Creativepreneur and Career

Menyimpan Segudang Manfaat, Ini 7 Tips jadi Sociopreneur Abad 21

Sociopreneur

Sociopreneur bukanlah istilah yang asing bagi pengusaha abad 21. Nggak sekedar jualan untuk mencari keuntungan doang, seorang sociopreneur mengedepankan kebermanfaatan usahanya bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Wah, keren ya, GenKs?

Ada banyak banget manfaat yang bakal kamu dapetin kalo menjadi seorang sociopreneur, lho, guys. Mulai dari memudahkanmu menjalani bisnis sembari beramal, memupuk rasa tanggung jawab pada lingkungan dan yang pasti menghasilkan kebermanfaatan bagi orang lain.

Tapi gimana sih, caranya kalo ingin jadi sociopreneur yang baik di abad 21 seperti sekarang ini? Gampang kok, guys. Simak tipsnya berikut ini, yuk!

#1: Pilih Isu Sosial yang ingin Kamu Ambil

Sumber Gambar : ssfllp.com

Langkah pertama yang harus ditempuh untuk menjadi sociopreneur yang baik adalah memilih isu sosial yang ingin diangkat, guys. Karena, saat seorang memutuskan menjadi sociopreneur, maka hal itu akan membawa dampak besar, nggak cuma bagi masyarakat, tapi lingkungan di sekitar juga ikut terlibat. Nah, karena itulah, kamu harus punya pemahaman mendalam terkait isu sosial apa yang ingin diangkat.

#2: Lakukan Riset terkait Isu Sosial Pilihanmu

Sumber Gambar : squarespace.com

Kalau sudah menentukan isu sosial, jangan lupa selanjutnya melakukan riset. Nggak perlu terburu-buru mengeksekusi konsep sociopreneur-mu dalam kehidupan nyata sebelum memperdalam ilmu dan informasi tentang isu-isu sosial itu, guys.

Cobalah terjun langsung ke lapangan. Dengan begitu kamu bisa mendengar dan melihat sendiri fakta-fakta tentang isu sosial tersebut dari warga yang terlibat untuk kemudian mencari solusi paling tepat.

#3: Tentukan Target Pasar dan Jenis Produk

Sumber Gambar : medium.com

Setelah itu, kamu bisa menetapkan target pasar dan jenis produknya, guys. Jika kamu sudah paham betul tentang bidang sosial yang dipilih, sekarang waktunya kamu mewujudkan solusinya dengan membuat produk. Nah, pada tahapan ini tugasmu adalah memutuskan jenis produk dan siapa target pasar spesifik yang jadi sasaran produkmu.

#4: Susunlah Model Bisnis Kanvas

Sumber Gambar : incimages.com

Jika sudah, segera susun dan siapkan model bisnis kanvas. Jadi, usahamu akan lebih terarah, guys. Karena bisnis kanvas dapat menggambarkan bisnis sosialmu dengan lebih mendetail. Mulailah dari menyusun komponen bisnis, dilanjutkan dengan merancang strategi marketing hingga jangkauan luas atas dampak yang diberikan.

#5: Buat Proposal untuk Mengajukan Pendanaan kepada Investor

sociopreneur

Sumber Gambar : londonimageinstitute.files.wordpress.com

Hal penting berikutnya yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang sociopreneur sukses adalah mengajukan dana. Namanya bisnis sosial tentu butuh dana dalam jumlah yang nggak sedikit. So, sangat disarankan untuk membuat proposal guna pengajuan penanaman modal kepada investor.

Agar investor tertarik mengucurkan dana modal, pastikan kamu membuat proposal selengkap mungkin. Masukkan detail-detail penting dan susun proposal dengan desain yang oke agar menarik.

#6: Seimbangkan Biaya Operasional, Profit dan Sosial

sociopreneur

Sumber Gambar : androidauthority.net

Semua pebisnis tentu ingin usahanya bertahan. Termasuk seorang sociopreneur berharap bisnisnya terus berdiri dalam jangka waktu panjang dan dapat memberikan pengaruh serta dampak secara luas. Untuk mewujudkan hal ini, pastikan kamu menyeimbangkan semua biaya, guys, mulai dari biaya operasional, profit dan sosial.

Hindari mengutamakan salah satu aspek saja. Kalo bisnismu nggak cuan, maka mustahil kamu bisa merealisasikan misi sosialmu, GenKs. Sebaliknya, jika terlalu fokus pada keuntungan, maka kamu akan kehilangan aspek sosialnya.

#7: Promosikan Bisnismu secara Profesional

sociopreneur

Sumber Gambar : jamesallenonf1.com

Nah, kita sampai di tips terakhir, nih, GenKs. Untuk menjadi sociopreneur kamu harus mempromosikan usaha kamu secara profesional. Manfaatkan semua platform marketing yang ada semaksimal mungkin. Dan jangan lupa menggandeng berbagai pihak atau komunitas untuk bekerja sama. Dalam bisnis sosial, semakin banyak dukungan di belakangmu, artinya semakin besar peluang produk milikmu laku diburu masyarakat, lho, guys.

Gimana, sudah siap jadi sociopreneur sejati?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan