Yuk Kenali Tren 8D Audio Beserta Cara Membuatnya!

Dibaca Normal: 4 menit aja
8d audio

Konser musik memang punya euforianya sendiri, tapi bagaimana jadinya kalau kamu merasakan hype-nya saat berada di kamar? Semuanya bisa kamu dapatkan lewat 8D audio. Mari simak penjelasan lengkapnya di sini!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan musik 3D. Mendengar musik layaknya sedang berada di konser memang bikin nagih. Hal ini berlaku terutama buat kamu yang suka pergi menonton konser atau sekadar mendengar lagu yang dinyanyikan secara liveMau dengar lagu western versi 3D? ada. Lagu K-Pop? juga ada dong.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

3D audio menawarkan konsep yang unik. Rasanya kamu sedang berdiri di tengah aula dengan speaker yang ada di setiap sudut ruangan. Maraknya musik 3D di internet membuat jenis musik lainnya ikut menjamur, salah satunya adalah 8D. Bagi kamu yang penasaran soal 8D audio, kami punya penjelasan singkatnya nih. Yuk disimak!

Apa itu 8D Audio?

8D Audio 1

Ilustrasi pengaturan audio (sumber: pexels.com)

Bukan cuma 3D, sekarang ada musik 8D, 12D, 16D, bahkan sampai 24D. Sekarang sedang marak video YouTube yang mengunggah lagu-lagu dalam format 8D. Dengan fromat ini, kamu akan merasakan sensasi tergelitik di kepala. Hal ini terjadi karena musik yang kamu dengar seakan-akan berputar mengelilingi kepalamu. Jadi pusing dong?

Alih-alih pusing, jenis musik seperti ini malah banyak banget penggemarnya, lho. Kalau kamu perhatikan, jumlah views pada unggahan video 8D bisa sampai puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan jutaan views

Banyak banget! Salah satunya adalah lagu Thank U, Next dari Ariana Grande yang diunggah oleh 8D TUNES. Kini sudah ditonton lebih dari 4 juta views loh

Terus apa dong yang membedakan 8D dengan 3D? Yap, keduanya sama-sama membuat lagu yang sudah ada dan diubah menjadi berdimensi. Bedanya, hasil musik 8D lebih menggelitik, karena ada sensasi berputar-putar di kepala. 8D audio adalah sebutan yang dibuat untuk membuat tren baru. Padahal teknik yang digunakan sama saja dengan 3D.

Baca Juga
4 Aplikasi Edit Audio PC

Surround Sound, Dasar dari 8D

Mungkin sebutan yang lebih tepat digunakan untuk teknik 8D adalah surround sound yang dapat kamu rasakan saat pergi menonton film di bioskop. Suara yang terdengar seakan-akan nyata deh.

Surround sound adalah teknik yang umumnya digunakan saat pemutaran suara di bioskop. Berasal dari sumber audio dengan beberapa kanal audio tambahan yang berasal dari speaker (multiple audio channels).

8D Audio 2

Denah surround sound (sumber: en.wikipedia.org)

Teknik seperti ini kemudian disederhanakan menjadi sesuatu yang lebih simpel. Siapa pun bisa membuat karya surround sound hanya dengan aplikasi edit audio yang bisa kamu install di PC atau laptop.

Sebelum membuat musik 8D, ada baiknya kamu pahami terlebih dulu apa perbedaan mono dan stereo. Yang membedakannya adalah jumlah saluran audionya. Mono menggunakan jenis saluran tunggal, sedangkan stereo menggunakan dua atau lebih saluran audio. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

7 Lagu Ini Populer Dijadikan Challenge Tik Tok, Loh! Pernah Coba?

Musik

Ciptakan Nada Lagu yang Indah dari Alat Musik Melodis, Mana Favoritmu?

Musik

6 Lagu Ramadhan yang Tak Boleh Terlewat di Playlist

Musik

Hobi Cover Lagu, Pahami Dulu Pelanggaran Hak Cipta Biar Tak Terseret Masalah!

Musik

6 Lagu Glenn Fredly yang Sering Temani Kamu Saat Jatuh Cinta Hingga Galau

Musik

Yuk Cari Tahu Apa Sih Perbedaan Mono dan Stereo!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>