merek

Merek adalah suatu hal yang penting banget dalam dunia bisnis. Soalnya, merek menjadi identitas suatu produk. Nah, kalau kamu seorang entrepreneur, menentukan nama merek memang nggak gampang. Makanya, untuk melindungi identitas bisnismu, dibuatlah hak merek. Yuk, kita pahami lebih banyak dalam ulasan selengkapnya.

Hak Merek

Sumber : unsplash.com

Pengertian

Hak merek adalah hak eksklusif untuk pemilik merek yang telah terdaftar, agar dapat memakai merek tersebut untuk aktivitas jual beli barang maupun jasa. Penggunaannya berdasarkan kelas beserta jenis barang atau jasa, tempat merek tersebut didaftarkan.
Jika melihat peraturan resminya secara hukum, hal ini disebutkan di dalam pasal 3 ayat (3) UndangUndang Nomor 20 Tahun 2016, yaitu tentang merek dan Indikasi Geografis. Dalam pasalnya, dijelaskan bahwa “merek yang dilindungi terdiri atas tanda berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari dua atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.”

Hak Merk

Sumber : unsplash.com

Kegunaan dan Manfaat

Hak merek dagang pada dasarnya bebas digunakan siapa saja. Yaitu saat merek tersebut belum didaftarkan di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Jadi, kalau misalnya kamu punya sebuah merek dagang, segeralah mendaftarkannya ke DirJen Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Jadi, kamu bisa punya hak resmi atas merek yang didaftarkan tersebut.
Kalau di kemudian hari, merek bisnismu digunakan oleh pihak-pihak tertentu, Kamu bisa secara resmi menuntut mereka di mata hukum. Sementara, kalau mau mendaftar, prosesnya memang cukup panjang. Sebaiknya, kamu daftarkan merek kamu jauh-jauh hari. Sebelum bisnismu dimulai.

Hak Merk

Sumber : Unsplash.com

Masa Berlakunya

Kamu perlu tahu bahwa hak merek juga punya batas waktu. Jadi, saat masa berlakunya sudah habis, kamu perlu memperpanjang izin kepemilikannya. Nah, masa berlaku hak merek yang ditetapkan yaitu 10 tahun. Masa berlaku ini ditetapkan dengan tujuan tersendiri. Yaitu memastikan semua merek yang mendapatkan izin, itu masih aktif beroperasi selama 10 tahun ke depan.

Baca Juga :   Tips dan Trik Digital Storytelling yang Efektif untuk Bisnismu

Kemudian, agar bisa memperpanjang masa berlaku merek, berlaku sejumlah persyaratan. Salah satunya yakni merek tersebut masih digunakan secara aktif, untuk aktivitas perdagangan.

Sumber : Unsplash.com

Cara Pendaftaran

Nah, sekarang, kita sampai di cara mendaftarkan perlindungan hak merek. Untuk langkah pertama adalah pengajuan permohonan pendaftaran ke Dirjen HKI. Lalu, kamu akan diminta melengkapi formulir yang berisi informasi tentang:

  • Nama lengkap, alamat dan kewarganegaraan pemohon
  • Tanggal, bulan serta tahun diajukannya permohonan
  • Warna yang dipakai dalam merek (jika merek memiliki unsur warna)
  • Nama negara dan tanggal untuk permintaan merek
  • Kelas barang atau jasa, lalu uraian tentang jenis barang atau jenis kuasanya

Kemudian, ada juga dokumen pendukung yang diperlukan, seperti:

  • Fotokopi KTP
  • Berkas Fotokopi Akta Pendirian Badan Hukum yang sudah disahkan notaris (untuk permohonan atas nama Badan Hukum)
  • Fotokopi peraturan pemilikan bersama (jika permohonan diajukan atas nama pribadi)
  • Surat Kuasa Khusus, untuk memberikan atau diberikan kuasa saat merek didaftarkan.
  • 10 helai label merek berukuran minimal 2×2 cm dan maksimal 9×9 cm.
  • Surat Pernyataan yang menjelaskan bahwa merek yang didaftarkan adalah benar milik kamu.

 

Sumber : Unsplash.com

Itu tadi hal-hal penting yang perlu kamu tahu tentang hak merek. Mulai dari pengertian hingga cara untuk mendaftarkannya. Dengan begini, kamu bisa mendaftarkan hak merk kamu. Untuk jaminan keamanan dan perlindungan bisnismu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?

Creativepreneur and Career

Ini Dia Ide Bisnis untuk Anak Muda di Bidang Jasa Paling Recommended Tahun 2021!