GenK LIFE

Mengenal Sedentary Lifestyle, Gaya Hidup ‘Mager’ yang Berbahaya Bagi Tubuh

Kalian mungkin pernah bermalas-malasan menonton film atau hanya rebahan sambil main gadget seharian. Banyak orang menyebut kegiatan tersebut dengan istilah ‘mager’ alias ‘males gerak’. 

Kini, mager dianggap menjadi gaya hidup bagi masyarakat modern karena semakin banyak saja orang yang hanya berdiam diri dan tidak banyak melakukan aktivitas fisik.  

Nah, sebenarnya ada istilah yang bisa menggambarkan gaya hidup mager tersebut, yakni sedentary lifestyle. Sedentary lifestyle memang kurang familiar dibandingkan dengan istilah mager.

Untuk itu, yuk simak pembahasan berikut ini tentang sedentary lifestyle dan apa saja sih dampaknya bagi kesehatan.

Apa Itu Sedentary Lifestyle?

Sumber Gambar : Freepik.com

Seperti yang telah disinggung di awal, sedentary lifestyle adalah gaya hidup kurang gerak dimana seseorang tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Sedentary Behavior Research Network (SBRN) pada tahun 2017 mendefinisikan sedentary lifestyle sebagai aktivitas apa pun yang melibatkan duduk, berbaring, atau aktivitas yang tidak banyak mengeluarkan energi.

Dampak Buruk Sedentary Lifestyle

Sumber Gambar : ilovelife.co.id

Ketidakaktifan fisik akan meningkatkan risiko kalian terhadap berbagai masalah kesehatan dan bisa menyebabkan turunnya menurunkan kualitas hidup kalian. Berikut ini ada beberapa dampak buruk dari gaya hidup mager atau sedentary.

  • Melemahnya Otot-Otot

Sumber Gambar : alodokter.com

Otot kalian akan semakin lemah jika tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Hal ini akan membuat kalian kesulitan dan bahkan mudah lelah jika sedang beraktivitas. Selain itu, melemahnya otot-otot juga semakin membuat kalian mager dan semakin mendorong gaya hidup yang kurang gerak.

  • Penyakit Jantung

Sumber Gambar : Republika.com

Gaya hidup yang kurang gerak akan meningkatkan resiko kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung. Jika kalian mager dan tidak berolahraga, maka itu akan mempengaruhi kesehatan jantung.

  • Kegemukan atau Obesitas

Jika kalian hanya duduk dan rebahan, maka kegiatan tersebut tidak akan membakar kalori kalian. Hal itu akan mempengaruhi metabolisme dan kemampuan tubuh untuk memecah lemak dan gula. Tak heran jika seseorang yang memiliki gaya hidup mager, maka ia akan mengalami kenaikan berat badan.

  • Osteoporosis

Sumber Gambar : Geriatri.id

Gaya hidup sedentary juga akan meningkatkan risiko osteoporosis, suatu kondisi di mana tulang kalian menjadi lemah dan rapuh. Semakin bertambah usia kalian, semakin sulit untuk menjaga kepadatan tulang.

  • Diabetes

sedentary lifestyle

Sumber Gambar : cnnindonesia.com

Dampak gaya hidup mager selanjutnya adalah diabetes. Orang yang tidak aktif secara fisik memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang berolahraga dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

  • Masalah kesehatan mental

sedentary lifestyle

Sumber Gambar : Pinterest.com

Pada awalnya kalian mungkin menikmati saat-saat mager atau rebahan sambil menonton film seharian. Namun, jika kalian mager dalam waktu yang cukup lama, hal ini akan meningkatkan risiko masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

  • Masalah Tidur

sedentary lifestyle

Sumber Gambar : Alodokter.com

Salah satu dari banyak manfaat kesehatan dari aktivitas fisik adalah membantu kalian mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap malam. Aktivitas fisik secara teratur membantu kalian tertidur dan tetap tertidur sepanjang malam. Nah, itu dia pembahasan tentang sedentary lifestyle dan dampaknya bagi kesehatan tubuh. Ada banyak masalah kesehatan yang mengintai dibalik gaya hidup mager tersebut. Oleh karena itu, lakukan aktivitas fisik dan berolahraga secara teratur untuk selalu menjaga kesehatan.

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan