Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Kunci kesuksesan dalam bisnis online adalah strategi marketing yang tepat. Karena seperti yang kamu tahu, ada banyak banget strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan dalam dunia bisnis. Dan marketing mix adalah salah satunya, GenKs. Tapi apa, sih, yang dimaksud dengan marketing mix? Yuk, simak pengertian marketing mix dan cara penerapannya berikut agar bisnis online-mu makin untung:

Marketing Mix, Apa Itu?

marketing mix

Sumber Gambar : promotionaldrives.com

Well, singkat kata, yang dimaksud dengan marketing mix adalah sebuah metode atau strategi marketing yang di dalamnya terdiri dari beberapa variabel berbeda demi tercapainya suatu tujuan marketing, guys. Istilah lain yang dipopulerkan pada tahun 1948 oleh Neil Borden, seorang profesor marketing Harvard, adalah strategi pemasaran campur.

Meski begitu komponen dalam marketing mix baru dikenalkan oleh Jerome McCharty tahun 1960, GenKs. Jerome mengungkap ada empat variabel, yakni product, price, place dan promotion, yang kemudian dikenal dengan istilah strategi marketing 4p. Dan seiring dengan strategi marketing di dunia bisnis yang terus berkembang, kini kita mengenal konsep yang terdiri dari 7 variabel atau 7p.

Konsep Marketing Mix 7P dan Penerapannya

1. Produk Dalam Marketing Mix

marketing mix

Sumber Gambar : wearecsg.com

Entah itu berupa barang, jasa, layanan atau produk digital, pastikan kamu menawarkan produk yang diinginkan dan dibutuhkan pasar. Pahami permintaan dari target pasarmu agar kamu bisa menemukan solusi dan produk terbaik untuk para konsumen.

2. Price 

Marketing Mix

Sumber Gambar : corpcom.amnet.com

Nah, kalau price adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan konsumen agar bisa mendapatkan dan membeli produk kamu. Dalam menentukan harga ini tergantung dari nilai suatu produk di mata konsumen. Dan biasanya, harga produk harus lebih tinggi dari biaya produksi supaya cuan.

Baca Juga :   Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

3. Place 

Sumber Gambar : optimole.com

Teorinya, place adalah tempat atau lokasi, di mana amu melakukan proses produsi maupun jual menjual, guys. Bentuknya bisa fisik, seperti toko, kantor, pabrik, gudang, atau online, seperti e-commerce, marketplace atau social media.

4. Promotion

Sumber Gambar : businessknowhow.com

Bagian selanjutnya adalah promosi. Fokusnya tentu untuk mempromosikan produkmu lewat iklan, agar bisa menjangkau target pasar dan terjadilah penjualan. Di era serba canggih seperti sekarang ini kamu bisa memanfaatkan apa pun untuk promosi.

5. People 

Sumber Gambar : feelgoodanyway.com

Yang dimaksud people dalam tips ini adalah sumber daya manusia yang kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis. Misalnya staff customer service, staff creative, manager, staff marketing, staff pengiriman dan lain sebagainya. Semakin berkualitas SDM-nya, bisnismu akan semakin sukses.

6. Process 

Sumber Gambar : guidebook.com

Strategi yang keenam adalah process yang merupakan alur atau urutan bagaimana konsumen hingga bisa mendapatkan produkmu. Diawali dari mereka mengetahui produkmu, apa yang bikin mereka tertarik, sampai keputusan mereka untuk membeli dan menggunakan produk kamu, guys.

7. Physical Evidence 

Sumber Gambar : kolabtree.com

Untuk yang terakhir, ada konsep physical evidence atau bukti fisik yang nggak kalah penting di dalam Mix marketing ini. Sesuai dengan namanya, poin yang satu ini sangat penting untuk membantu bisnismu tampak lebih terpercaya di mata para pelanggan atau konsumen. Bukti fisik bisa berupa logo, souvenir, kemasan produk, tempat jualan, interior toko atau website.

Nah,Itulah penjelasan serba – serbi dan juga tips pemasaran di dalam marketing mix yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan angka penjualan dan tentunya membantu meningkatkan keuntungan dalam bisnismu. Karena itu, jangan takut mencoba, ya, GenKs!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

30+ Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis

Creativepreneur and Career

Yuk Kenalan Sama Agio Dalam Dunia Investasi!

Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Teknik Content Marketing Paling Populer Tahun 2021

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis Properti, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini!