Arsitektur & Interior

Mengenal Uniknya Ragam Hias dalam Arsitektur China

afeeq-nadzrin-RodLTYcIa3k-unsplash-07a5cd86

China, sebagai kota yang memiliki sejarah panjang budaya Oriental yang berada di Timur, merupakan salah satu negara besar di dunia yang memiliki ciri khas kebudayaan dan estetika tersendiri yang unik. Keragaman mulai dari seni, pendidikan, hingga arsitektur dan interior bangunan semuanya memiliki pertimbangan filosofis tersendiri yang mengikuti kebudayaan China.  Tentunya, penggunaan simbol sebagai Ragam Hias pada Budaya China memiliki banyak makna mendalam pada aspek kehidupan kebudayaan China. Yuk kita belajar apa saja ragam hias yang digunakan dalam arsitektur China!

1. Ragam Hias Flora (Tumbuhan)

Sumber Gambar : unsplash.com

Ragam hias flora atau tumbuhan dalam bentuk motif atau simbol yang seringkali digunakan adalah Bunga Peoni, Bunga Teratai, Bunga Plum / Sakura (Mui), Cemara (Song), Bambu (Tik & Zhu), dan Beringin.
Bunga Peoni sebagai lambang keteguhan hati dan Bunga Teratai sebagai lambang kesucian. Sakura, Cemara, Bambu dan Beringin merupakan lambang ‘empat sifat kebajikan’, sebagai tanaman yang dapat tahan cuaca pada segala musim, tanaman ini melambangkan panjang umur, kebijakan dan kesabaran.

2. Ragam Hias Fauna (Hewan)

Sumber Gambar : unsplash.com

Elemen arsitektur dengan pola atau simbol figur makhluk hidup dan hewan (fauna) memiliki suatu lambang pembawa keselamatan dan pembawa nasib baik. Motif Hewan (Fauna) yang seringkali digunakan sebagai simbol motif atau ragam hias adalah Naga, Singa, Burung Hong, Kura-kura, Gajah, Kelelawar, Qilin (Hewan mistik China), Menjangan (Rusa), dan Burung Bangau.

Naga merupakan salah satu ragam hias hewan (fauna) yang paling populer dan paling sering digunakan dalam seluruh acara. Naga memiliki arti sebagai makhluk yang menjaga harta karun, simbol kekuatan, keadilan, dan kekuasaan. Terdapat 3 jenis naga, yaitu Long, Li dan Jiau.

Sumber Gambar : Unsplash

Qilin, merupakan hewan mistik masyarakat China, memiliki lambang nasib baik, kebesaran hati, panjang umur, dan juga kebijaksanaan. Qilin merupakan campuran dengan kepala naga, badan rusa, surai dan ekor harimau, serta memiliki 5 warna.

3. Ragam Geometri

Arsitektur Negeri China

Sumber Gambar : unsplash.com

Penggunaan ragam hias geometri pada arsitektur China seringkali tidak menggunakan satu bentuk saja, tetapi merupakan permainan pola tertentu yang menjadi suatu bentuk geometri.

Penggunaan patra kotak (square) yang memiliki garis dan sudut tajam mewakili hukum dan peraturan, sehingga meningkatkan penghargaan dan respect pada pemilik atau penggunanya. Bentuk Persegi juga merepresentasikan solidity, dependable, dan material. dan juga sebagai simbol Chinese yang merepresentasikan the earth (tanah).

Patra lingkaran (circle) memiliki garis lurus dan bentukan yang sempurna, memiliki arti fulfilled, oneness, perfection, unity. Selain itu, proses untuk menjadi sesuatu yang bulat penuh (full circle) memiliki arti yang sangat penting dalam hidup budaya Chinese dan juga sebagai simbol Matahari dan Emas.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai ragam hias dalam arsitektur China. Semoga Bermanfaat!

Penulis: Grace Margaretha
Mahasiswi Desain Interior, Universitas Kristen Petra Surabaya
Sumber:

Moedjiono. “Ragam Hias dan Warna sebagai Simbol dalam Arsitektur Cina.” MODUL, vol. 11, no. 1, 2012, pp. 17-22,

https://doi.org/10.14710/mdl.11.1.2011.%p. Accessed 28 March 2022.

Gao, Kane. “More than just a Circle and Square: Shapes in Chinese Culture.” allegravita, 2012,

https://allegravita.com/2012/04/23/more-than-just-a-circle-and-squareshapes-chinese-culture/. Accessed 10 March 2022

Beyer, Catherine. “Geometric Shapes and Their Symbolic Meanings.” Learn Religions, 2019

https://www.learnreligions.com/geometric-shapes-4086370. Accessed 15 March 2022.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!

Arsitektur & Interior

Tips Desain Rumah Ala Korea yang Minimalis nan Cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *