Musik

Mengenal Sejarah Hari Musik Nasional, Tonggak Penting Dunia Hiburan Indonesia

Kamu suka mendengarkan musik? Nah, ternyata musik nggak cuma menjadi hiburan aja. Akan tetapi, ada apresiasi tersendiri terutama untuk musisi di tanah air. Inilah yang menjadi ide untuk diperingatinya Hari Musik Nasional. Tepatnya, hari peringatan ini jatuh pada tanggal 9 Maret. Biar lebih mengenal hari penting ini, simak ulasan selengkapnya!

Awal Mula Peringatan Hari Musik

Hari Musik Nasional

Sejarah Hari Musik (Sumber : kumparan.com)

Peringatan ini bisa dibilang masih cukup baru. Dimulainya sejak 7 tahun silam. Tepatnya, pada tanggal 9 Maret 2013. Adapun yang mengesahkan hari penting ini adalah Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013, dan disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebenernya, sejak kepemimpinan Presiden Megawati Soekarno Putri di tahun 2003, sudah ada wacana untuk penetapan Hari Musik Nasional. Pihak yang membuat inisiasi ide tersebut adalah Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).

Akan tetapi, rancangan penetapan untuk hari peringatan tersebut, baru terlaksana hampir 10 tahun kemudian. Namun, walaupun baru disahkan setelah 10 tahun berlalu, hari ini tetap diperingati masyarakat Indonesia. Tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada insan musik Indonesia. Keren, ya.

Sejarah Pemilihan Tanggal 9 Maret

Hari Musik Nasional

Sejarah Tanggal Hari Musik Nasional (Sumber : Tribunmakasar.com)

Bukan tanpa sebab, pemilihan tanggalnya jatuh pada 9 Maret. Tanggal ini dipilih karena 9 Maret merupakan hari lahir WR. Supratman. Beliau adalah sang pencipta lagu Indonesia Raya. Lagu kebangsaan kita, guys. Ini menjadi bagian penting dalam sejarah Hari Musik Nasional.

Jadi, seperti halnya gelar Pahlawan Nasional yang dipersembahkan untuk WR. Supratman. Sebab, beliau telah berjasa menciptakan lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya. Nah, peringatan Hari Musik ini juga merupakan wujud dedikasi, untuk musisi tanah air. Di mana, para musisi ini selalu menciptakan karya-karya gemilang, untuk menghiasi dunia musik tanah air.

Sumber : Kumparan.com

Penghargaan untuk Musisi Indonesia

Pada hari peringatan ini, biasanya juga ada penghargaan yang diberikan kepada musisi Indonesia. Baik untuk yang masih hidup ataupun telah wafat. Adapun yang memberikan penghargaan ini adalah PPPRI. Pemberiannya melalui penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia.

Baca Juga :   5 Konser Musik Artis Alami Penundaan di Indonesia Akibat COVID-19

Harapannya, penghargaan tersebut dapat menambah apresiasi masyarakat terhadap musik tanah air. Juga bisa memberi motivasi kepada pegiat musik Indonesia. Selain itu, diharapkan musisi Indonesia dapat terus meningkatkan prestasi, baik di kancah regional, nasional, maupun internasional. Siapa tahu, nama musisi Indonesia tercatat dalam penghargaan Hari Musik Internasional.

Perdebatan Tentang Hari Musik Nasional

Perdebatan Tentang Hari Musik Nasional (Sumber : Detik.com)

Hari peringatan ini memang sudah ditetapkan pada tanggal 9 Maret. Namun, sebenernya masih ada aja perdebatan yang kerap kali terjadi. Perdebatan tersebut membahas tentang benar atau nggaknya tanggal lahir WR. Supratman, yang dijadikan landasan buat pemilihan tanggal Hari Musik Nasional.

Kalau berdasarkan buku-buku sejarah, tercatat WR. Supratman lahir di Meester Cornelis (Jatinegara) Jakarta, pada 9 Maret 1903. Ini menurut pengakuan kakaknya, Roekijem. Akan tetapi, nampaknya ada koreksi tentang keterangan tersebut oleh Pengadilan Negeri Purworejo pada 29 Maret 2007. Menurut koreksi, WR. Supratman tercatat lahir pada 19 Maret 1903.

Perdebatan mungkin masih tetap ada. Tapi, melalui peringatan Hari Musik Nasional, diharapkan masyarakat terus mencintai musik Indonesia. Selalu hargai karya anak bangsa yang nggak kalah hebat dari musisi luar. Kalau kamu dengar-dengar lagi, betapa banyak lagu dan musik dalam negeri yang berkualitas bagus. Bahkan, musisi Indonesia juga nggak sedikit yang sudah masuk ke kancah internasional. Buat kamu yang bermimpi jadi musisi, semangat!

About author

Related posts
Musik

8 Rekomendasi Lagu Paling Ikonik Sedunia yang Cocok Kamu Dengerin di Hari Musik Sedunia

Musik

Tips Cover Lagu di YouTube Biar Dapat Banyak Subscriber!

Musik

Hobi Cover Lagu? Pahami Dulu Pelanggaran Hak Cipta Biar Tak Terseret Masalah!

Musik

5 Cara Mudah Mendapatkan Musik Tanpa Copyright