4 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik PC Terbaik

Dibaca Normal: 3 menit aja
aplikasi pembuat musik pc

Siapa yang tertarik untuk menjadi seorang produser musik atau membuat lagu sendiri? Tanpa perlu menggunakan studio yang besar dan berbiaya mahal, kamu bisa memanfaatkan alternatif berupa aplikasi pembuat musik PC untuk menciptakan karya-karya hebatmu, langsung dari rumah.

Dalam proses pembuatan sebuah karya musik, kamu membutuhkan berbagai macam peralatan dan komponen pendukung yang biasanya dapat ditemukan di studio rekaman. Namun tidak semua orang bisa memiliki kesempatan untuk mengakses tempat tersebut, GenK.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat, sekarang kamu dapat merasakan pengalaman layaknya sedang bekerja dengan peralatan di sebuah studio lewat aplikasi pembuat musik atau yang lebih dikenal dengan istilah Digital Audio Workstation (DAW).

Pada artikel kali ini, kamu bisa menemukan beberapa rekomendasi aplikasi pembuat musik PC terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan produksi kreatifmu, GenK. Lets check it out!

1. Ableton Live 10

Aplikasi Pembuat Musik PC 1

Antarmuka Ableton Live 10 (sumber: sweetwater.com)

Rekomendasi aplikasi pembuat musik PC terbaik pertama kami jatuh pada Ableton Live 10. Nama software teranyar buatan perusahaan teknologi audio terkemuka, Ableton, yang satu ini tentu bukan lagi jadi hal yang asing di telinga para pegiat dunia musik.

Berbekal pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia musik, Ableton menghadirkan berbagai fitur canggih terbaik untuk mempermudah kamu dalam memproduksi beragam karya hanya dengan satu program saja.

Ableton Live 10 sendiri hadir dalam beberapa versi mulai dari yang paling dasar, Ableton Live 10 Intro, Standard, sampai Suite untuk kelas paling atasnya, GenK.

Kalau kamu sudah membaca artikel kami sebelumnya tentang rekomendasi aplikasi DJ PC, kamu pasti tahu kalau software yang satu ini tidak hanya berfungsi sebagai DAW, tapi juga bisa jadi alat DJ yang oke.

Fitur-fitur (versi standard):

  • Audio-slicing
  • Audio to MIDI
  • 12 Send and Return tracks
  • 256 mono audio input channels
  • 256 mono audio output channels
  • 1800+ sounds
Baca Juga
Belajar Buat Lagu Sendiri Yuk!

2. Presonus Studio One 4

Aplikasi Pembuat Musik PC 2

Presonus Studio One 4 (sumber: shop.presonus.com)

Meskipun tergolong dalam kategori DAW pendatang baru, Presonus Studio One 4 sudah menjadi aplikasi pembuat musik PC andalan banyak produser dan content creator, GenK.

Studio One telah berhasil memikat hati para pengguna aplikasi DAW lainnya dengan tampilan dan sistem operasi yang lancar, mulus, lebih rapi serta mudah digunakan.

Antarmuka software dibuat dalam tampilan single-window yang akan mempermudah proses penggunaanya saat bekerja karena dapat diakses cukup dengan membuka satu panel layar saja. Mantap banget kan!

Fitur-fitur;

  • Harmonic Editing
  • Scratchpads
  • Chord Detection
  • Chord Selecter
  • MIDI editing with various tools

3. Steinberg Cubase 10

Versi monumental dari DAW orisinil yang mengawali tren software teknologi musik, Steinberg hadir dengan update terkini lewat Cubase 10. Banyak dari fitur aplikasi pembuat musik PC yang saat ini kamu nikmati merupakan hasil ciptaan Steinberg loh, GenK. Sebut saja MIDI and audio synchronization, the VST effects, AUSIO audio engineer, dan banyak lainnya. Lewat versi terbarunya, Steinberg Cubase 10 menjanjikan tampilan yang jauh lebih baik dibanding versi sebelumnya. Mulai penggunaan fitur audio editing dan mixing, sampai membuat sampel instrumen yang sudah ditingkatkan agar dapat mengakomodasi kebutuhan para pengguna yang semakin beragam.

Fitur-fitur:

  • VariAudio
  • Audio Alignment
  • Channel Strip revised
  • Groove Agent SE 5
  • MixConsole Snapshots
  • MPE supports
Baca Juga
Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

4. Image-Line FL Studio 20

Aplikasi Pembuat Musik PC 3

Tampilan Image-Line FL Studio 20 (sumber: image-line.com)

Kamu ingin mencoba menjajal aplikasi pembuat musik PC yang dipakai oleh para produser dan DJ papan atas? Gak usah lirik kanan-kiri, GenK, Image-Line FL Studio 20 adalah jawabannya. Yap, ini dia DAW yang menjadi andalan kalangan profesional, termasuk musisi favoritmu dalam menciptakan karya lagu-lagu terbaiknya.

Sebut saja produser musik asal Belanda, Martin Garix dan sang legenda DJ Avicii, sebagai beberapa nama pengguna program yang pertama kali diluncurkan lebih dari dua dekade loh. Image-Line FL Studio 20 merupakan versi paling update dengan segudang fitur teranyar untuk mendukung segala kebutuhan produksi musikmu, GenK.

Mulai dari tahapan membuat komposisi, proses rekaman, aransemen lagu, edit, sampai mix, semua dapat ditangani hingga tuntas oleh FL Studio. Tapi yang paling bikin aplikasi ini menjadi favorit para penggunanya adalah tampilan dan cara penggunaannya yang sederhana tanpa membuatmu jadi gundah gulana. Mantul!

Fitur-fitur:

  • 80+ plugins
  • Vectorial Interface
  • VST & ReWire Support
  • Live DJ Control
  • MIDI learn
  • Piano Roll

Jadi, tunggu apa lagi, GenK? Buat karya impianmu sekarang juga dengan pilihan aplikasi pembuat musik PC di atas. Rasakan pengalaman membuat musik dengan kualitas studio dari kamarmu. Selamat berkarya!

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Musik

Tips dan Trik Belajar Teknik Vokal Ampuh, Bikin Suaramu Jadi Merdu

Musik

Mau Belajar Menyanyi? Kenali Dulu Berbagai Jenis Suara Di Sini

Musik

4 Manfaat Musik, Dari Bikin Semangat sampai Membantu Diet

Musik

Mengenal Apa Itu Mixtape, Anak Musik Wajib Tahu!

            Thank u, next!