Autotune, Teknologi Canggih yang Bikin Suara Jadi Merdu dalam Sekejap

Dibaca Normal: 4 menit aja
autotune adalah

Tidak cuma foto, tapi suara juga bisa dipoles loh. Teknik autotune adalah salah satu opsi alternatif yang bisa kamu gunakan untuk memoles suara, bahkan sampai yang fals sekalipun. Bernyanyi di kamar mandi memang ajaib. Bagaimana tidak, suaramu bisa tiba-tiba terdengar bagus ketika bernyanyi di sana.

Slider
Slider
Slider

Sebenarnya kalau di dalam dunia desain audio sendiri, ada teknik yang bisa kamu gunakan untuk mengubah suara pas-pasan menjadi merdu bak seorang Diva lohHah, serius? Yap! Ada yang namanya teknik autotune. Tak jarang penyanyi papan atas sekalipun masih ada yang menggunakan teknik ini. Tujuannya tak lain untuk memoles suara asli sang penyanyi agar terdengar lebih merdu. 

autotune adalah 1

Ilustrasi bernyanyi (sumber: pexels.com)

Wah kalau begini sih semua orang bisa jadi penyanyi dongEits, tunggu dulu, karena menggunakan teknik autotune tidak boleh sembarangan. Ada tips dan trik tersendiri yang mesti kamu pahami terlebih dahulu. Tidak perlu bingung, karena kami akan menjelaskan seputar apa itu autotune, apa manfaatnya, beserta tips dan trik yang bisa kamu lakukan ketika mengedit audio nantinya. Yuk kita baca penjelasan lengkapnya!

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Apa Itu Autotune?

autotune adalah 2

Ilustrasi rekaman suara (sumber: pexels.com)

Kita mulai dari pembahasan yang paling dasar yuk, yaitu pengertian autotune. Autotune adalah software yang digunakan untuk mengukur dan mengubah nada ketika ada pitch saat rekaman, melakukan pertunjukan musik, atau musik instrumental. Selain itu juga digunakan untuk mengoreksi suara penyanyi ketika ia bernyanyi out of tune, tidak stabil, atau fals, baik secara langsung atau ketika bernyanyi di studio rekaman.  

Dulu, bila ada kesalahan saat rekaman, penyanyi harus menyanyikan lagu secara berulang-ulang sampai mendapatkan audio yang sempurna. Akan tetapi pola seperti itu tentu akan menguras tenaga dan waktu. Belum lagi, kadang terjadi perubahan emosi penyanyi ketika menyanyikan lagu tersebut. Kalau suasana hatinya sedang buruk, lagu yang dinyanyikan pun akan kehilangan nyawanya. Ini pula yang melatarbelakangi banyaknya dapur rekaman yang memilih menggunakan teknologi autotune untuk mempermudah pekerjaan ketika sedang melakukan rekaman. 

Baca Juga
Tips dan Trik Belajar Teknik Vokal Ampuh, Bikin Suaramu Jadi Merdu

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Musik

5 Festival Musik Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Musik

6 Lagu Ramadhan yang Tak Boleh Terlewat di Playlist

Musik

Yuk Kenali Tren 8D Audio Beserta Cara Membuatnya!

Musik

Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

Musik

Music Box Hole Punch, Serunya Membuat Musik dari Bolongan Kertas

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link