GenK LIFE

Tips Meningkatkan Daya Ingat yang Terbukti Secara Ilmiah, Wajib Coba!

Meningkatkan daya ingat

Kamu pasti sudah sering dengar tentang berbagai cara untuk meningkatkan daya ingat. Nah, ternyata selain semua cara yang sudah kamu tahu, ada tips lainnya yang mungkin cukup mengejutkanmu. Tips ini bisa membuat daya ingatmu meningkat, dan lebih bagusnya lagi, sudah terbukti efektif melalui penelitian secara ilmiah. Mari kita simak sama-sama!

Meditasi untuk meningkatkan memori yang bekerja

Working memory atau memori yang bekerja itu mirip seperti notepad di dalam otak, ini adalah bagian di mana informasi baru disimpan sementara. Saat kamu menghafal nama seseorang, atau alamat tempat yang mau kamu datangi, maka otakmu akan mengingat detail tersebut dalam memori yang berjalan.

Jika informasi tersebut tidak bermanfaat, maka kamu akan melepaskannya. Namun, kalau informasinya bermanfaat, maka kamu akan menyimpannya dalam ingatan jangka panjang yang bisa diperkuat dan diingat kembali nanti.

Menurut penelitian, meditasi bisa membantu meningkatkan kemampuan memori kamu dalam mengingat informasi hanya dalam delapan minggu. Meditasi juga membantu meningkatkan daya konsentrasi dalam dua minggu saja.

meditasi meningkatkan daya ingat

sumber : fastcompany.net

 

Berolahraga untuk meningkatkan ingatan memori

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada otak tikus dan juga otak manusia, terbukti bahwa olahraga secara rutin dapat meningkatkan ingatan memori. Kemudian fitness yang dilakukan orang dewasa juga terbukti memperlambat penurunan daya ingat.

Khususnya, menurut sejumlah penelitian yang disebutkan di FastCompany, olahraga rutin dapat membantu meningkatkan memori spasial, jadi tidak semata-mata bisa membuat segala macam daya ingat meningkat.

Tentu olahraga itu bermanfaat sangat baik untuk kesehatan, namun bagi otak, manfaatnya terutama bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Jadi, kalau kamu ingin memiliki pemikiran yang sensitif dan tajam, kamu bisa, nih, rajin jalan pagi setiap hari.

Lihat perubahan yang terjadi di otakmu dengan sangat cepat setelah kamu jalan kaki, seperti pada gambar:

tingkatkan daya ingat

sumber : fastcompany.net

Tidur lebih lama untuk menggabungkan berbagai memori

Tidur terbukti menjadi salah satu elemen yang sangat penting dalam menjaga daya ingat. Proses penggabungan memori biasa terjadi saat kamu sedang tidur. Maka, masuk akal kalau tanpa tidur yang cukup, kamu akan kesulitan mengingat sesuatu yang sudah kamu pelajari. Bahkan, tidur sebentar saja sudah bisa membantumu kembali mengingat hal-hal yang penting.

Dalam sebuah penelitian, para partisipan dites untuk menguji kekuatan daya ingat mereka. Setelah mengingat satu set kartu, mereka diberi waktu 40 menit untuk istirahat sambil tidur, dan sebagian lagi tetap bangun. Sehabis istirahat tersebut, kedua kelompok dites untuk mengingat kartu-kartu yang sudah mereka pelajari tadi. Partisipan yang tidur menunjukkan kalau mereka ingat lebih banyak, seperti pada gambar:

meningkatkan daya ingat

sumber : fastcompany.net

Hal yang mengejutkan yaitu partisipan yang tidur menunjukkan performa jauh lebih baik, mereka bisa mengingat 85 persen dari pola kartu. Sementara, partisipan yang bangun hanya bisa mengingat 60 persennya saja. Jadi, peneliti menyimpulkan bahwa tidur itu bisa membuat daya ingat jadi makin solid.

Di samping itu, terbukti bahwa kurang tidur bisa mempengaruhi kemampuan kita untuk mengingat hal-hal baru, dan memori yang sudah kita ciptakan. Sederhananya, kalau kurang tidur, kamu jadi sulit mengingat kegiatan yang sudah kamu lakukan dan hal baru yang kamu pelajari.

Jadi, itu tadi cara-cara meningkatkan daya ingat yang sederhana tapi penting banget untuk kamu lakukan. Kadang, kita menganggapnya sepele bahkan itu terlupa begitu saja, karena kamu terlalu sibuk dengan kegiatan lainnya. Mulai sekarang, yuk, biasakan melakukan aktivitas tadi, biar daya ingatmu makin cemerlang.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya