GenK LIFE

Gampang Lupa? Coba Metode Meningkatkan Daya Ingat Ini!

metode-untuk-meningkatkan-daya-ingat

Lupa itu manusiawi, kok. Karena banyak faktor, mulai dari usia yang bertambah, kesibukan yang menumpuk, beban informasi yang terlalu berlebihan, tingginya tingkat kecemasan dan depresi hingga penyakit kronis yang mungkin diderita, seseorang jadi semakin sering lupa. Tapi bukan berarti kamu membiarkannya. Kamu harus mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan metode meningkatkan daya ingat.

1. Metode Chunking

Metode meningkatkan daya ingat Chunking

Sumber: ivyexec.com

Metode chunking melibatkan teknik pengelompokan item sesuai dengan pola dan pengaturan tertentu. Metode meningkatkan daya ingat ini biasa diaplikasikan ketika kamu menghafalkan nomor telepon. Sebagai contoh, nomor 081398820835, di mana kamu bisa mengelompokkannya ke dalam beberapa sub unit, yakni 081-398-820-835. Dengan cara ini menghafalkan nomor tersebut jadi bukan hal yang sulit dilakukan, bukan? So, kamu bisa menggunakan teknik ini untuk meningkatkan daya ingat biar nggak gampang lupa.

2. Metode Mnemonics

Metode meningkatkan daya ingat Mnemonics

Sumber: abc.net.au

Lebih populer dengan sebutan ‘jembatan kedelai’, metode ini memanfaatkan penggambaran atau pengelompokkan untuk setiap kata atau frasa yang ingin kamu hafalkan. Contoh paling mudah dalam metode ini adalah, mengambil huruf pertama untuk setiap kata dalam frasa yang mau dihafalkan. Setelah itu, membentuk kumpulan huruf pertama tersebut menjadi kata atau bisa juga kalimat baru. Teknik ini juga bisa sangat membantu kalau kamu akan menghafal tabel periodik.

Metode SQ3R

Metode SQ3R

Sumber: tecraze.com

Kalau kamu lagi cari cara menghafal cepat saat membaca, gunakan metode SQ3R. Metode ini sangat berguna untuk mengingat sejumlah informasi penting. Caranya dengan mengikuti langkah-langkah, survey (penelaahan pendahuluan), question (bertanya), read (membaca), recite (mengutarakan kembali) dan review (meninjau ulang). Dengan teknik SQ3R, kamu nggak perlu susah-susah menghafal isi buku atau apapun itu secara keseluruhan. Asalkan kamu mengikuti lima langkah di atas, dijamin kamu bisa menghafal semuanya.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya