Creativepreneur and Career

Tips Menjadi Presenter yang Baik, Dijamin Penonton Tak Akan Bosan

tips menjadi presenter yang baik

Ada kalanya kamu harus melakukan presentasi. Baik itu presentasi produk baru ke klien perusahaan, atau sesimpel tugas di kelas yang harus kamu presentasikan. Namun, bagi sebagian orang, public speaking bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Bahkan, menurut Statistic Brain, 74% orang mengalami kegelisahan ketika mereka sedang melakukan public speaking. Maka dari itu, kamu perlu tahu tips menjadi presenter yang baik agar kemampuan public speakingmu bisa meningkat. Berikut adalah tipsnya.

Tidak Membaca dari Power Point

presentasi tanpa powerpoint

sumber: pexels.com

Kalau kamu mau membaca Power Point, maka kamu tinggal kirimkan saja copy-nya ke orang-orang yang akan menghadiri acara presentasimu. Sebab, Power Point itu hanyalah konsep garis besar presentasi yang akan kamu bawakan. Selain itu, kurangi menggunakan terlalu banyak sumber yang berbeda, karena ini hanya akan membuatmu susah fokus. Sebelum presentasi, pelajari dahulu semua materinya dengan baik. Dengan begitu, kamu pasti jadi lebih rileks saat berbicara di depan.

Gunakan Bahasa Tubuh yang Menarik

penggunaan bahasa tubuh yang baik

sumber: pexels.com

Buat audiensmu merasa seolah kamu sedang berbicara langsung secara individu kepada mereka. Lakukan kontak mata, tersenyum dan jangan sampai membelakangi hadirin. Kalau kamu melakukan ini, maka presentasimu akan semakin terasa seperti sebuah sesi obrolan. Audiens kamu juga bakal lebih semangat untuk bertanya kepadamu setelah kamu selesai menyuguhkan presentasi. Menyenangkan, bukan?

Bicaralah Seperti Sedang Bercerita

gunakan teknik bercerita saat presentasi

sumber: pexels.com

Audiens ingin bisa merasa nyambung dengan apa yang kamu sampaikan. Mereka ingin merasa relate denganmu. Alih-alih memberikan materi seakan kamu mengajari mereka, coba beri contoh situasi yang sama dan memang benar-benar pernah kamu alami. Sampaikan melalui cerita yang mengalir begitu saja. Apalagi, jika kamu bisa membuat mereka tertawa, maka ini lebih asyik lagi. Sampaikan informasi yang tidak ada di dalam presentasimu untuk meningkatkan engagement dengan audiens.

Awali Presentasi dengan Antusias

antusias sebagai presenter

sumber: pexels.com

Awal presentasi penting karena bisa mengatur mood di dalam ruangan dari awal hingga akhir. Apa kamu ingin presentasimu lucu? Maka bercandalah, buat lelucon untuk audiens. Di sisi lain, kamu mau presentasimu serius? Maka mulailah dengan memberikan statistik atau sebuah cerita. Jadi, awal mula adalah segalanya. Coba perhatikan lagi dan persiapkan caramu mengawali presentasimu. Jangan lupa untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu sebelum dan saat presentasi. Hal ini secara tidak langsung akan membuatmu menyebarkan aura positif di awal presentasi. Penonton jadi mikir dua kali deh kalau mau meninggalkanmu!

Fokuslah kepada Apa yang Dibutuhkan Audiens

fokus pada audiens

sumber: pexels.com

Buat presentasimu sesuai dengan apa yang diharapkan oleh audiens. Kalau sekiranya apa yang kamu ucapkan tidak berkaitan dengan pesan yang ingin kamu sampaikan, maka sebaiknya kamu tidak perlu mengucapkannya. Jadi, bicaralah seperti bercerita tapi tetap masih di dalam koridor materi presentasi itu sendiri. Ini akan membuatmu terarah saat menyampaikan materi presentasi, tapi kamu bisa tetap menyampaikannya dengan cara yang menarik.

Atur Suaramu dengan Efektif Saat Presentasi

atur intonasi suara

sumber: pexels.com

Semua tips yang ada di atas tidak akan berjalan dengan baik, apabila kamu tidak mengelola suaramu saat presentasi. Audiensmu harus bisa mendengarmu dengan jelas. Ini berarti, kamu tidak hanya harus berucap dengan suara lebih kencang. Namun, kamu juga perlu mengucapkan kata-kata dengan lebih jelas, dan pelankan kecepatan bicaramu. Tak perlu buru-buru menyampaikan informasi yang mau kamu sampaikan. Coba saja cara yang paling nyaman untukmu.

Mengetahui tips menjadi presenter yang baik bisa membantu kamu untuk menyampaikan materi presentasi dengan tepat. Jadi, bukan hanya harus berbicara dengan suara lantang, tapi ada banyak attitude yang perlu kamu pelajari dan terapkan saat menjadi seorang presenter. Kalau kamu sedang belajar, mungkin ini semua kedengarannya sulit, tapi sebenarnya tidak, kok. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan menguasainya. Tetap terus belajar, ya!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan