GenK LIFE

Tips Meningkatkan Daya Ingat yang Terbukti Secara Ilmiah, Wajib Coba!

Meningkatkan daya ingat

Tidur lebih lama untuk menggabungkan berbagai memori

Tidur terbukti menjadi salah satu elemen yang sangat penting dalam menjaga daya ingat. Proses penggabungan memori biasa terjadi saat kamu sedang tidur. Maka, masuk akal kalau tanpa tidur yang cukup, kamu akan kesulitan mengingat sesuatu yang sudah kamu pelajari. Bahkan, tidur sebentar saja sudah bisa membantumu kembali mengingat hal-hal yang penting.

Dalam sebuah penelitian, para partisipan dites untuk menguji kekuatan daya ingat mereka. Setelah mengingat satu set kartu, mereka diberi waktu 40 menit untuk istirahat sambil tidur, dan sebagian lagi tetap bangun. Sehabis istirahat tersebut, kedua kelompok dites untuk mengingat kartu-kartu yang sudah mereka pelajari tadi. Partisipan yang tidur menunjukkan kalau mereka ingat lebih banyak, seperti pada gambar:

meningkatkan daya ingat

sumber : fastcompany.net

Hal yang mengejutkan yaitu partisipan yang tidur menunjukkan performa jauh lebih baik, mereka bisa mengingat 85 persen dari pola kartu. Sementara, partisipan yang bangun hanya bisa mengingat 60 persennya saja. Jadi, peneliti menyimpulkan bahwa tidur itu bisa membuat daya ingat jadi makin solid.

Di samping itu, terbukti bahwa kurang tidur bisa mempengaruhi kemampuan kita untuk mengingat hal-hal baru, dan memori yang sudah kita ciptakan. Sederhananya, kalau kurang tidur, kamu jadi sulit mengingat kegiatan yang sudah kamu lakukan dan hal baru yang kamu pelajari.

Jadi, itu tadi cara-cara meningkatkan daya ingat yang sederhana tapi penting banget untuk kamu lakukan. Kadang, kita menganggapnya sepele bahkan itu terlupa begitu saja, karena kamu terlalu sibuk dengan kegiatan lainnya. Mulai sekarang, yuk, biasakan melakukan aktivitas tadi, biar daya ingatmu makin cemerlang.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya