Arsitektur & Interior

Tips Merawat Tangki Air Agar Bebas Lumut dan Tahan Lama

Sudah bukan rahasia umum lagi jika air tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan sehari-hari setiap manusia. Untuk itu, selalu dilakukan upaya agar kebutuhan air dapat terpenuhi dengan baik. Salah satunya adalah dengan memasang tangki air. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari tangki air di rumah. Selain untuk menampung persediaan air bersih, kalian juga bisa menghemat tagihan listrik dan air.

Masalah utama yang sering ditemukan pada tangki air adalah munculnya lumut pada dinding tangki. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penempatan tangki air. Apabila tangki ditempatkan pada area yang terpapar sinar matahari langsung, tentu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan lumut di dalamnya. Oleh karenanya, kalian perlu rutin mengecek dan membersihkan tangki air.

Tips Merawat Tangki Air

Menjaga kebersihan tangki air sangatlah penting, karena akan berpengaruh terhadap kualitas air yang ditampung di dalamnya. Berikut adalah beberapa cara merawat tangki air agar selalu bersih dan bebas lumut :

1. Tentukan Waktu Pengurasan

Waktu pertumbuhan lumut di dalam tangki air berbeda-beda. Ada yang cepat dan ada yang lambat, tergantung pada jenis senyawa yang terkandung di dalam air. Oleh karena itu, salah satu cara yang efektif untuk menjaga tangki air tetap bersih dan bebas lumut adalah dengan melakukan pengurasan secara rutin, minimal tiga bulan sekali.

  1. Memakai Pelindung Tambahan

Salah satu penyebab lumut tumbuh di dalam tangki air adalah karena adanya sinar matahari yang tembus ke dalam dinding tangki. Oleh karena itu, sebaiknya tangki air diletakkan di lokasi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Apabila kalian meletakkan tangki air pada area yang tinggi seperti di atas tower, maka gunakanlah penutup atau atap yang dapat melindungi tangki air dari paparan sinar matahari.

  1. Menggunakan Material Warna Gelap

Tips berikutnya agar tangki air bebas lumut adalah mengecat dinding tangki dengan warna gelap, seperti warna hitam. Kalian bisa memakai cat besi atau cat kayu untuk memberikan warna gelap pada dinding tangki. Warna gelap dapat membantu menangkal cahaya matahari, sehingga lumut tidak tumbuh di dalam tangki.

  1. Gunakan Tangki Air Bebas Lumut

Buat kalian yang tidak mau repot dengan masalah lumut pada tangki air, solusi terbaiknya adalah  menggunakan tangki air bebas lumut, seperti Tangki Air Penguin. Tangki Air Penguin dilengkapi dengan teknologi Light-Proof yang menghasilkan dinding kedap cahaya, sehingga sinar matahari tidak dapat tembus dan tangki bebas dari pertumbuhan lumut.

Keunggulan Tangki Air Penguin

Penguin menghadirkan Tangki Total Drain yang dirancang khusus dengan bagian dasar tangki yang cembung, sehingga endapan kotoran seperti pasir dan lumpur dapat terkuras secara optimal. Tangki ini juga dilengkapi dengan kaki penyangga berbahan besi / stainless yang kuat dan stabil, serta mudah dipasang.

Keunggulan lainnya adalah Tangki Air Penguin dilapisi teknologi Ultrashield yang mampu melindungi tangki dari paparan cuaca ekstrim, sehingga 3x lebih tahan lama dan teknologi Activeguard+ yang efektif mengurangi 99,99% pertumbuhan bakteri dan jamur, menjaga air tetap higienis.

Penguin selalu berinovasi dalam menghadirkan produk tangki air berkualitas dengan varian ukuran dan pilihan warna terlengkap untuk memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

Jika kalian membutuhkan tangki air yang berkualitas untuk rumah atau usaha kalian, jangan ragu untuk memilih tangki air yang satu ini. Kalian bisa membelinya lewat Tokopedia dan Shopee, atau untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi Website Penguin Indonesia.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!