Seni Rupa & Desain

Ingin Jadi Desainer Handal Wajib Kenalan Dulu Sama Moodboard!

Moodboard

Bagi kamu yang ingin menggeluti dunia desain, penting untuk mengenali apa itu moodboard. Moodboard yang juga biasa disebut inspirational board sudah banyak digunakan oleh para desainer untuk menggambarkan ide-ide mereka. Inspirational board tidak hanya dipakai oleh para desainer busana tapi juga para pembuat desain lainnya. Beberapa pembuat desain yang biasa menggunakan inspirational board ini yaitu desainer interior, grafis, fotografer, dan pekerja seni lainnya. Lalu, apa sih manfaat dari menggunakan moodboard ini? Berikut adalah ulasan singkat yang bisa kamu simak.

1. Wadah Inspirasi

Moodboard Wadah inspirasi

Sumber: 99designs.com

Memiliki inspirational board berarti kamu memiliki wadah untuk menampung inspirasi desainmu. Kamu bisa menuangkan seluruh ide desain ke dalam inspirational board ini. Tuangkan sebanyak-banyaknya ide yang terlintas di kepala agar bisa dimatangkan lebih dalam dengan mengamatinya di papan ini. Apalagi desain bukan hal yang statis. Kamu tidak jarang akan dituntut untuk mengombinasikan satu ide dengan ide yang lain dalam satu desain saja.

2. Panduan Mendesain Agar Tidak Melenceng

Panduan desain Moodboard

Sumber: 99designs.com

Dari segala ide yang harus ada di dalam desainmu, inspirational board menjadi panduanmu selama memvisualisasikan ide. Dalam sebuah inspirational board, kamu bisa mem-break down semua hal yang nanti akan dicantumkan dalam desain. Beberapa diantaranya yaitu warna, gaya, inspirasi desain, dan beberapa konsep lain. Dengan adanya panduan ini, kamu tidak akan salah arah menentukan desain yang diinginkan.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?