Creativepreneur and Career

Cara Menghitung Modal Usaha Makanan untuk Pemula Agar Nggak Rugi

menghitung modal usaha makanan

Nentuin modal awal usaha adalah hal yang wajib dipahami oleh semua pengusaha. Termasuk kamu yang tertarik memulai bisnis makanan atau kuliner. Hal ini dilakukan untuk menekan segala risiko bisnis. Jadi, dalam merencanakannya nggak boleh asal-asalan. Mulai dari perolehan sumber, penggunaan hingga perputaran uang, semuanya harus kamu pikirkan dengan baik, GenKs. Nah, buat pemula, nggak usah bingung, yuk, intip bocoran cara menghitung modal usaha makanan dalam ulasan berikut ini, dijamin arus modal bakal lancar dan usaha makin berkembang, deh.

Tips Menentukan Modal Awal untuk Bisnis Kuliner

Ada berbagai hal yang harus kamu pertimbangkan jika ingin masuk ke dunia bisnis. Apalagi bisnis kuliner, karena semakin ke sini makin banyak yang membuka usaha makanan, sehingga persaingan semakin ketat.

Meski begitu, bukan berarti kamu harus berhenti mencoba sebelum memulai. Yuk, perhatikan 5 poin di bawah untuk merencanakan modal awal dalam bisnis makanan supaya cuan:

#1 Susun Daftar Pengadaan

Sumber Gambar : onecms.io

Peralatan seperti, perlengkapan memasak, kompor, oven, kulkas, alat-alat makan, meja dan kursi, menjadi investasi penting yang bakalan kamu butuhkan dalam menjalankan bisnis kuliner. Buatlah daftar berisi barang-barang apa aja yang diperlukan dan harus dibeli. Jika di rumah udah ada beberapa, kamu bisa menggunakannya terlebih dulu, kecuali kalau bisnismu rencananya berskala besar sehingga wajib memakai peralatan ukuran besar.

#2: Hitunglah Biaya Bahan Makanan

Sumber Gambar : freepik.com

Nggak cuma peralatan doang, usaha di bidang kuliner juga pasti perlu bahan-bahan mentah pembuat makanan. Yang harus kamu ketahui, hitungan biaya ini nggak bisa disamakan dengan bisnis makanan yang lain. Perbedaan modal untuk belanja bahan makanan biasanya tergantung dari si pemilik. Apakah hanya menggunakan bahan baku berkualitas nomor 1 atau bahan-bahan standar. Semakin bagus kualitas bahan yang akan kamu gunakan, artinya modal awal yang harus kamu siapkan pun semakin besar.

#3: Kalkulasi Biaya Operasional

Sumber Gambar : meredithcorp.io

Cara menghitung modal usaha makanan agar nggak rugi adalah dengan mengkalkulasikan biaya operasional. Poin ketiga ini sama pentingnya seperti menghitung biaya bahan makanan dan peralatan. Sebagian orang ada yang memilih menggabungkan biaya barang dan bahan ke dalam biaya operasional. Tapi nggak masalah juga, kok, kalau kamu mau mau membedakannya, guys.

Adapun contoh yang masuk ke dalam biaya operasional di bisnis kuliner, yakni biaya listrik, sewa toko, maintenance peralatan dan lainnya.

#4: Asumsikan Gaji Karyawan

menghitung modal usaha makanan

Sumber Gambar : nrn.com

Well, kamu bisa menghapus komponen biaya ini kalau seluruh proses pengolahan masakan dikerjakan sendiri. Akan tetapi, jika kamu memperkerjakan asisten, bahkan meski itu adalah anggota keluarga, maka pastikan kamu memperkirakan gaji karyawan yang dimasukkan dalam penghitungan modal awal. Kamu bisa menentukan berapa besaran gaji pegawai dengan berbagai macam cara. Misalnya dengan hitungan per jam atau per hari. Atau bisa juga mengikuti UMR.

#5: Jangan Lupa Siapkan Budget untuk Promosi dan Dana Lain-Lain

menghitung modal usaha makanan

Sumber Gambar : flickr.com

Dan terakhir yang sayangnya sering banget diabaikan, yaitu menghitung biaya promosi. Karena sekecil apa pun, tetap aja kamu bakal butuh biaya untuk mempromosikan usaha kulinermu. Misalnya dengan mencetak poster atau flyer, memberikan diskon dan promo-promo pembukaan bisnis, biaya desain iklan dan lain sebagainya.

Selain itu, nggak ada salahnya kamu menyiapkan dana untuk kebutuhan darurat di luar dugaan. Besar nominalnya bisa berapa pun, asalkan kamu punya pegangan di awal, GenKs.

Itulah 5 cara menghitung modal usaha makanan untuk pemula agar nggak rugi. Udah siap, kan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil