Arsitektur & Interior

Mix and Match Tropical dengan Desain Interior Skandinavia

Desain Interior Skandinavia

Seiring dengan perkembangan zaman, desain interior rumah yang diperlukan setiap rumah menjadi beragam. Jenis desain yang dapat menyesuaikan dengan karakteristik maupun kebutuhan penghuni rumah itu sendiri. Di masa kini, banyak orang yang lebih suka menggunakan desain dengan warna yang netral dan adanya pendekatan alam seperti desain interior skandinavia dan tropikal.


Sumber Gambar : pinterest.com

Tentunya masyarakat di era sekarang tidak lagi asing dengan kedua gaya ini. Sekilas kedua gaya interior ini terlihat mirip namun sebenarnya memiliki beberapa perbedaan yang mencolok yaitu gaya skandinavia menggunakan warna abu-abu, hitam, coklat muda dan tua, perabot yang simpel dan hiasan yang geometris sedangkan gaya tropikal menggunakan warna kalem dan warna pastel seperti merah, hijau, kuning, perabot dengan ukuran berbeda menyesuaikan rumah, dan hiasan berupa bunga atau lukisan abstrak.

Dengan perbedaan yang ada, kedua gaya ini dapat dikolaborasikan, loh! Ayo kita simak tips berikut untuk menciptakan scandinavian tropical home.

  1. Penggunaan Warna Netral dan Pastel


Sumber Gambar : pinterest.com

Warna netral dan pastel pastinya sudah tidak asing lagi dalam desain interior, karena warna netral dapat menjadi penghubung bagi setiap elemen dalam interior sedangkan warna pastel berperan penting dalam menciptakan ruangan yang sesuai dengan karakter seseorang. Agar dapat menyatu, kalian dapat menggunakan warna kalem seperti putih dan abu-abu pada dinding untuk ruangan yang terasa hangat sejuk, lapang, terang, luas, dan warna pastel seperti hijau, merah, dan kuning pada perabot untuk kesan yang elegan dan stylish pada ruangan.

      2. Gunakan Dekorasi yang Sederhana

Desain Interior Skandinavia


Sumber Gambar : pinterest.com

Dekorasi merupakan salah satu elemen yang penting dalam interior karena perannya dalam meningkatkan estetika dalam suatu ruangan. Dekorasi sederhana ala gaya skandinavia yang sederhana seperti lukisan garis atau lukisan gambar dengan warna yang kalem seperti abu-abu agar dapat menyatu dengan dinding yang telah diberi warna putih atau bisa juga menggunakan dekorasi ala gaya tropikal seperti penggunaan wallpaper tropikal pada salah satu sudut ruangan, dedaunan sintesis yang dapat dipasang pada dinding, dan lukisan pohon kelapa atau tanaman tropis lainnya.

Baca Juga :   Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Minimalis

       3. Tambahkan Tanaman Hijau

Desain Interior Skandinavia


Sumber Gambar : pinterest.com

Tanaman hijau dapat membawa kesan yang menyegarkan ala suasana tropikal dan filter udara pada ruangan sehingga sangatlah tepat kalau tanaman hijau ini diletakkan disudut-sudut ruangan seperti area tamu, ruang makan. Tanaman hijau yang tepat untuk rumah yaitu tanaman pakis, pohon palem kuning, Calathea Luthea, dan lain sebagainya.

       4. Gunakan Material Alami

Desain Interior Skandinavia

Sumber Gambar : pinterest.com

Agar dapat menyatu dengan alam, gunakanlah material alami seperti kayu dengan sifat yang ramping dan ringan untuk furnitur nakas dan kabinet, partisi, dan pintu, rotan untuk dekorasi lampu, furnitur meja dan kursi, bambu dengan sifatnya yang lentur dapat digunakan untuk membuat partisi, dekorasi ruang seperti cermin dinding, lampu gantung, dan rak untuk tanaman hias, batu alam yang dapat membantu menciptakan suasana ruang yang menyatu dengan alam seperti batu andesit dengan motifnya yang indah dan beragam dapat digunakan untuk interior. Khususnya pada area dinding dan juga untuk eksterior khususnya halaman belakang dan kolam.

Nah, gimana menurut kalian? Menarik bukan? Tips-tips diatas bisa kalian coba terapkan pada rumah kalian.  Tapi, jangan lupa ketika diterapkan menyesuaikan pada selera dan karakter diri kalian masing-masing. Semoga tips ini dapat membantu kalian untuk mempercantik ruangan dalam rumah kalian yaa

Penulis : Natasia Anggomez (Prodi Desain Interior, Universitas Kristen Petra)
Related posts
Arsitektur & Interior

6 Alasan Serat Daun Nanas Jadi Potensi Besar di Produk Interior Rumah Tinggal

Arsitektur & Interior

Tips Interior Rumah Kekinian Untuk Generasi Muda

Arsitektur & Interior

Neon Room Estetik, Suasana Kamar Instagramable dengan Neon Flex

Arsitektur & Interior

Intip 6 Desain dengan Gaya Eklektik yang Patut Dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.