Fotografi

Meningkatkan Resolusi Foto Tanpa Pecah, Gampang Banget!

cara-meningkatkan-resolusi-foto

Hmm, bingung nih, gimana ya, cara meningkatkan resolusi foto dengan hasil yang bersih tanpa pecah? Ada waktunya kita butuh banget kan, foto dengan resolusi besar untuk suatu keperluan. Tapi kadang ukuran yang ada nggak sesuai. Terlalu kecil dan dengan skill editing pas-pasan, kita jadi sembarangan memperbesar resolusi foto. Eh, hasilnya kok, malah pecah.

Eits, tenang, dengan tips berikut ini, kamu nggak akan lagi ngalamin masalah menyebalkan seperti di atas, kok!

Apa Itu Resolusi Gambar?

mengenal-resolusi-gambar

Mengenal resolusi gambar pada foto (Sumber: googleusercontent.com)

Resolusi adalah jumlah piksel dalam dimensi tinggi X lebar. Perlu kamu ketahui, kamera akan menghasilkan gambar dengan ukuran tertentu tergantung pada ukuran sensor dan kerapatan piksel. Semakin banyak piksel dalam sebuah gambar, maka artinya gambar tersebut memiliki resolusi tinggi.

Gambar dengan resolusi tinggi memiliki kualitas yang lebih baik dan detailnya juga lebih banyak. Artinya kamu bisa mencetak foto berukuran besar dengan transisi tone dan warna yang mulus serta berkelanjutan. Tapi biasanya ukuran file foto beresolusi tinggi lebih besar. Lalu, bagaimana cara meningkatkan resolusi foto untuk file yang masih kecil?

Lalu Gimana Cara Memilih Ukuran yang Sesuai?

memilih-ukuran-resolusi-yang-sesuai

Cara memilih ukuran resolusi yang sesuai (Sumber: cdn5.eyeem.com)

Sebelum lanjut ke langkah-langkah cara meningkatkan resolusi foto, perlu kamu ketahui kalau penting untuk menentukan ukuran yang sesuai. Well, bisa sih, mengambil gambar dengan resolusi rendah dengan beberapa piksel saja kemudian meningkatkan resolusinya. Tapi ada batasan ukuran.

Jika kamu mencoba memperbesar gambar dengan ukuran yang berlebihan, maka kamu akan dapat melihat titik-titik yang menyusun gambar. Butuh banyak latihan dan percobaan dan kesalahan untuk mengetahui berapa ukuran maksimal yang bisa kamu gunakan.

Baca Juga :   Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop
About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet