GenK LIFE

Tips Meningkatkan Daya Ingat yang Terbukti Secara Ilmiah, Wajib Coba!

Meningkatkan daya ingat

Kamu pasti sudah sering dengar tentang berbagai cara untuk meningkatkan daya ingat. Nah, ternyata selain semua cara yang sudah kamu tahu, ada tips lainnya yang mungkin cukup mengejutkanmu. Tips ini bisa membuat daya ingatmu meningkat, dan lebih bagusnya lagi, sudah terbukti efektif melalui penelitian secara ilmiah. Mari kita simak sama-sama!

Meditasi untuk meningkatkan memori yang bekerja

Working memory atau memori yang bekerja itu mirip seperti notepad di dalam otak, ini adalah bagian di mana informasi baru disimpan sementara. Saat kamu menghafal nama seseorang, atau alamat tempat yang mau kamu datangi, maka otakmu akan mengingat detail tersebut dalam memori yang berjalan.

Jika informasi tersebut tidak bermanfaat, maka kamu akan melepaskannya. Namun, kalau informasinya bermanfaat, maka kamu akan menyimpannya dalam ingatan jangka panjang yang bisa diperkuat dan diingat kembali nanti.

Menurut penelitian, meditasi bisa membantu meningkatkan kemampuan memori kamu dalam mengingat informasi hanya dalam delapan minggu. Meditasi juga membantu meningkatkan daya konsentrasi dalam dua minggu saja.

meditasi meningkatkan daya ingat

sumber : fastcompany.net

 

Baca Juga :   Kamu Wajib Tau, Ini Manfaat Matematika Dalam Hidupmu!

Berolahraga untuk meningkatkan ingatan memori

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada otak tikus dan juga otak manusia, terbukti bahwa olahraga secara rutin dapat meningkatkan ingatan memori. Kemudian fitness yang dilakukan orang dewasa juga terbukti memperlambat penurunan daya ingat.

Khususnya, menurut sejumlah penelitian yang disebutkan di FastCompany, olahraga rutin dapat membantu meningkatkan memori spasial, jadi tidak semata-mata bisa membuat segala macam daya ingat meningkat.

Tentu olahraga itu bermanfaat sangat baik untuk kesehatan, namun bagi otak, manfaatnya terutama bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Jadi, kalau kamu ingin memiliki pemikiran yang sensitif dan tajam, kamu bisa, nih, rajin jalan pagi setiap hari.

Lihat perubahan yang terjadi di otakmu dengan sangat cepat setelah kamu jalan kaki, seperti pada gambar:

tingkatkan daya ingat

sumber : fastcompany.net

About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Catat! Ini Dia Financial Planning untuk Gaji UMR

GenK LIFE

Yuk, Kenalan Sama Yang Namanya Bank Asosiatif!

GenK LIFE

Buat Kamu yang Sering Merasa Mager di Pagi Hari, Coba Tips Produktif Ini!

GenK LIFE

Kalau Udah Merasakan Hal Ini, Artinya Tubuhmu Perlu Istirahat, GenK!