Game & Teknologi

Metaverse 101, Hal-Hal yang Harus Kamu Tau Tentang Teknologi Dunia Terbaru

Metaverse

GenK! Sudah pernah dengar istilah ‘metaverse’ belum? Istilah ini memang lagi ramai dibicarakan ya akhir-akhir ini. Khususnya setelah CEO dari perusahaan raksasa digital Facebook, Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya jadi ‘Meta’ pada akhir Oktober lalu. Perubahan nama ini menunjukkan keseriusan Facebook dalam melebarkan sayapnya di luar jejaring sosial dan mengembangkan dunia virtual yang disebut metaverse tadi.

Terus Metaverse Itu Sendiri Apa Sih?

Metaverse adalah sebuah dunia virtual reality dimana orang-orang di dalamnya bisa saling bersosialisasi dan beraktivitas layaknya di dunia nyata, GenK!

Meta-verse ini merupakan dunia virtual yang bisa kamu masuki, bukan cuma bisa dilihat melalui gadget saja. Pada dasarnya Metaverse adalah dunia virtual yang luas, gak berujung, dan gak punya batasan fisik. Artinya di sini kamu bisa berinteraksi dengan jutaan pengguna lain di belahan dunia manapun secara real-time. Keren ya?

Selayaknya dunia nyata, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas di Metaverse lho. 

Mulai dari berkumpul dengan teman, bermain game, berolahraga, belajar, bekerja, bikin karya seni, nonton konser, datang ke pameran, bahkan belanja pakaian! Kamu bisa menjalani kehidupan virtual sama kayak menjalani kehidupan fisik di dunia nyata. Bedanya, di metaverse kamu hadir dalam bentuk avatar 3D.

Gimana? Sudah mulai terbayang konsep metaverse ini di kepala kamu?

Supaya lebih paham, kamu harus tahu apa saja yang akan ada di dalam metaverse. Yuk kita cari tahu sama-sama!

  • Gaming Lebih Seru

 

Game akan jadi sesuatu yang lazim di metaverse. Mulai dari game catur sederhana hingga game bergenre battle royale terbaru, semuanya akan tersedia. Di metaverse nantinya, kamu dapat bermain game lama dengan cara yang baru. Juga ‘head to head’ dengan pemain-pemain dari seluruh dunia. Gaming di metaverse dibayangkan akan seperti main game di dimensi lain! Wohoo~

  • Olahraga Tanpa Batas

Rutinitas olahraga di metaverse jadi lebih menarik karena menggunakan VR!  Menghadirkan banyak variasi, bikin olahraga gak akan jadi kegiatan yang membosankan. Kamu juga bisa olahraga bareng teman-teman dimanapun mereka berada, lho.

  • Bekerja Lebih Produktif

Bekerja di metaverse memungkinkan kamu untuk berada di kantor tanpa harus ke luar rumah. Kamu bisa hadir di tempat yang sama dan terhubung dengan rekan kerja dari manapun. Pekerjaan juga jadi lebih mudah dan terorganisir lewat panel 2D. Mengobrol sama rekan kerja, mengakses file, rapat tim, bahkan presentasi semuanya bisa dilakukan di sini. 

  • Transformasi dalam Belajar

Metaverse dinilai akan mengubah cara belajar secara radikal. Kamu akan diajak ‘keluar’ dari buku, menjelajahi setiap topik bahasan secara langsung, dan berteleportasi ke tempat manapun di waktu kapanpun. Konten pendidikan yang imersif, mengaburkan batasan antara dunia nyata dan digital juga akan dikembangkan di sini. 

Hadirnya metaverse ini jadi bukti bahwa dunia teknologi semakin berkembang. Gak heran kalau banyak inovasi baru yang lahir untuk menggantikan kegiatan interaksi langsung. Semakin banyak juga aktivitas yang sudah beralih secara virtual.

Primeskills, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi Virtual Reality (VR) bisa jadi solusi buat kamu! 

PrimeSkills menyediakan layanan pembuatan Virtual Tour, Virtual Exhibition, dan VR Training yang cocok untuk kebutuhan bisnis atau organisasi kamu. Dengan memanfaatkan teknologi kayak gini. Kamu bisa membuat event maupun pelatihan kamu jadi lebih efektif dan efisien lho. 

Contohnya Virtual Tour kayak gini, bisa jadi solusi kalo pengen jalan-jalan saat pandemi.

Metaverse

Sumber Gambar : primeskills.id

Kamu bisa jalan-jalan ke Jerman tanpa perlu repot-repot terbang langsung ke sana lewat virtual Tour. Praktis, hemat waktu, tenaga, dan dana tapi sensasinya masih tetap terasa!

Nah kamu bisa lho membuat Virtual Tour yang canggih kayak gitu bareng sama Primeskills. Sebagai perusahaan teknologi di Indonesia yang memanfaatkan VR untuk karya-karyanya, Primeskills bisa mewujudkan setiap kebutuhan dan keinginan kamu. Kamu bisa langsung konsultasi lebih detail bersama Primeskills!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pakai Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik, Biar Kamu Semakin Produktif

Game & Teknologi

Front End Developer vs. Back End Developer, Apa Sih Bedanya?

Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Game & Teknologi

Gimana Sih Cara Membuat Channel Telegram?