GenK LIFE

Gampang Lupa? Coba Metode Meningkatkan Daya Ingat Ini!

metode-untuk-meningkatkan-daya-ingat

Lupa itu manusiawi, kok. Karena banyak faktor, mulai dari usia yang bertambah, kesibukan yang menumpuk, beban informasi yang terlalu berlebihan, tingginya tingkat kecemasan dan depresi hingga penyakit kronis yang mungkin diderita, seseorang jadi semakin sering lupa. Tapi bukan berarti kamu membiarkannya. Kamu harus mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan metode meningkatkan daya ingat.

1. Metode Chunking

Metode meningkatkan daya ingat Chunking

Sumber: ivyexec.com

Metode chunking melibatkan teknik pengelompokan item sesuai dengan pola dan pengaturan tertentu. Metode meningkatkan daya ingat ini biasa diaplikasikan ketika kamu menghafalkan nomor telepon. Sebagai contoh, nomor 081398820835, di mana kamu bisa mengelompokkannya ke dalam beberapa sub unit, yakni 081-398-820-835. Dengan cara ini menghafalkan nomor tersebut jadi bukan hal yang sulit dilakukan, bukan? So, kamu bisa menggunakan teknik ini untuk meningkatkan daya ingat biar nggak gampang lupa.

2. Metode Mnemonics

Metode meningkatkan daya ingat Mnemonics

Sumber: abc.net.au

Lebih populer dengan sebutan ‘jembatan kedelai’, metode ini memanfaatkan penggambaran atau pengelompokkan untuk setiap kata atau frasa yang ingin kamu hafalkan. Contoh paling mudah dalam metode ini adalah, mengambil huruf pertama untuk setiap kata dalam frasa yang mau dihafalkan. Setelah itu, membentuk kumpulan huruf pertama tersebut menjadi kata atau bisa juga kalimat baru. Teknik ini juga bisa sangat membantu kalau kamu akan menghafal tabel periodik.

Metode SQ3R

Metode SQ3R

Sumber: tecraze.com

Kalau kamu lagi cari cara menghafal cepat saat membaca, gunakan metode SQ3R. Metode ini sangat berguna untuk mengingat sejumlah informasi penting. Caranya dengan mengikuti langkah-langkah, survey (penelaahan pendahuluan), question (bertanya), read (membaca), recite (mengutarakan kembali) dan review (meninjau ulang). Dengan teknik SQ3R, kamu nggak perlu susah-susah menghafal isi buku atau apapun itu secara keseluruhan. Asalkan kamu mengikuti lima langkah di atas, dijamin kamu bisa menghafal semuanya.

4. Metode Asosiasi

Metode Asosiasi

Sumber: p2pfinancenews.co.uk

Untuk metode meningkatkan daya ingat yang satu ini kamu harus menghubungkan hal baru dengan sesuatu yang sudah atau pernah kamu ketahui sebelumnya. Dengan membuat hubungan seperti ini, kamu bisa mengingatnya lebih lama karena bisa membuat informasi yang kamu miliki jadi lebih bermakna. Metode ini bisa diterapkan ketika kamu membuat PIN. Biasanya orang akan mengaitkannya atau membuatnya sesuai hal atau kejadian penting dalam hidupnya, misal tanggal ulang tahun. Alih-alih membuat PIN dari kombinasi angka acak, teknik ini meminimalisir kemungkinan kamu melupakannya.

5. Metode Loci

Metode meningkatkan daya ingat Loci

Sumber: goalcast.com

Terakhir ada metode loci. Kamu bisa menerapkan metode meningkatkan daya ingat ini dengan mencatat secara berurutan semua tanda atau kata kunci yang bakal kamu ingat. Dengan teknik ini kamu akan lebih mudah menghafal dan juga memahami suatu materi yang panjang dan rumit. Misalnya, ketika kamu harus menghafal teks pidato yang panjangnya kebangetan. Nggak perlu ngapalin semuanya. Kamu hanya perlu menghafalkan susunan ide pidato dan kata kuncinya saja. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan metode ini untuk mengingat arah menuju suatu tempat, lho.

Kiat Meningkatkan Daya Ingat dengan Cara Alami

Kiat Meningkatkan Daya Ingat dengan Cara Alami

Sumber: plaidswan.com

Di samping memakai metode meningkatkan daya ingat, ada juga cara alami yang bisa kamu lakukan. Penasaran apa saja? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Meditasi

meditasi

Sumber: cdn-prod.medicalnewstoday.com

Udah banyak banget manfaat meditasi yang terbukti bisa meningkatkan kualitas hidup. Mulai dari bikin rileks dan tenang, mengurangi stres, rasa sakit, menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan daya ingat. Teknik relaksasi atau meditasi terbukti sangat efektif untuk meningkatkan memori jangka pendek pada orang-orang dari segala rentang usia.

2. Jaga Berat Badan Ideal

Jaga Berat Badan Ideal

Sumber: hips.hearstapps.com

Tubuh yang sehat nggak cuma memberikan dampak bagi fisikmu saja, lho, tapi juga sangat efektif menjaga pikiran tetap dalam kondisi terbaik. Menurut banyak penelitian, obesitas menjadi faktor penyebab menurunnya kemampuan kognitif secara signifikan. Oleh karena itu, metode meningkatkan daya ingat secara alami adalah dengan menjaga berat badanmu di angka ideal. 

3. Makan Cokelat Hitam

metode meningkatkan daya ingat dengan makan cokelat hitam

Sumber: cdn.shopify.com

Enggak cuma lezat, kakao juga kaya akan nutrisi. Kakao mengandung antioksidan yang disebut flavanoid yang penting banget buat kesehatan otak. Flavanoid membantu merangsang pertumbuhan pembuluh darah dan neuron dan meningkatkan aliran darah di otak yang erat kaitannya dengan kekuatan memori.

4. Kurangi Gula

Kurangi Gula untuk metode meningkatkan daya ingat

Sumber: liveloveraw.com

Terlalu banyak gula bisa berakibat buruk bagi kesehatan,lho. Ini karena gula bisa mendatangkan berbagai penyakit kronis, salah satunya adalah menurunnya fungsi kognitif. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi banyak gula bisa merusak daya ingat dan mengurangi volume otak. Hiii!

5. Tidur ‘Cantik’ yang Cukup

tidur cukup

Sumber: silentnight.co.uk

Kurang tidur ternyata berhubungan dengan menurunnya kekuatan daya ingat, lho. Tidur memegang peran yang sangat penting dalam kesehatan otak. Para pakar kesehatan menyarankan orang dewasa untuk tidur tujuh hingga sembilan jam kalau mau mendapatkan manfaat kesehatan secara optimal.

Gimana, nggak sulit kan, untuk menerapkan metode meningkatkan daya ingat? Kamu bisa coba salah satu atau beberapa metode yang sudah disebutkan tadi untuk mengasah ketajaman otak. Selain itu, terapkan cara natural dengan memilih gaya hidup sehat agar otak tetap bekerja dengan baik!

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan