Mengenal Apa Itu Mixtape, Anak Musik Wajib Tahu!

Dibaca Normal: 3 menit aja
apa itu mixtape

Seperti yang sudah diketahui, saat ini banyak musisi yang memilih untuk merilis mixtape untuk menyapa penggemar. Mixtape adalah kompilasi lagu yang sering direkomendasikan pada suatu aplikasi dengar musik online. Tapi apakah kamu tahu apa itu mixtape? Supaya gak salah paham, ada baiknya kamu mencari tahu pengertian mixtape yang sebenarnya. Di sini kami akan membahas pengertian mixtape serta perbedaannya dengan playlist dan album.

Slider
Slider
Slider

Apa Itu Mixtape?

Menurut Wikipedia, mixtape adalah kompilasi musik dari berbagai sumber yang direkam ke dalam satu media seperti kaset, CD, atau digital playlist. Umumnya, kompilasi lagu ini disusun secara berurutan sesuai dengan beat setiap lagu. Lagu pertama dengan lagu berikutnya sengaja disusun berdekatan dengan cara melakukan beatmatching. Sehingga menciptakan transisi yang halus dari awal sampai akhir. Namun ini bukan aturan yang saklek, apapun genre lagunya kamu dapat menyusun kompilasinya menjadi mixtape.

Berbicara soal beatmatching, teknik ini merupakan teknik dasar yang merupakan proses menyamakan ketukan atau beat antara dua file lagu yang nantinya akan di-mix menjadi satu. Dengan menguasai beatmatching, kamu jadi tahu bagaimana triknya agar dua lagu bisa dimainkan secara bersamaan. Supaya tetap enak didengar alias gak mengganjal di telinga karena beat yang berantakan.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Baca Juga
4 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik PC Terbaik

Mixtape Dulu vs Sekarang

Definisi mixtape telah berubah seiring dengan perkembangan zaman. Dahulu, mixtape adalah kumpulan lagu-lagu dari siaran radio yang sengaja direkam ke dalam tape. Jadi, mau gak mau kamu mesti sabar menunggu lagu yang kamu suka diputar di radio untuk akhirnya diabadikan ke dalam tape. Saat ini, mixtape adalah salah satu media berisi kompilasi lagu atau hasil remix yang diberikan artis atau musisi kepada penggemarnya. Lagu-lagu ini diunggah lewat platform SoundCloud atau YouTube. Bisanya artis atau musisi yang sudah lama hiatus merilis mixtape untuk promosi, menunjukkan hasil kreativitas dalam bermusik, atau sekadar menyapa para penggemar.

apa itu mixtape

Tape vs digital (sumber: gadgetreview.com)

Hal yang lebih menarik lagi, mixtape dirilis kepada publik secara gratis. Sehingga siapapun dapat menikmati lagunya. Alasan mengapa mixtape bisa gratis yakni karena di dunia musik hip hop dan R&B, mixtape dideskripsikan sebagai self-produced atau lagu yang dirilis secara independen. Hal ini menyebabkan artis atau musisi tidak perlu terikat perizinan label yang punya banyak ketentuan yang berlaku. Dengan begitu, artis dan musisi jadi bisa lebih bebas berekspresi dan menuangkan idealismenya ke dalam lagu yang mereka produksi.

Baca Juga
Mirip Tapi Tak Sama, Perbedaan Podcast dan Radio yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Mixtape dengan Playlist

Mixtape adalah album yang diproduksi sendiri oleh artis atau musisi dan bisa juga diartikan sebagai kompilasi lagu yang bisa dinikmati oleh siapa saja secara gratis atau tidak dikomersilkan. Perlu kamu ketahui, mixtape dengan playlist itu berbeda loh. Jika diartikan, playlist adalah daftar lagu yang sengaja digabung ke dalam satu folder. Lagu ini biasanya berupa lagu atau musik kesukaanmu yang dikelompokkan sesuai mood nadanya. Namun, kamu juga bisa membuat playlist secara acak tanpa memperhatikan kesamaan mood tiap lagu.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

Bebas Bernyanyi di Rumah dengan Aplikasi Karaoke PC

Musik

6 Lagu Ramadhan yang Tak Boleh Terlewat di Playlist

Musik

Hobi Cover Lagu, Pahami Dulu Pelanggaran Hak Cipta Biar Tak Terseret Masalah!

Musik

4 Aplikasi Edit Audio PC

Musik

Music Box Hole Punch, Serunya Membuat Musik dari Bolongan Kertas

Musik

Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri yang Berkualitas

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link