Creativepreneur and Career

Yuk, Simak Bersama 5 Cara Monetisasi YouTube Shorts!

Monetisasi YouTube Shorts

Video berformat pendek sekarang ada di mana-mana. Dimulai dari TikTok, akhirnya diikuti oleh platform lainnya, termasuk YouTube. Kabr baiknya, video pendek ini juga bisa dimonetisasi, lho! Lalu bagaimana cara monetisasi YouTube Shorts? Kalau di TikTok ada Creator Partner Progream, Instagram punya cara monetisasi juga dengan opsi Subscriptions. Khusus untuk YouTube, ada YouTube Partner Program. Nah, temukan seputar info terkait monetisasi YouTube Shorts berikut ini. 

Siapa yang Bisa Monetisasi YouTube Shorts?

Untuk bisa monetisasi, kita harus berada di wilayah di mana tersedia YouTube Partner Program. Pastikan kita sudah tergabung di sana dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah dan akun AdSense. Setelah itu, kita baru bisa monetisasi Shorts kalau sudah sesuai dengan salah satu dari kedua syarat di bawah ini:

  • Punya 1000 subscriber dan 10 juta views untuk YouTube Shorts dalam 90 hari terakhir, atau
  • Punya 1000 subscriber dan 4000 jam durasi video valid untuk video yang berformat panjang. 

Selain itu, sudah pasti kita juga harus mengikuti peraturan yang ditentukan YouTube untuk mendapatkan penghasilan. 

Cara Monetisasi YouTube Shorts

Shorts Monetization Module adalah cara mendapatkan uang dari iklan dan dari Shorts Feed di akun YouTube Premium. Ada 6 cara untuk monetisasi video pendek di YoTube, yaitu:

1. Mendaftar di YouTube Studio

Sumber : streamyard.com

Yang pertama, kita harus bergabung di YouTube Partner Program. Kalau sudah diterima, maka kita harus menerima syarat dan ketentuannya. Kalau tidak menerima, maka tidak bisa menerima pendapatan. Berikut ini langkah mudahnya:

  • Masuk ke YouTube Studio
  • Di menu sebelah kiri klik ‘Earn’
  • Klik opsi ‘Get Started’ untuk setiap opsi modul
  • Terakhir, terima Base Terms dan Shorts Monetization Module. 

Kalau akun kita sudah menyetujui Shorts Monetization Module, maka akun kita sudah siap mendapatkan penghasilan dari YouTube Shorts. Meski begitu, pendapatannya sangat tergantung dari berapa kali konten kita ditonton. Tentu jumlahnya berbeda-beda di tiap akun. 

2. Kolaborasi dengan Brand

Nah, cara di atas adalah satu-satunya cara untuk menerima penghasilan dari YouTube Shorts dari YouTube. Tapi menunggu hingga akun kita dianggap layak terkadang butuh lama. Tenang, masih ada 4 cara lainnya yang bisa dilakukan untuk monetisasi. 

Yang pertama adalah kolaborasi dengan brand. Cara ini sebenarnya sama dengan yang dilakukan kreator di Instagram dan TikTok. Memang tidak semudah itu mendapatkan brand, biasanya hanya pengguna aktif yang kerap mengunggah konten akan mendapatkan tawaran dari brand. Jadi pendapatan YouTube Shorts kita dapatkan dari brand, bukan dari YouTube.

3. Manfaatkan Pengumpulan Dana

Monetisasi YouTube Shorts

Sumber : oaklawnhospital.org

Pengumpulan dana bukanlah hal baru dalam dunia kreator. Untuk mendukung konten kreator, follower atau audience setia mereka bisa mengirim semacam donasi lewat platform tertentu. Misalnya lewat Patreon, Fanhouse, atau Saweria. Jadi dana akan didapat sepenuhnya dari audience.

4. Marketing Afiliasi

Cara yang keempat ini hampir sama dengan cara kedua, bekerja sama dengan brand. Tapi marketing afiliasi lebih direct atau to the point. Di mana pemilik akun YouTube akan merekomendasikan produk atau servis tertentu ke audience. 

5. Berjualan

Di YouTube Shorts, pemilik akun juga bisa berjualan, baik itu produk fisik seperti merchandise atau produk digital seperti template, kursus, dan lain sebagainya. Jangan lupa sediakan link pembelian di kolom deskirpsi supaya audience bisa langsung mengakses produk.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Micro Moments, Apa Itu dan Tips Memanfaatkannya

Creativepreneur and Career

Yuk, Kenalan Dengan Jenis-Jenis Mobile Advertising

Creativepreneur and Career

4 Cara Merespons Review Online Yang Akan Bantu Kamu Tangani Komentar Pelanggan

Creativepreneur and Career

Pro dan Kontra Memiliki Brand Spokesperson