Seni Rupa & Desain

Mengulik Prinsip Mobile First Design yang Penting dalam Desain Produk

Apa sih, yang dimaksud dengan mobile first design? Well, guys, istilah ini sebenarnya kali pertama dikemukakan oleh CEO Google, Eric Schmidt, pada Mobile World Congress 2010 silam. Saat itu diungkapkan bahwa dalam mendesain produk, desainer harus mengikuti aturan ‘mobile first’. Nah, buat kalian yang masih asing dengan istilah mobile first design, simak pengertian, manfaat dan cara membuatnya dulu, yuk!

Mobile First Design, Apa sih, Itu?

Sumber Gambar : hudsonintegrated.com

Untuk bisa lebih baik memahami konsep desain mobile-first, kamu harus mengetahui dua frasa berikut:

  1. Responsive Web Design (RWD)

Sumber Gambar : minoamarketing.com

Responsive web design adalah metode desain web yang memungkinkan web menyesuaikan layar perangkat berbeda secara otomatis, sehingga bisa menampilkan konten dengan tampilan terbaik yang bikin orang merasa nyaman membacanya.

Metode ini sangat membantu banget mengurangi aksi pengguna saat mereka menjelajahi web seperti scrolling, menggeser atau memperbesar tampilan, guys.

2. Progressive Advancement & Graceful Degradation

Sumber Gambar : medium.com

Kalau dua konsep ini sebenarnya dikemukakan sebelum metode responsive web design, guys. Untuk bisa membuat tampilan interface web atau aplikasi secara wajar pada perangkat berbeda, desainer menyediakan versi produk yang disesuaikan untuk tujuan berbeda.

Progressive Advancement berarti bawah ketika desainer mendesain suatu produk, mereka pertama-tama membuat versi untuk browser yang relatif lebih rendah, seperti pada ponsel). Versi ini mencakup fungsi dan fitur paling dasar.

Barulah setelah itu, mereka merancang versi lanjutan untuk tablet atau PC, yang dibuat dengan menambahkan interaksi, efek yang lebih rumit dan lain sebagainya untuk user experience yang lebih baik.

Sebaliknya, pada konsep Grace Degradation, desainer akan memulai desain produk dari tingkat lanjut, seperti desktop dan membuat versi dengan fitur lengkap di awal. Kemudian desainer membuat produk yang kompatibel untuk layar ponsel dengan memotong beberapa fungsi atau konten.

Hm, lalu apa kaitannya dua istilah di atas dengan pengertian mobile first design?

Well, seperti namanya, mobile first design berarti konsepnya adalah desainer memulai desain produk dari ponsel yang punya lebih banyak batasan, lalu memperluas fitur-fiturnya untuk membuat versi tablet atau desktop, GenKs.

Kenapa sih, prinsip mobile first design itu penting banget dalam desain produk? Intip jawabannya berikut:

  1. Penggunaan mobile internet telah melampaui penggunaan desktop sejak tahun 2016
  2. Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk berselancar di internet lewat ponsel
  3. Awal tahun 2012 silam, angka penjualan smartphone telah mengalahkan penjualan PC

Dari fakta di atas, nggak ada alasan bagi para desainer untuk mengabaikan prinsip mobile first design dalam mendesain produk mereka.

Cara Menerapkan Aturan Mobile First Design dalam Desain Produk

Mobile First Design

Sumber Gambar : medium.com

Kunci dari prinsip mobile first design sebenarnya konten. Berikut ini adalah contoh aplikasi booking hotel yang berpegang teguh pada aturan ini. Pertama-tama desainer mengurutkan konten situs berdasarkan kepentingannya.

  • Nama situs
  • Hotel, mulai dari hotel domestik, hotel luar negeri, kamar kos, hotel spesial
  • Time, seperti waktu check-in, waktu keberangkatan
  • My Order
  • Customer Service
  • Promotion & Advertising

Setelah itu desainer akan mendapatkan versi akhir dengan tampilan seperti ini:

Mobile First Design

Sumber Gambar : medium.com

Aplikasi Booking Hotel harus menawarkan konten-konten penting, seperti pilihan hotel domestik, hotel luar negeri dan pilihan waktu. Keduanya biasa diletakkan di bagian paling menonjol dari interface perangkat.

Dan jika ditambahkan lebih banyak fitur pada versi mobile-nya dan memperbesar area tampilan Promotion & Advertising, kamu akan mendapatkan versi desktop seperti pada gambar berikut:

Mobile First Design

Sumber Gambar : medium.com

Kamu bisa menggunakan prototyping tool ketika mengaplikasikan prinsip mobile first design pada situs web atau aplikasi seluler yang berbeda, lho. Dengan begitu kamu bisa menguji desain dan menemukan serta menyelesaikan masalah potensial sedini mungkin.

Gimana, GenKs, siap menerapkan mobile first design pada produk digitalmu?

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Tren Desain Logo yang Bakal Booming di 2022

Seni Rupa & Desain

Gimana Sih Cara Merancang Booth Pameran Yang Menarik?

Seni Rupa & Desain

Meraup Cuan Sekaligus Menyelamatkan Lingkungan, Peluang Bisnis Furniture Daur Ulang Sampah Plastik

Seni Rupa & Desain

Tren Media Sosial Instagram Tahun 2022 Terbaik untuk Personal Branding