Creativepreneur and Career

Mengulik A to Z H2H Marketing (Human to Human Marketing)

B2B, B2C atau C2C mungkin nggak terdengar asing bagi kamu-kamu yang berkecimpung di dunia bisnis. Tapi kamu sudah pernah dengar istilah H2H marketing (human to human marketing), belum, nih, GenKs?

Nah, kali ini kami akan merangkum segala hal tentang H2H marketing yang perlu kamu ketahui, guys. Mulai dari, apa itu pemasaran human to human, bagaimana cara terbaik untuk menerapkannya dalam bisnis dan lainnya. Yuk, langsung simak aja!

Apa Itu H2H Marketing?

H2H marketing atau Human-to-Human marketing mengacu pada kegiatan dalam pemasaran, baik antara bisnis dengan konsumen maupun antara satu bisnis dengan bisnis lainnya, adalah sebuah interaksi antara manusia, guys.

Pemasaran H2H adalah bentuk pengembangan model pemasaran B2C, B2B atau B2H.

Asal Mula H2H Marketing

Sumber Gambar : estaticos.qdq.com

Pertanyaannya sekarang adalah, siapa, sih yang menciptakan istilah H2H marketing? Istilah ini pertama kalinya dipakai oleh Mike Lieberman dalam artikelnya di Hubspot pada tahun 2014.

Mike menulis di artikelnya:

“You need to stop thinking about B2B or B2C approaches and focus more on H2H: human-to-human marketing.” (Artinya, -Kita harus berhenti memikirkan pendekatan B2B atau B2C dan lebih fokus pada H2H: pemasaran antarmanusia-).

Konsep H2H marketing (human to human marketing) kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Prof. Philip Kotler bersama Prof. Waldemar Pfoertsch dan Prof. Uwe Sponholz, dalam buku yang berjudul ‘H2H Marketing: the Genesis of Human-to-Human Marketing’.

Apa yang Dimaksud Model Pemasaran H2H?

H2H Marketing

Sumber Gambar : thoughtco.com

Model H2H marketing adalah kerangka teoritis yang terdiri dari tiga komponen penting, GenKs. Model pemasaran H2H dirancang oleh Prof. Kotler. Lalu apa saja komponen penting dalam kerangka model H2H? Yakni pemikiran desain, service-dominant logic dan digitalisasi.

Gimana Penerapan Terbaik H2H Marketing dalam Bisnis Modern?

H2H marketing

Sumber Gambar : memoryofmangalitsa.com

Berikut ini adalah beberapa tips gimana menerapkan Human to Human marketing dalam bisnismu:

  • Berbicaralah seperti orang, bukan marketer
  • Jangan cuma menjual produk, tapi tawarkan solusi yang bisa memecahkan masalah targetmu
  • Cobalah menjadi otentik, meski nggak ada yang sempurna di dunia ini dan kita sebagai manusia nggak terlepas dari namanya kesalahan
  • Ganti istilah ‘studi kasus’ dengan cerita
  • Terapkan personalisasi, bukan otomatisasi
  • Manfaatkan konten buatan konsumen, tapi tetap ingat bahwa konteks jauh lebih penting daripada konten!
  • Optimalkan kehadiranmu di platform-platform media sosial dan local search

Kenapa, kok, Pebisnis Perlu Banget Menerapkan Human to Human Marketing?

Sumber Gambar : GettyImages

Seperti sudah dijelaskan dalam point pengertian, bahwa Human to Human marketing atau pemasaran antarmanusia, mewakili konsep di balik setiap bisnis, konsumen, nirlaba atau badan pemerintahan, ada manusia yang hidup dan bernapas yang berperan penting dalam setiap pengambilan atau pembuatan keputusan mengenai perusahaanmu.

Well, sayangnya kita cenderung mengabaikan fakta ini, terutama sejak memasuki era pemasaran yang sangat digital seperti sekarang, di mana hidup kita mulai diambil alih oleh bot, Artificial Intelligence dan segala bentuk mesin buatan. Padahal dengan menerapkan elemen ‘manusia’, bisa membawa perbedaan yang cukup signifikan dalam bisnis.

Memanusiakan marketing bisa membangun kepercayaan. Menerapkan Human to Human marketing terbukti efektif menyentuh emosi audiens. Dan yang nggak kalah penting, seperti ditunjukkan oleh sebuah penelitian, bahwa model human to human marketing merupakan salah satu elemen terpenting dalam proses pengambilan keputusan dalam perjalanan pembeli, lho.

Nah, gimana, setelah mengetahui rahasia besar dari human to human marketing, jadi semakin yakin untuk mulai menerapkan model pemasaran ini dalam bisnismu untuk mengoptimalkan strategi marketing, kan, GenKs?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tools Copywriting Bahasa Indonesia untuk Bikin Tulisan Copy Makin Keren

Creativepreneur and Career

Menyimpan Segudang Manfaat, Ini 7 Tips jadi Sociopreneur Abad 21

Creativepreneur and Career

Tips Memanfaatkan Podcast Untuk Bisnis Agar Makin Cuan Tahun 2022

Creativepreneur and Career

Lighting Designer, Profesi Menjanjikan yang Jarang Diperhatikan