Seni Rupa & Desain

Ciptakan Minimalist Web Design untuk Tampilan Lebih Berkelas

minimalist-web-design

Less is more adalah kunci minimalist web design yang harus banget diketahui newbie. Tapi ketika ngomongin desain minimalis, itu nggak cuma tentang mengurangi desain aja, lho. Dalam dunia web design, minimalis adalah tentang menciptakan seamless user experiences tanpa elemen desain asing yang mengganggu banget.

Minimalisme membuat situs web-mu terlihat berkelas, cerdas, modern hingga mampu mencapai more with less. Perlu kamu ketahui, minimalis nggak cuma berlaku untuk satu aspek dalam situs web-mu aja. Justru sebaliknya, maksimalkan apapun yang kamu miliki.

Berikut ini adalah tips minimalist web design yang wajib kamu praktekin kalo mau bikin desain minimalis yang sempurna. Let’s check this out!

Ini Hal Penting dalam Desain Web Minimalis

hal-penting-dalam-minimalist-web-design

Less is more adalah kunci website minimalis (Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

Desain web minimalis mengambil elemen desain pokok dan membangunnya di sekitar banyak ruang putih atau warna tunggal lainnya. Nah, dengan elemen-elemen ini, desainer menghilangkan lapisan dan lapisan penyebab ‘kekacauan’ demi terciptanya keseimbangan yang nggak cuma memanjakan mata, tapi juga menyampaikan pesan.

1. Negative Space

negative-spaces

Penggunaan negative spaces dalam website (Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

Penggunaan negative space adalah perbedaan besar antara desain yang sempurna dan luar biasa. Terkadang space digunakan sebagai background untuk elemen tata letak, atau mungkin emang sengaja dibuat untuk memandu perhatian audience ke pesan atau ajakan tindakan tertentu.

Ada banyak contoh beranda situs web yang mengandalkan elemen negative space, contohnya Google. Space juga membantu menyembangkan elemen lain dalam sebuah desain sehingga masing-masingnya terasa punya tempat yang tepat.

Contohnya, minimalist web desain ‘We Ain’t Plastic’ yang menggunakan banyak space dengan hanya meletakkan satu elemen di tengah. ‘Cuma’ sesederhana itu.

2. Visual

visual-web

Visual website stunning (Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

Elemen penting dalam minimalist web design selanjutnya adalah visual. Visual yang besar, berani dan kontras dapat membentuk panggung yang efektif. Visual di sini mencakup semua gambar, video, dan bahkan tipografi yang membangun kesan pertama pada situs kalian.

Semakin sederhana visual satu web, maka akan semakin terlihat menarik bagi pengguna. Faktanya, kesan pertama yang diciptakan oleh visual mendominasi usability, lho. Untuk situs web minimalis, visual orisinal yang mencolok dan berkualitas tinggi dapat mewujudkan itu. Visual unik menghidupkan desain situs web-mu. Bahkan meski cuma digunakan di background sebagai white atau negative space.

Baca Juga :   Biar Desain Web Makin Kece, Ikuti Tips Membuat Mock up Web Di Photoshop Ini
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?