Creativepreneur and Career

Ditolak Pembeli Tak Masalah, Tips Tetap Positif Hadapi Sales Rejection

sales rejection

Penolakan merupakan hal sebisa mungkin tidak ingin kita terima tetapi hal seperti akan tetap berpeluang terjadi. Salah satu kasus penolakan yang bisa terjadi yaitu sales rejection. Ketika kamu menawarkan suatu barang kepada pembeli dan terlihat seperti ada ketertarikan tapi ternyata di akhir terjadi penolakan, berusahalah menjaga emosi tetap stabil. Pahami bahwa tidak semua orang membutuhkan barang tersebut dalam waktu bersamaan. Saat mengalami penolakan, kamu mungkin akan sedih tapi tidak perlu berlebihan. Berikut ini adalah lima hal yang bisa kamu lakukan agar tidak down saat barang jualanmu ditolak oleh calon pembeli.

1. Ingat Penolakan Akan Terjadi

penolakan

sumber: unsplash.com

Keseimbangan sudah menjadi hukum alam di dunia ini. Kamu akan menemui sifat-sifat yang berlawanan seperti baik dan buruk serta penerimaan dan penolakan. Dalam setiap penawaran barang yang kamu miliki, ingatlah akan ada barang yang diterima atau dibeli dan ditolak atau belum terjual. Oleh karena itu, siapkan dua kemungkinan ini sebelum memprospek calon pembeli. Mulai ikhlaskan terjadinya penolakan sejak sebelum bertemu dengan pembeli agar pikiranmu tidak terlalu terbebani nantinya.

2. Jaga Emosi Tetap Stabil

mengelola emosi

sumber: unsplash.com

Sebagai seorang sales yang memberikan pelayanan penjualan kepada pembeli, kamu harus memiliki emosional yang baik. Sayangnya, tidak semua manusia pandai untuk menjaga emosi positif dan terlihat baik-baik saja. Meski demikian, kamu memiliki kontrol untuk tetap terlihat baik-baik saja dihadapan calon pembeli. Saat mengalami penolakan, tetap perlakukan calon pembeli dengan etika yang baik. Ketika calon pembeli membutuhkan barang tersebut maka mereka akan menghubungi kamu karena etikamu saat berhadapan dengan mereka cukup baik.

3. Minta Alasan Penolakan

menkonfirmasi alasan penolakan

sumber: unsplash.com

Agar kamu tidak memikirkan hal yang macam-macam padahal belum tentu itu yang sebenarnya terjadi maka lebih baik minta alasan penolakan dengan baik-baik. Catat alasan mereka dan jadikan hal tersebut sebagai bahan evaluasi kamu dan tim. Misalnya jika alasan penolakan adalah calon pembeli masih belum membutuhkan barang tersebut maka bisa kamu tawarkan di lain waktu atau cari kategori calon pembeli yang lebih sesuai.

4. Berikan Penawaran Terakhir

penawaran menarik

sumber: unsplash.com

Seringkali calon pembeli mengabaikan penawaran-penawaran yang kamu iming-imingkan di awal. Mereka masih cenderung untuk bertahan pada prioritasnya bahwa tidak membutuhkan barang tersebut. Namun sebagai sales kamu sebaiknya tidak boleh kehilangan akal. Berikan penawaran terakhir yang lebih gila untuk menarik perhatian dan menggoyahkan calon pembeli. Semakin menarik penawaran yang kamu berikan maka peluang pembeli untuk mempertimbangkannya akan semakin besar. Jika kamu sudah mendapat alasan penolakan dari pembeli maka kamu bisa mengulik strategi dari alasan tersebut.

5. Teruslah Berusaha

membangun citra baik sales

sumber: unsplash.com

Jika masih terus mendapat penolakan, segera bicarakanlah kepada timmu. Tanyakan kepada para sales lain atau para senior dan atasan cara untuk mendapatkan penjualan. Mereka pasti pernah mendapatkan hal yang sama dan sebagian sudah memiliki trik tersendiri. Kamu juga bisa belajar jurus sukses berbisnis dan memanfaatkan kesempatan sebagai langkah untuk bangkit. Pelajarilah trik tersebut beserta alasan-alasan penolakan dari calon pembeli untuk membangun strategi penjualan baru. Setelah itu, berusahalah lagi dan lagi untuk mendapatkan pembeli.

Saat mengalami penolakan, ingat lima hal terkait sales rejection ini agar kamu tidak down. Bersedih boleh saja tapi tidak perlu didramatisir berlebihan dan terlalu lama. Kamu pasti akan berhasil survive dalam posisi ini. Teruslah berusaha dan belajar dari para senior karena bukan hanya kamu yang mengalami hal ini.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil