5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

Dibaca Normal: 6 menit aja
5-alat-musik-unik

Memang terdengar aneh, tapi makanan sekalipun bisa dijadikan alat musik loh ternyata! Ada 5 jenis alat musik unik yang akan kita bahas di sini. Yuk simak!

Alat musik merupakan instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk menghasilkan musik atau memproduksi suara dengan cara tertentu. Kamu mungkin sudah sering menemukan alat musik seperti piano, gitar, drum, dan bass. Tapi apa kamu pernah melihat alat musik berupa benda-benda yang tidak terduga, seperti makanan misalnya?

Simak daftar alat musik unik berikut ya, siapa tahu bisa kamu mainkan sendiri di rumah, GenK!

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

1. Sayur-sayuran

     Sumber: philharmonie.lu

Apabila kamu menggunakan sayur-mayur untuk diolah jadi bahan makanan, lain halnya dengan yang dilakukan oleh grup orkestra ini. Vienna Vegetable Orchestra adalah grup musik asal Austria yang menggunakan berbagai jenis sayuran untuk dijadikan alat musik.

Di dalamnya terdiri dari 10 orang musisi, 1 juru masak, dan 1 teknisi suara. Grup musik yang terbentuk sejak Februari 1998 ini sudah melakukan tur ke banyak negara di dunia. Mereka juga pernah menyelenggarakan konser untuk perayaan ulang tahun ke-100 San Miguel Market di Madrid.

Vienna Vegetable Orchestra berhasil menciptakan musik yang unik. Alat musik yang digunakan saat pentas merupakan hasil buatan para anggota grup. Semua alat musik memang sengaja dibuat dengan sayuran. Hingga saat ini sudah lebih dari 20 jenis alat musik yang mereka berhasil ciptakan. Dalam satu kali pementasan, mereka membutuhkan sekitar 70 kg sayuran segar.

Beberapa contoh alat musik karya mereka adalah suling yang dibuat dari wortel, bass dari labu, biola dari daun bawang, dan terompet dari paprika. Wah itu kan sayur-sayuran yang biasa kamu makan, GenK! Namun di tangan mereka, sayur-sayuran itu berhasil disulap menjadi jenis alat musik yang unik.

Melalui grup musik ini, para anggotanya ingin membuktikan kepada orang bahwa sangat mungkin untuk membuat musik dengan bahan sayur-sayuran. Itulah kreativitas, GenK, hal yang tidak pernah terpikirkan pun bisa menjadi ide yang bernilai.

 Sumber: china.org.cn

Selain Vienna Vegetable Orchestra, ada pula yang berhasil menciptakan alat musik dari sayur-sayuran loh. Mereka adalah Nan Weidong dan Nan Weiping. Dua bersaudara ini memang hidup dikelilingi dengan sayur-sayuran dari pertanian di Cina. Inspirasi musik mereka berasal dari ayahnya yang bekerja sebagai guru musik. Pada tahun 2010, mereka berhasil menggabungkan dua elemen ini, yaitu sayur dan musik.

Uniknya, GenK, mereka menemukan bahwa setiap sayuran memiliki skala yang berbeda. Itu pula yang menyebabkan suara yang dihasilkan dari setiap jenis sayuran berlainan. Selain itu, mereka juga memilih sayur-sayuran yang masih segar. Di dalam sayuran segar ternyata lebih banyak mengandung air. Semakin banyak air yang terkandung di dalam sayuran, maka semakin bagus pula suara yang dihasilkan. Beberapa alat musik yang sudah berhasil mereka ciptakan adalah Okarina dari kentang, Drum dari labu. 😱

Selain membuat alat musik, mereka juga mahir dalam memainkannya. Sekarang mereka menjadi spesialis pembuat dan pemain alat musik dari sayuran. Karena bakat mereka yang unik, mereka berhasil memenangkan sekitar 77 juta rupiah dari ajang pencarian bakat China’s Got Talent.

Baca Juga
4 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik PC Terbaik

2. Kalkulator

                  Sumber: youtube.com/It’s a small world

Kalkulator adalah alat untuk menghitung, mulai dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, hingga perhitungan rumit seperti sains. Saat ini kalkulator menjadi aplikasi yang wajib ada di gadget kamu, seperti komputer, ponsel, dan jam tangan.

Namun apa jadinya kalau kalkulator yang fungsi dasarnya untuk menghitung beralih fungsi jadi alat musik? 🤔

Mungkin kamu sudah pernah melihat unggahan seorang YouTuber yang memainkan musik menggunakan kalkulator. Sekilas kalkulator yang digunakan memiliki bentuk yang sama dengan kalkulator biasa. Namun ternyata jenis kalkulator yang digunakan adalah kalkulator yang memiliki nada pada tombolnya. Nada inilah yang kemudian menjadi alunan lagu. Kreatif banget kan, GenK?

Kalau mau menonton YouTuber yang memainkan kalkulator sebagai alat musik unik, kamu bisa mengunjungi channel YouTube Big Marvel dan It’s A Small World. Big Marvel sudah mengunggah beberapa video dengan konten kalkulator sebagai alat musik. Salah satunya adalah saat ia memainkan lagu Havana dari Camila Cabello dengan kalkulator. Hingga saat ini sudah tembus lebih dari 27 juta viewers!

Sumber: youtube.com/It’s a small world

Sementara itu, channel YouTube It’s A Small World juga sudah mengunggah beberapa video dengan konten kalkulator sebagai alat musik. Salah satu videonya adalah saat ia memainkan lagu Shape of You dari Ed Sheeran dengan kalkulator. Video ini sudah tembus hampir 6 juta viewers, GenK!

Tak hanya 1 kalkulator, tetapi mereka bisa memainkan 3 kalkulator sekaligus. Bahkan di channel YouTube It’s A Small World, dia pernah mengunggah video dirinya yang memainkan 5 kalkulator sekaligus! Ia menekan setiap tombol kalkulator bagaikan tuts piano. Suara yang dihasilkan juga semakin bagus dan tentunya membuat kamu betah untuk mendengar alunan musik yang dimainkan.

Baca Juga
Yuk Kenali Tren 8D Audio Beserta Cara Membuatnya!

3. Ayam Mainan

Sumber: youtube.com/Big Marvel

Masih dari konten YouTube Big Marvel. Selain kalkulator, ia memiliki ide kreatif untuk memainkan musik dari suara yang dihasilkan oleh ayam mainan. Suara ayam mainan yang cempreng dan super lucu akan membuat kamu tertawa saat mendengarnya. Walau begitu, ide kreatif ini patut diacungi jempol, GenK! Ide yang out of the box seperti inilah yang berhasil membuat karyanya tampil beda dan berciri khas.

Big Marvel pernah mengunggah beberapa video dengan konten ayam mainan sebagai alat musik. Salah satunya video Big Marvel yang berjudul Camila Cabello – Havana Chicken Cover. Di situ ia memainkan lagu Havana dari Camila Cabello menggunakan suara ayam mainan. Kreatif dan lucu banget ya, GenK!

Bukan hanya itu, Big Marvel juga membuat konten dengan segmen Try Not To Laugh Challenge. Di video itu, ia sedang memainkan ayam mainannya di hadapan temannya yang sedang bernyanyi. Tantangannya adalah mereka tidak boleh tertawa.

Ayo apakah kamu bisa menahan tawa saat menonton videonya, GenK? 🤭

Baca Juga
20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

4. Piano Pisang

Sumber: youtube.com/Pagi Pagi NET

Siapa yang tak tahu pisang? Buah yang terkenal dengan warna kuningnya ini ternyata bisa digunakan untuk memainkan musik loh.

Buah pisang yang mengandung air dapat menghantarkan listrik dengan baik. Dengan menggunakan alligator clip, listrik dihantarkan melalui kabel yang disambung ke sirkuit. Sirkuit ini yang akan mengeluarkan listrik. Lalu dari sirkuit ada kabel lagi yang disambung ke pisang. Semua kabel yang saling tersambung ini kemudian disambungkan ke laptop untuk pengaturan suara. Jika berhasil, kamu langsung bisa memainkan pisang sebagai tuts piano. 

Percobaan piano pisang ini pernah dilakukan dalam acara Pagi Pagi di NET TV. Dengan penjelasan video yang simpel, kamu bisa ikut mempraktikkan di rumah. Bisa menghasilkan tangga nada dengan sebuah pisang dan sirkuit listrik adalah ide cemerlang. Jenis alat musik ini benar-benar kreatif dan unik ya, GenK.

Baca Juga
Music Box Hole Punch, Serunya Membuat Musik dari Bolongan Kertas

5. Balon

Sumber: youtube.com/Andrew Huang

Kalau dalam beberapa waktu yang lalu balon sempat viral digunakan untuk alat make-up, ternyata balon juga bisa digunakan sebagai alat musik, GenK. Pada 9 September 2014, seorang YouTuber dengan channel bernama Andrew Huang merilis sebuah video yang super kreatif. Ia mengunggah video dirinya yang sedang memainkan balon sebagai alat musik.

Wah gimana caranya balon bisa jadi alat musik? 🧐

Andrew berhasil bereksperimen dengan media balon yang menghasilkan alunan musik. Ada yang dengan cara tiup, gesek, dan juga tepuk, semua sesuai dengan suara yang ingin dihasilkan. Ia membagi suara jadi beberapa jenis, seperti suara Bass, Drum, Shaker, dan Pad. Selain itu ia juga membuat efek suara yang masih dari media balon juga, seperti bunyi kick dan sweep

Karya jenis alat musik unik ini dikemas dengan video editing yang keren. Sehingga kamu akan tertarik untuk terus menontonnya. Bila kamu penasaran, kamu bisa langsung bisa mampir ke video Andrew Huang berjudul 99 Red Balloons – Played With Red Balloons | Andrew Huang di channel YouTube miliknya.


Itu dia 5 jenis alat musik unik yang ternyata bisa digunakan untuk bermusik. Kamu bisa langsung mempraktikkannya di rumah. Pilih media yang akan kamu gunakan untuk jadi alat musik, lalu ciptakan musikmu sendiri. Cari referensi sebanyak-amu ya, GenK.  Selamat mencoba di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

6 Lagu Glenn Fredly yang Sering Temani Kamu Saat Jatuh Cinta Hingga Galau

Musik

Rekomendasi Earphone Terbaik Biar Dengerin Musik Makin Asyik

Musik

5 Rekomendasi Musisi Korea Selatan di Luar Kpop

Musik

K-Pop vs J-Pop : Kamu Termasuk Penggemar Musik yang Mana?

Musik

Yuk Cari Tahu Apa Sih Perbedaan Mono dan Stereo!

Musik

Hobi Cover Lagu, Pahami Dulu Pelanggaran Hak Cipta Biar Tak Terseret Masalah!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>