Ciptakan Nada Lagu yang Indah dari Alat Musik Melodis, Mana Favoritmu?

Dibaca Normal: 4 menit aja
alat musik melodis

Kamu yang suka bernyanyi atau bermain alat musik pasti entah apapun genre musik yang kamu mainkan, tentu memiliki setidaknya satu alat musik melodis di rumah.  Akan tetapi, apa sih sebenarnya alat musik melodis itu? Alat musik melodis yaitu alat musik yang bisa menghasilkan beberapa hingga tangga nada dengan lengkap. Gitar dan piano adalah dua contoh dari alat musik melodis yang akrab dengan anak-anak hingga orang dewasa.  Kebanyakan alat musik melodis dimainkan dengan cara dipetik, ditiup, digoyang, digesek, dan ditekan.

Slider
Slider
Slider

Fungsi Alat Musik Melodis

biola alat musik ritmis

Sumber: pexels.com

Fungsi dari alat musik melodis tidak lain yaitu untuk menghasilkan bunyi yang sesuatu dengan tangga nada. Kamu tentu sudah mengenal tangga nada Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do, bukan? Tangga nada yang biasa digunakan dalam sebuah lagu ini bisa kamu dapatkan dari alat musik atau instrumen melodis. Sebagian instrumen melodis bisa menghasilkan seluruh rangkaian tangga nada secara lengkap. Sebagian lainnya hanya bisa menghasilkan satu atau beberapa tangga nada tertentu seperti angklung. Meski demikian, angklung tetap bisa menghasilkan tangga nada secara lengkap jika disatukan dengan angklung yang bisa menghasilkan nada berlainan.

Contoh Alat Musik Melodis

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Alat musik melodis cukup banyak jenisnya. Secara umum, banyak yang mengategorikannya sesuai dengan cara alat musik tersebut menghasilkan suara. Berikut ini adalah beberapa contoh alat musik melodis yang biasa dimainkan.

1. Piano

piano melodis

Sumber: pexels.com

Alat musik piano memiliki 88 tuts sehingga cukup lengkap untuk menghasilkan nada dan membantumu dalam proses pembuatan musik. Tidak heran jika piano sering digunakan untuk hampir semua jenis musik yang ada. Piano juga populer di kalangan masyarakat dan banyak yang memilikinya di rumah. Kamu juga bisa menghasilkan musik atau sekadar bernyanyi hanya dengan diiringi piano.

2. Harmonika

alat musik harmonika

Sumber: pexels.com

Harmonika menjadi alat musik yang ukurannya sangat sederhana bahkan bisa dikantongi. Dimensi panjangnya sekitar 20 cm serta lebar dan tingginya tidak sampai setengahnya. Cara memainkannya yaitu dengan dihisap dan ditiup. Ada 10 lubang yang bisa dimainkan untuk menghasilkan nada-nada yang indah.

Baca Juga
Hobi Cover Lagu, Pahami Dulu Pelanggaran Hak Cipta Biar Tak Terseret Masalah!

3. Seruling

seruling

Sumber: pexels.com

Seruling jadi alat musik tiup yang cukup populer karena sudah banyak dikenalkan pada anak-anak sejak masih sekolah. Instrumen ini memiliki lubang-lubang kecil yang bisa dibuka tutup untuk menghasilkan nada. Untuk memainkan seruling, ada not seruling yang bisa dijadikan pedoman.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Musik

Manfaat Mendengarkan White Noise untuk Kesehatan Jiwa dan Pikiran

Musik

Membongkar Rahasia Album BTS yang Berhasil Terjual Jutaan Kopi

Musik

7 Aplikasi Untuk Membuat Lagu Biar Karyamu Terkenal

Musik

Ikut Bangga Nih, Deretan Lagu Indonesia yang Dicover Musisi Luar Negeri!

Musik

Mengenal Macam-Macam Genre Musik Paling Populer

Musik

Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link