GenK LIFE

Beberapa Mitos Finansial Yang Wajib Untuk Tidak Kamu Percayai!

Mitos Finansial

Masalah finansial tidak terlepas dari kebutuhan dan pendapatan setiap orang yang berbeda-beda. Saat ini belajar tentang finansial sudah bisa dimana saja, akan tetapi masih saja ada mitos mengenai finansial yang masih saja dipercaya oleh sebagian masyarakat. Kira-kira mitos apa saja yang beredar? Oleh karena itu mitos yang salah kaprah ini masih saja dipercaya padahal tidak berdasar dan tidak benar adanya. Berikut ini adalah beberapa mitos yang wajib untuk tidak kamu percayai!

Membayar Hutang dengan Jumlah yang Lebih Besar Dahulu

Sumber Gambar : asysyariah.com

Banyak sekali mitos yang beredar bahwa membayar hutang haruslah dengan nominal yang lebih besar dahulu. Padahal kenyataanya tidak, akan lebih baik jika membayar hutang yang kecil dahulu karena tidak harus menunggu dana sampai terkumpul banyak.

Dengan membayar hutang dengan sedikit demi sedikit tentunya akan lebih baik karena hutang-hutang kamu akan segera terlunasi dan tentunya tidak semakin memberatkan kamu. Apalagi hidup akan lebih bahagia tanpa hutang. 

Kartu Kredit itu Jahat

Sumber Gambar : cermati.com

Banyak mitos yang beredar bahwa kartu kredit itu jahat dan berbahaya. Lantas apakah benar demikian? Padahal belum tentu, namun memang ada beberapa orang yang menggunakan kartu kredit untuk berhutang.

Padahal jika digunakan dengan baik tentunya akan berguna untuk meminjam dana. Kredit Bank Syariah juga dapat dilakukan dengan meminjamkan dana dengan menggunakan sistem syariah. Nah, kalian bisa memilih sendiri bagaimana cara kalian membangun bisnis.

Jika digunakan sesuai aturan pastinya tidak akan membebani. Gunakan secara baik-baik ya!

Hanya Orang Kaya yang Mampu Berinvestasi

Sumber Gambar : kompas.com

Banyak sekali yang mengira bahwa orang kaya saja yang bisa berinvestasi, padahal nyatanya tidaklah demikian. Hal itu tidaklah benar, karena saat ini investasi dapat dilakukan oleh semua kalangan. Dengan dana kecil-kecilan kalian sudah bisa mulai berinvestasi loh!

Baca Juga :   Sering Merasa Kesepian? Mungkin Ini Penyebabnya!

Investasi bisa dimulai dari emas, saham, properti dan lain-lainnya. Kamu bisa belajar dan melakukan sedikit demi sedikit agar memperoleh hasilnya.

Beli Rumah Daripada Ngekost

Mitos Finansial

Sumber Gambar : citinews.id

Semua memang tergantung dari pribadi masing-masing, tapi segera membeli rumah daripada ngekost juga bukan suatu pilihan yang tepat. Misalnya kamu harus susah payah hutang karena mencicil rumah dengan gaji yang pas-pasan. Padahal ngontrak ataupun ngekost bukan suatu masalah karena kamu tidak akan disibukan dengan berbagai cicilan dan tagihan listrik.

Pada dasarnya keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Jika memang belum sanggup untuk beli rumah, mengontrak atau kost bisa jadi pilihan yang terbaik. 

Sudah Terlambat Berinvestasi Pada Usia 30-an

Mitos Finansial

Sumber Gambar : abisgajian.id

Investasi memang baik dimulai sejak umur 20-an, akan tetapi investasi pada usia 30-an bukan berarti sudah terlambat. Asalkan kamu memiliki niat yang kuat untuk melunasi semua investasi dan dana pensiun, maka belum terlambat untuk mengejar ketertinggalan itu semua.

Tapi pastikan dahulu urusan finansial bukan hal utama melainkan tubuh sehatlah investasi utama pada hari tua. Perlunya untuk melunasi hutang-hutang agar bisa fokus untuk berinvestasi. Saat ini berinvestasi sudah bisa dilakukan dengan berbagai hal, mulai dari dana yang kecil juga bukan masalah. Pastinya jika rajin dan rutin akan menuai hasilnya juga. 

Nah, dari beberapa mitos di atas, mana yang masih kamu percaya? Akan lebih baik jika kamu fokus pada target finansial dari pada mempercayai mitos yang tidak mendasar! So, tetap semangat untuk mengejar target finansial!

About author

Related posts
GenK LIFE

Atasi Stres Pakai Lingkaran Kendali Bernama Circle of Control

GenK LIFE

Menerapkan Danshari ala Orang Jepang untuk Hidup Lebih Bahagia

GenK LIFE

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menurunkan Berat Badan!

GenK LIFE

Gimana sih Cara Agar Bisa Menghentikan Kebiasaan Berhutang?

Leave a Reply

Your email address will not be published.