leadersingle

20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Dibaca Normal: 5 menit aja
alat musik tradisional

Tahukah kamu alat musik tradisional Indonesia mana saja yang sudah mendunia? Dan apakah kamu tahu asal dari alat musik tersebut? Kalau penasaran, artikel ini cocok banget untuk kamu baca GenK.

Daerah-daerah di Indonesia dikenal akan keragaman budayanya, salah satunya alat musik. Tak disangka, GenK, bahwa kini ternyata alat musik khas dari daerah-daerah di Indonesia sudah dikenal hingga ranah internasional, loh. Penasaran? Berikut adalah daftar alat musik indonesia yang mendunia dan perlu kamu ketahui. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

1. Angklung

Pastinya kamu sudah familiar dong dengan alat musik angklung kan, GenK? Beberapa dari kalian bahkan mungkin pernah memainkannya saat di bangku sekolah.

Nah, angklung sendiri merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Cara memainkannya pun tergolong sangat mudah, kamu cukup menggoyangkan bagian bawahnya untuk menghasilkan bunyi. 🎶

Alat musik satu ini terbuat dari bahan dasar bambu dan berukuran tidak besar, sehingga tidak memiliki bobot yang berat. Angklung sudah beberapa kali dipentaskan dan memukau para penonton musik di Prancis dan Amerika Serikat. Selain itu, angklung juga sudah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

2. Sasando

Sasando adalah alat musik yang berasal dari tanah Rote, yaitu di bagian Nusa Tenggara Timur (NTT). Alat musik tradisional ini terbuat dari daun rotan sehingga tidak memiliki bobot yang berlebihan.

Alat musik sasando memiliki bentuk seperti harpa dan biasa dimainkan dengan cara dipetik, seperti layaknya kita memainkan alat musik gitar. Alat musik khas tanah Rote ini berhasil dikenal dunia semenjak adanya konser WOW di tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia.

Baca Juga
Cara dan Tips Membuat Musikalisasi Puisi Keren

3. Kolintang

alat musik tradisional 1

Kolintang (sumber: wacana.co)

Siapa dari kamu yang berasal dari Sulawesi Selatan, GenK? Yap, kolintang adalah alat musik yang berasal dari Sulawesi Selatan. Bentuknya menyerupai barisan gong kecil yang disusun secara mendatar. Alat musik tradisional kolintang dimainkan dengan diiringi oleh drum dan juga gong. 

Alat musik satu ini sudah cukup lama dimainkan di negara-negara Melayu, seperti Filipina dan juga Malaysia.

4. Gamelan

Kalian tidak asing lagi dong, GenK, dengan gamelan? Alat musik satu ini sering dijumpai di berbagai tempat dan acara, seperti restoran khas Jawa, pernikahan adat Jawa, dan acara-acara tradisional lainnya.

Gamelan merupakan alat musik yang berasal dari tanah Jawa. Cara memainkannya mudah, hanya cukup menggebuknya saja selayaknya drum, namun tanpa menggunakan bantuan stik. Nyatanya, gamelan sudah menjadi salah satu kurikulum di beberapa sekolah di negara Amerika Serikat dan juga New Zealand. Hebat bukan? 😎

5. Kecapi

Alat musik tradisional 2

Kecapi (sumber: indonesian.alibaba.com)

Nah, selanjutnya adalah kecapi. Alat musik ini merupakan alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat dan Sulawesi Barat. Cara memainkannya mudah, kamu cukup memetiknya agar mengeluarkan bunyi kordofon.

Baca Juga
5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

Alat musik Indonesia ini biasanya digunakan untuk mengiringi berbagai acara atau peringatan yang digelar di daerah asalnya.

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

4 Aplikasi Edit Audio PC

Musik

Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

Musik

Tips dan Trik Belajar Teknik Vokal Ampuh, Bikin Suaramu Jadi Merdu

Musik

5 Rekomendasi Aplikasi DJ untuk HP Android dan iPhone

Musik

Rekomendasi Earphone Terbaik Biar Dengerin Musik Makin Asyik

Musik

5 Festival Musik Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>
firmmobile