Creativepreneur and Career

Mengenal Hyperlocal Influencer Marketing untuk Bisnis Kamu

Kalau di Indonesia, media sosial yang paling banyak diminati jelas Instagram, orang-orang selalu mengakses sosmed ini kapan aja dan di mana aja. Makanya, platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter juga menjadi platform untuk bisnis, buat pemasaran barang dan jasa melalui influencer. Nah, hingga muncul influencer marketing seiring berjalannya waktu. Tapi ada lagi istilah terkini yaitu hyperlocal influencer marketing. Apakah itu?

Sekilas Tentang Influencer Marketing

Sumber Gambar : sosiakita.com

Tentunya kamu udah nggak asing sama yang namanya influencer. Tapi, nyatanya, nggak semua influencer yang punya banyak follower itu bisa memberi pengaruh signifikan terhadap promosi suatu produk. Malah, influencer mikro yang punya follower di angka 10.000 sampai 100.000, itu lebih efektif. Artinya mereka punya engagement lebih tinggi. Pengaruhnya ke follower lebih besar.

Mereka lebih berpengaruh sampai 60% lebih besar dari influencer yang punya banyak follower. Kok bisa? Karena mereka dianggap lebih paham sama follower mereka, dan lebih dipercaya oleh para follower tersebut. Ditambah lagi, kalau mereka menjadi hyperlocal influencer.

Pengertian Hyperlocal Influencer

hyperlocal influencer marketing

Sumber Gambar : idseducation.com

Hyperlocal influencer adalah influencer mikro yang nggak hanya memiliki minat sama dengan follower mereka, tapi daerah tempat tinggal mereka juga sama. Makanya, ada teknik marketing sendiri buat hyperlocal infuencer.

Apa yang bikin hyperlocal influencer beda?

Hyperlocal influencer biasanya adalah mereka yang juga punya pekerjaan lain sehari-harinya. Misalnya, seniman lokal, pelatih olahraga, dan sebagainya. Mereka berbeda karena mereka ini vokal. Jadi mereka punya kemampuan buat menyampaikan informasi tentang produk atau brand dengan cara yang lebih menyentuh orang-orang. 

Cocok untuk Promosi dengan Lingkup Kecil 

hyperlocal influencer marketing

Sumber Gambar : insense.pro

Hyperlocal influencer marketing menerapkan strategi yang sering terabaikan dalam promosi besar-besaran. Contohnya, kamu bikin usaha tempat fitness di kota kecil. Gimana caranya promosi? Kamu bisa pakai jasa pelatih fitness yang terkenal di kota ini. Nanti, mereka bisa mempromosikan ke target audiens yang tepat. Kemungkinan besar, para audiens bakal mencoba ke tempat fitness tersebut.

Sederhananya, influencer dengan banyak follower biasanya membagi informais ke follower yang terlalu besar jumlahnya. Sementara, hyperlocal influencer membagi informasi produk atau brand ke orang-orang yang udah pasti membutuhkannya.

Cara Menerapkan Hyperlocal Influencer Marketing

Ada cara-cara yang bisa kamu lakukan sebagai strategi marketing untuk hyperlocal influencer. Cara tersebut antara lain yaitu:

  • Optimasi dengan Google My Business
  • Menggunakan kata kunci berdasarkan lokasi
  • Menggunakan informasi kontak terkini
  • Membuat konten seputar isu-isu lokal
  • Menerapkan SEO lokal dengan baik dan bikin landing page per wilayah secara spesifik

Nggak cuma itu aja. Pastikan juga kalau hyperlocal influencer memberikan respon yang baik ke komunitas. Jadi, kalau ada tanggapan di konten promosi produk kamu, seperti komentar dan pertanyaan, mintalah hyperlocal influencer buat memberikan respon, biar strategimu berjalan dengan efektif. Dengan begitu, semakin banyak orang yang merasa terinspirasi oleh para influencer tersebut.

Hyperlocal Influencer di Masa Depan Berbeda dari Sekarang

hyperlocal influencer marketing

Sumber Gambar : forbes.com

Pada dasarnya, hyperlocal influencer emang berdasarkan pada satu wilayah tertentu. Tapi, si masa depan nggak ada lagi batasan tersebut. Jadi, komunitas dari hyperlocal influencer adalah sekelompok orang dengan minat dan hobi sama, bukan cuma bertempat tinggal di wilayah yang sama. 

Hal tersebut juga berdasarkan hasil studi dari Mitchell, hasilnya yaitu 74% generasi milenial serta Gen Z nggak mengartikan komunitas cuma berdasarkan wilayah geografis. Menurut orang-orang yang punya daya beli tinggi di masa modern ini, “lokal” merupakan tempat lahirnya suatu relasi atau hubungan. 

Nah jadi intinya, hyperlocal influencer marketing bukan cuma sekadar tren yang numpang lewat. Sebaliknya, strategi ini bakal efektif diterapkan buat jangka panjang ke depan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!