Creativepreneur and Career

4 Tips Untuk Meningkatkan Penjualan Di Tiktok, Bisa Jadi Jutawan!

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, strategi marketing atau pemasaran suatu produk sedang gencar-gencarnya dilakukan melalui social media. Mulai dari Facebook, Instagram hingga yang sedang hits sekarang ini, Tiktok. Berdasarkan statistik, Tiktok sendiri kini menjadi salah satu aplikasi paling laris di seluruh dunia. Tentu tak mengherankan lagi mengapa Tiktok menjadi sarana marketing yang ramai peminatnya. Terus gimana dong caranya meningkatkan penjualan di Tiktok? Apa harus nyari followers dulu? Atau ada cara lain gak ya?

Mengingat rata-rata dari pengguna aplikasi Tiktok mengakses aplikasi ini hingga 42 menit setiap harinya, tentu akan menjadi peluang besar bagi kamu yang ingin memperluas pemasaran produk. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan penjualan di Tiktok seperti hal nya hastag video, trend hingga juga bentuk kolaborasi bisa menjadi salah satu kunci utama.

Namun bukan hanya itu, berikut merupakan 4 tips untuk meningkatkan penjualan di Tiktok yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang!

Penggunaan Hashtag Yang Tepat

Free Number Sign Sand Artwork Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Mungkin banyak yang nggak tahu kalo penggunaan hastag menjadi salah satu al yang mempengaruhi penjualan kamu di Tiktok. Adapun fungsi dari sebuah hashtag adalah untuk menjadi penanda sebuah video di Tiktok pada suatu konten tertentu. Adapun penggunaan sebuah hashtag memungkinkan kamu buat memperluas jangkauan konten marketing produk. Selain itu, dengan melalui hashtag kamu juga memiliki kesempatan untuk mengetahui siapa saja kompetitor kamu di Tiktok dan bisa menjadi evaluasi. 

Mengikuti Trend Terkini

Free Person Playing Blue Hand Spinner Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Tips yang kedua ialah dengan mengikuti trend terkini yang sedang berlangsung, bisa meningkatkan pemasaran produk yang kamu jual di Tiktok lebih efektif lagi. Bentuk trend yang bisa kamu buat di Tiktok bisa apa saja, mulai dari trend penggunaan soundtrack atau juga trend ‘dance’. Mengikuti trend Tiktok juga sekaligus melatih kreativitas kamu dalam membuat konten promosi. Maka dari itu, kamu harus selalu memantau trend terbaru agar tak kehilangan kesempatan untuk perluasan pasar dari produkmu. 

Melakukan Kolaborasi

meningkatkan penjualan di Tiktok

Sumber Gambar : pexels.com

Berkolaborasi dengan para influencer di Tiktok juga bisa kamu coba. Kamu hanya perlu mengirimkan produk yang ingin dipromosikan oleh influencer tersebut di akun Tiktok miliknya, maka kamu sudah berhasil untuk ‘memperkenalkan’ produk kamu kepada khalayak ramai. Namun kamu harus menyeleksi dengan baik siapa influencer yang bakal kamu ajak kolaborasi. Analisa audiens influencers tersebut, guna memastikan apakah audiensnya sesuai dengan target marketing kamu inginkan. 

Membuat Video Menarik Disertai Deskripsi Penjelas

meningkatkan penjualan di Tiktok

Sumber Gambar : pexels.com

Untuk jangkauan video yang lebih luas lagi, kamu harus bisa membuat suatu konten video terlebih lagi yang sedang trend menjadi ‘versi baru’ dari kreasi video yang sejenis. Dengan konsep video yang berbeda tersebut, bukan tidak mungkin kamu bisa menarik banyak followers baru yang berdatangan ke beranda profil akun Tiktok kamu yang bisa calon pelanggan baru. Jangan lupa tambahkan deskripsi dari video yang kamu buat untuk menjelaskan produk yang kamu jual sekaligus ajak audiens berkomentar. 

Itulah 4 tips untuk meningkatkan penjualan di Tiktok yang bisa kamu lakukan. Meskipun bukan merupakan satu-satunya cara dalam hal pemasaran produk, namun tentu tidak ada salahnya jika kamu mencoba melakukan hal semacam ini untuk perluasan penjualan produk yang lebih masif. Selain itu, bentuk promosi semacam ini juga bisa melatih kemampuan adaptasi kamu dalam persaingan bisnis di era media digital seperti sekarang.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil