20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
alat musik tradisional

Tahukah kamu alat musik tradisional Indonesia mana saja yang sudah mendunia? Dan apakah kamu tahu asal dari alat musik tersebut? Kalau penasaran, artikel ini cocok banget untuk kamu baca GenK!

Daerah-daerah di Indonesia dikenal akan keragaman budayanya, salah satunya alat musik. Tak disangka, GenK, bahwa kini ternyata alat musik khas dari daerah-daerah di Indonesia sudah dikenal hingga ranah internasional, loh. Penasaran? Berikut adalah daftar alat musik indonesia yang mendunia dan perlu kamu ketahui!

1. Angklung

Pastinya kamu sudah familiar dong dengan alat musik angklung kan, GenK? Beberapa dari kalian bahkan mungkin pernah memainkannya saat di bangku sekolah.

Nah, angklung sendiri merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Cara memainkannya pun tergolong sangat mudah, kamu cukup menggoyangkan bagian bawahnya untuk menghasilkan bunyi.

Alat musik satu ini terbuat dari bahan dasar bambu dan berukuran tidak besar, sehingga tidak memiliki bobot yang berat. Angklung sudah beberapa kali dipentaskan dan memukau para penonton musik di Perancis dan Amerika Serikat. Selain itu, angklung juga sudah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

2. Sasando

Sasando adalah alat musik yang berasal dari tanah Rote, yaitu di bagian Nusa Tenggara Timur (NTT). Alat musik tradisional ini terbuat dari daun rotan sehingga tidak memiliki bobot yang berlebihan.

Alat musik Sasando memiliki bentuk seperti harpa dan biasa dimainkan dengan cara dipetik, seperti layaknya kita memainkan alat musik gitar. Alat musik khas tanah Rote ini berhasil dikenal dunia semenjak adanya konser WOW di tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia.

Baca Juga   Cara dan Tips Membuat Musikalisasi Puisi Sederhana

3. Kolintang

alat musik tradisional 1

Kolintang (Sumber: wacana.co)

Siapa dari kamu yang berasal dari Sulawesi Selatan, GenK? Yap, Kolintang adalah alat musik yang berasal dari Sulawesi Selatan. Bentuknya menyerupai barisan gong kecil yang disusun secara mendatar. Alat musik tradisional Kolintang dimainkan dengan diiringi oleh drum dan juga gong. Alat musik satu ini sudah cukup lama dimainkan di negara-negara Melayu, seperti Filipina dan juga Malaysia.

4. Gamelan

Kalian tidak asing lagi dong, GenK, dengan Gamelan? Alat musik satu ini sering dijumpai di berbagai tempat dan acara, seperti restoran khas Jawa, pernikahan adat Jawa, dan acara-acara tradisional lainnya.

Gamelan merupakan alat musik yang berasal dari tanah Jawa. Cara memainkannya mudah, hanya cukup menggebuknya saja selayaknya drum, namun tanpa menggunakan bantuan stik. Nyatanya, Gamelan sudah menjadi salah satu kurikulum di beberapa sekolah di negara Amerika Serikat dan juga New Zealand. Hebat bukan?

5. Kecapi

Alat musik tradisional 2

Kecapi (Sumber: indonesian.alibaba.com)

Nah, selanjutnya adalah Kecapi. Alat musik ini merupakan alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat dan Sulawesi Barat. Cara memainkannya mudah, kamu cukup memetiknya agar mengeluarkan bunyi kordofon.

Baca Juga   5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

Alat musik Indonesia ini biasanya digunakan untuk mengiringi berbagai acara atau peringatan yang digelar di daerah asalnya.

6. Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional Indonesia yang mendunia dan berasal dari Maluku dan Papua. Bentuknya menyerupai tube atau tabung. Cara memainkannya sama seperti Kendang dan Gendang, yaitu dengan cara dipukul.

Selain itu, yang menjadi ciri khas dari alat musik Indonesia satu ini adalah terdapatnya ukiran-ukiran khas Maluku dan Papua. Tifa sendiri mulai dikenal oleh masyarakat dunia berkat tingginya angka kedatangan turis ke daerah Maluku dan Papua. Mereka membawa alat musik Tifa sebagai oleh-oleh waktu pulang ke negaranya, GenK!

7. Kendang

Namanya memang mirip dengan alat musik Gendang, cara memainkannya pun sama-sama dipukul. Namun, alat musik Kendang memiliki ukuran yang lebih kecil.

Beberapa mengatakan bahwa Kendang adalah alat musik yang berasal dari masyarakat Sunda, namun ada juga yang mengatakan bahwa berasal dari daerah Jawa Timur.

Alat musik satu ini biasa digunakan untuk mengiringi berbagai acara, seperti tarian-tarian tradisional, musik Jazz, dan juga kontemporer. Banyak dari musisi asing yang menggunakan Kendang sebagai alat musik pengiring.

8. Aramba

Siapa dari kalian yang berasal dari Sumatera? Nah, Aramba adalah alat musik yang berasal dari Pulau Nias. Cara memainkannya mudah, cukup dengan cara dipukul dengan alat pukulnya sendiri.

Sebenarnya Aramba juga memiliki kemiripan dengan alat musik Gong yang berasal dari Pulau Jawa.

9. Saluang

Alat musik tradisional 4

Saluang (Sumber: kamerabudaya.com)

Saluang mirip dengan sebutan alat musik suling karena cara memainkannya pun sama, yaitu dengan cara ditiup. Namun, Saluang berbeda dengan Suling karena hanya memiliki empat lubang yang digunakan untuk menghasilkan bunyi yang berbeda-beda. Makanya cara memainkannya pun juga lebih sederhana dibandingkan Suling.

Alat musik Saluang berasal dari Sumatera Barat. Konon katanya setiap pemain alat musik Saluang memiliki mantra tersendiri yang dapat menghipnotis penontonnya. Penasaran? Coba deh nonton acara musik tradisional yang dimainkan dengan Saluang!

Baca Juga   5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

10. Gong

Dilihat dari ukurannya, Gong merupakan alat musik yang cukup besar. Gong berasal dari Jawa Barat dan cara memainkannya dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus yang menghasilkan bunyi suara membranofon.

11. Gambus

Daerah Riau memiliki alat musik khas yang bernama Gambus. Alat ini identik dengan adat Melayu dan juga kental dengan budaya Arab. Cara memainkan alat musik Gambus yaitu dengan cara dipetik.

12. Gendang

Nah, Gendang adalah alat musik Indonesia yang memiliki beberapa varian, contohnya alat musik Gendang asal  Yogyakarta. Alat musik ini tentunya memiliki perbedaan dengan Gendang asal Banten atau Melayu. Gendang dimainkan dengan cara dipukul.

13. Panting

Alat musik tradisional 3

Panting (Sumber: wacana.co)

Jika kamu mencari alat musik Indonesia asal Kalimantan Selatan, Panting adalah jawabannya, GenK! Alat musik ini merupakan ciri khas adat Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Cara dimainkannya adalah dengan dipetik pada bagian senar.

14. Bonang

Salah satu alat musik Indonesia yang mendunia adalah Bonang, berasal dari daerah Jawa Timur. Untuk menghasilkan bunyi pada Bonang, kamu cukup memainkannya dengan cara dipukul. Pada dasarnya, Bonang digunakan pada setiap acara-acara besar adat Jawa.

15. Rebab

Saat melihat bentuk dari Rebab, kamu pasti sadar akan perbedaannya dengan alat musik Indonesia lainnya. Alat musik ini menyerupai bentuk busur panah. Rebab adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat dan dimainkan dengan cara digesek menyerupai biola.

16. Gendang Melayu

Selanjutnya adalah Gendang Melayu. Alat musik ini berasal dari daerah Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki adat Melayu kental. Untuk memainkan alat musik satu ini cukup dengan cara dipukul. Nah, Gendang Melayu ini juga merupakan alat musik penting yang digunakan dalam musik marawis.

Baca Juga   Rich Brian dan Niki: Gelombang Go International Selanjutnya

17. Tebangan

Menyerupai alat musik Rebana, Tebangan memiliki cara memainkan yang sama dengan Rebana yaitu dengan cara dipukul. Merupakan alat musik tradisional asal Sumatera Selatan, terutama daerah-daerah yang memiliki pengaruh budaya adat Melayu.

18. Genggong

Sama-sama dari Sumatera Selatan, Genggong berbeda cara memainkannya. Alat musik satu ini dimainkan dengan cara ditiup yang menyerupai alat musik harmonika.

19. Kompang

Alat musik tradisional 5

Kompang (Sumber: usleducation.com)

Dimainkan dengan cara dipukul, Kompang terbuat dari kulit kambing. Berasal dari daerah Lampung yang biasa digunakan untuk mengiringi berbagai acara-acara adat Lampung.

20. Jengglong

Jika dilihat sekilas, Jengglong memang sangat mirip dengan alat musik Gong. Hanya saja Jengglong memiliki ukuran yang lebih kecil. Cara memainkan alat musik asal Jawa Barat ini dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus.


Nah, sudah tau kan apa saja alat musik tradisional Indonesia yang terkenal di mancanegara? Jika ada waktu, kamu bisa coba menonton dan menghadiri pertunjukan musik daerah untuk lebih mengenal lagi jenis alat musik kita yang kaya!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Musik

Tips dan Trik Belajar Teknik Vokal Ampuh, Bikin Suaramu Jadi Merdu

Musik

Mau Belajar Menyanyi? Kenali Dulu Berbagai Jenis Suara Di Sini

Musik

4 Manfaat Musik, Dari Bikin Semangat sampai Membantu Diet

Musik

Mengenal Apa Itu Mixtape, Anak Musik Wajib Tahu!

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik PC Terbaik

Musik

5 Rekomendasi Aplikasi DJ untuk HP Android dan iPhone

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik di PC yang Patut Dicoba

Musik

Mengenal Autotune, yang Bikin Suara Jadi Merdu dalam Sekejap

Musik

Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

Musik

Yuk Kenali Tren 8D Audio Beserta Cara Membuatnya!

Musik

Yuk Cari Tahu Apa Sih Perbedaan Mono dan Stereo!

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi Edit Audio PC

Musik

Rekomendasi Earphone Terbaik Biar Dengerin Musik Makin Asyik

Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

Musik

Main Piano di mana Saja dengan Piano Roll

Musik

Belajar Buat Lagu Sendiri Yuk!

Musik

Serunya Bermusik lewat Music Box Hole Punch

Musik

Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Musik

5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

Musik

5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

            Artikel Selanjutnya