Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Ketupat yang legit disiram kuah opor ayam yang gurih, disantap dengan rendang daging yang empuk dan sedikit pedas, didampingi sambal goreng kentang ati yang kaya cita rasa, dan jangan lupa gulai sayur, lodeh atau sayur labu siam. Hmm, nyam-nyam! Menu khas Hari Raya Idul Fitri emang sedap banget, apalagi kalau dinikmati bareng orang-orang terkasih, ya, Genks? Eits, tapi jangan sampai lupa daratan, GenKs. Bisa-bisa setelah Lebaran badanmu makin lebaran, lho. Untuk mencegah angka di timbangan bergeser ke kanan gara-gara kebiasaan makan makanan berlemak saat Lebaran, pastikan kamu minum minuman peluntur lemak berikut:

Air Mineral

Sumber Gambar : jakpost.net

Selain 0 kalori, kandungan H2O di dalam air mineral ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, lho. Hal itu seperti yang diungkapkan dalam penelitian, di mana 10 menit setelah kita minum air mineral, terjadi peningkatan jumlah kalori yang terbakar saat diam antara 24 hingga 30%. Menjaga tubuh tetap terhidrasi nggak cuma meringankan kerja ginjal dan hati, tapi juga membantu mengontrol nafsu makanmu.

Lemon Water

Sumber Gambar : hearstapps.com

Nggak diragukan lagi, air lemon emang terkenal sebagai minuman peluntur lemak yang manjur banget. Yah, meski belum ada penelitian yang membuktikannya, tapi coba, deh, campurkan perasan jeruk lemon ke air yang akan kamu minum, trik ini bisa memberi rasa yang bikin minumanmu terasa lebih menyegarkan. Yang penting, kandungan Vitamin C lemon bagus untuk meningkatkan imun tubuh, penyerapan iron dan mengurangi risiko kanker tertentu.

Black Tea

Sumber Gambar : wallpaperaccess.com

Jumlah kandungan kafein di dalam secangkir teh hitam sekitar 47 mg. Nah, berkat kandungan ini teh hitam bisa membantu mempercepat metabolisme tubuh. Selain itu, minum teh hitam yang kaya akan kandungan polifenol juga dapat mengurangi asupan kalori dalam tubuh, meningkatkan pemecahan lemak dan meningkatkan bakteri sehat dalam usus. Kuncinya, jangan menambahkan gula ke dalam teh hitammu, ya!

Ginger Tea

Sumber Gambar : tv9telugu.com

Well, manfaat jahe untuk menurunkan berat badan sebenarnya nggak terlalu efektif. Tapi berkat sifat antioksidan dan antiinflamasinya, minum teh jahe dapat mencegah kerusakan sistem kardiovaskular serta pemicu stres lainnya yang disebabkan karena kelebihan berat badan. Selain itu, senyawa gingerol dalam jahe berpotensi meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi kolesterol jahat. Pada beberapa penelitian disebutkan, minum air jahe sesaat sebelum makan membantumu merasa lebih kenyang, guys.

Green Tea

Sumber Gambar : hearstapps.com

Jenis minuman peluntur lemak selanjutnya adalah teh hijau. Mengandung kafein dan antioksidan, yang mana keduanya merupakan dua bahan utama pembakar lemak, nggak ada yang meragukan efek minum teh hijau untuk menurunkan lemak usai menyantap makanan bersantan khas Lebaran. Hanya dengan secangkir teh hijau, tubuh bisa memecah lemak yang masuk nggak pake lama, berkat 24-40 mg kafein dan antioksidan kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG).

Caraway Tea

Minuman peluntur lemak

Sumber Gambar : recipemarker.com

Termasuk ke dalam bumbu dapur yang biasa dipakai untuk bikin kari, jinten atau jintan alias cumin mengandung bahan aktif yang disebut thymoquinone. Bahan ini punya sifat antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu, air seduhan caraway seeds juga efektif banget untuk membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol LDL.

Jus Sayur

Minuman peluntur lemak

Sumber Gambar : eatthis.com

Bukan jus buah dengan kandungan gula yang tinggi, jus sayur segar merupakan minuman rendah karbohidrat ditambah berbagai vitamin dan nutrisi untuk kesehatan tubuhmu. Banyak mimum jus sayur artinya jumlah sayuran segar yang masuk ke dalam tubuh juga meningkat dan otomatis akan mengurangi asupan karbohidrat. So, nggak heran kalau minuman ini juga efektif membantu menjaga berat badan ideal.

Kopi

Minuman peluntur lemak

Sumber Gambar : apartmenttherapy.info

Yang terakhir, ada kopi. Kandungan kafein pada kopi jauh lebih banyak ketimbang teh hitam dan teh hijau. Dalam satu cangkirnya terdapat sekitar 95 mg kafein. Jadi, bisa dibayangkan berapa banyak kalori dan lemak yang akan terbakar dan diurai setelah kamu minum kopi, kan, guys? Selain itu, kandungan theobromine, theophilin dan asam klorogenatnya dapat mempengaruhi metabolisme tubuh kita.

Wah, asalkan ada minuman peluntur lemak, jadi nggak takut lagi, deh, banyak-banyak makan sajian Lebaran, ya, GenKs?

About author

Related posts
Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya

Kuliner

Apa Sih Bedanya Coklat Compound dan Couverture?