GenK LIFE

Mengenali Energi Vampire dan Cara Tepat Buat Meresponnya

Mungkin kamu udah pernah dengar yang namanya energi vampire. Kalau belum, nah, sebenarnya ini bukan sesuatu yang asing. Malah kamu udah pernah menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Biar semakin paham, kita simak aja dalam ulasan selengkapnya. Yuk, baca terus!

Apa Itu Energi Vampire

Sumber Gambar : journal.sociolla.com

Energi vampire adalah orang-orang yang membuat emosi kamu terkuras habis, kadang mereka sengaja melakukannya. Mereka menghabiskan keinginan kamu untuk mendengarkan dan memperdulikan mereka, sehingga membuatmu capek dan kelelahan sendiri.

Energi vampire ini bisa ada di mana aja dan bisa jadi siapa aja. Mungkin mereka adalah pasangan kamu atau sahabat kamu. Mereka bisa jadi teman kantor atau tetangga kamu.

Belajar mengenali dan merespon perilaku toxic ini bisa membantu kamu untuk menyimpan energi kamu, dan melindungi diri sendiri dari stres, baik secara emosional dan juga fisik.

Pengaruh Energi Vampire

Sumber Gambar : joyandthecoconut.com

Begini cara energi vampire mempengaruhimu:

Nggak bertanggung jawab. Biasanya mereka emang berkharisma. Mereka mungkin bisa kabur saat ada masalah, berkat kharisma mereka. Mereka licik dan menghadapkan masalah mereka kepada orang lain. 

Selalu drama. Mereka selalu bikin kekacauan. Mereka terus mencari target buat sasaran perilaku emosional dan dramatis mereka. Saat kamu jadi target, kamu ikut terseret ke dalam drama mereka.

Selalu merendahkanmu. Mereka suka jadi yang lebih unggul, dan nggak suka kalau ada yang mencuri spotlight itu. Ini karena mereka emang cenderung narsis, dan nggak suka ikut bahagia untuk orang lain.

Mengabaikan masalahmu dan cuma memperhatikan dirinya sendiri. Mereka menghabiskan energi emosional kamu. Jadi mereka selalu mengalihkan topik pembicaraan ke diri mereka sendiri, mengabaikan permasalahan kamu.

Energi Vampire

Sumber Gambar : inspirationfeed.com

Suka menyiksa. Mereka senang membebankan masalah mereka di pundak orang lain. Lalu, Mereka nggak mau bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah. Mereka mencari support emosional untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Memanfaatkan kebaikanmu. Orang yang sensitif dan peduli biasa menjadi target utama mereka. Kamu biasanya mau mendengarkan, bersikap baik, dan selalu peduli. Ini dimanfaatkan oleh energi vampire buat keuntungan mereka.

Selain itu, ciri-ciri lainnya adalah mereka suka mengancam, sangat bergantung kepadamu, mengkritik atau membully, mengintimidasi. Jadi, mereka adalah orang-orang yang sangat demanding dan seakan nggak bisa kamu tolak. Tapi, sebenarnya bisa kok, ada caranya.

Cara Tepat Merespon Energi Vampire

Energi Vampire

Sumber Gambar : happierhuman.com

Jangan biarkan para vampire ini menyedot energi kamu, berikut cara merespon mereka:

Buat batasan. Begitu kamu bisa bikin batasan sendiri, interaksimu dengan mereka akan berkurang. Mereka nggak akan sering mengganggumu lagi. 

Sesuaikan ekspektasi. Kamu nggak bisa memperbaiki sikap energi vampire, tapi kamu dapat mengubah ekspektasi kamu tentang mereka. Kamu juga bisa berhenti memberikan saran saat mereka bercerita masalah mereka ke kamu.

Jangan pedulikan mereka. Kalau mereka menelepon, mau mampir, atau ngechat kamu, jangan dipedulikan. Bilang aja “aku lagi capek” atau “aku sibuk”, nggak apa-apa. Jadi mereka bakal pergi.

Energi Vampire

Sumber Gambar : subconsciousservant.com

Pahami kondisi emosionalmu. Mereka paham apa yang kamu pikirkan saat melihat ekspresi kamu, bahasa tubuhmu. Jadi, pasang muka datar aja, dan nggak usah melakukan gerakan apapun saat bersama mereka.

Jauhi mereka sepenuhnya. Kalau emang udah nggak bisa ditoleransi, kamu bebas kok buat menjauhkan orang tersebut dari kehidupanmu sepenuhnya. Benar, ini dramatis, tapi ingat kalau pada akhirnya, kamu melakukannya buat melindungi diri sendiri.

Jadi, kesimpulannya, dengan memahami perilaku energi vampire dan mengakhirinya, kamu bisa melindungi diri kamu, kesehatanmu, dan kehidupanmu seutuhnya. Ada orang yang nggak mau bertanggung jawab atas kondisi emosional mereka sendiri, dan ini bukanlah bebanmu sama sekali.

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan