Rekomendasi Earphone Terbaik Biar Dengerin Musik Makin Asyik

Dibaca Normal: 7 menit aja
rekomendasi earphone terbaik

Siapa yang suka dengerin musik waktu nongkrong di kafe atau pas lagi jogging? Nah, kalau gitu pasti pada tahu dong benda apa yang hukumnya wajib untuk dibawa? Yap, earphone. Supaya dengerin lagu makin asyik, kami akan kasih kamu rekomendasi earphone terbaik nih.

Kapan aja dan di mana aja, mendengarkan musik atau menonton video memang paling pas sambil pakai earphone terbaik. Benda mungil yang satu ini bisa bikin aktivitas kamu terasa lebih asyik.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sebagai salah aksesoris HP yang paling penting nih, earphone punya banyak varian yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Ada yang suka dengan earphone dengan bass yang bagus biar terasa menggelegar saat di telinga, atau mungkin ada yang sukanya dengerin lagu sedetail mungkin dengan treble yang cring.

Nah, kita bahas dari sana dulu yuk, sebelum kami beri tahu seluk beluk earphone dan cara memilih earphone yang cocok untukmu. Langsung scroll down ke bawah, GenK!

Baca Juga
20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Cara memilih earphone yang baik

Sebelum kamu membeli earphone nih, GenK, ada baiknya kamu cari tahu dulu pengalaman seperti apa yang ingin kamu rasakan sesuai dengan kebutuhanmu.

Ada yang suka suara sejernih kristal biar berasa lagi sama penyanyinya, atau sukanya bass yang kuat biar bisa konser setiap hari. Nah, daripada bingung, ini dia cara memilih earphone yang baik:

1. Kualitas suara

Ini faktor paling penting dari sebuah earphone yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli. Kualitas suara earphone dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Yang pertama harus kamu lihat saat membeli adalah pada bagian frequency response-nya. Frequency response menunjukan seberapa luas jangkauan frekuensi suara yang dapat diproksi oleh earphone tersebut.

Rata-rata frequency response yang dapat kamu temukan berkisar antara 20-20.000Hz. Semakin besar jangkauan frekuensinya, maka semakin baik pula kualitas suaranya. Jika kamu menyukai bass yang kuat, pilihlah earphone dengan frekuensi yang lebih rendah (<20Hz).

Begitu pula sebaliknya. Jika kamu menyukai audio dengan suara tinggi, carilah earphone dengan frequency response yang lebih tinggi (>20,000Hz).

Bukan cuma frequency response nih, GenK, yang mempengaruhi kualitas audio. Ada juga yang namanya driver. Bagian ini memiliki fungsi penting untuk mengatur suara yang dihasilkan oleh sebuah earphone.

Drivers yang semakin besar akan meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan oleh earphone, termasuk suara bass, mid dan treble. Drivers pada earphone biasanya berukuran sekitar 15mm, sementara pada headphone atau headset sekitar 30-50mm.

2. Koneksi wireless

Untuk bagian koneksi earphone, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan kamu nih, GenK. Earphone standar menggunakan kabel yang dihubungkan dengan sumber audio untuk dapat digunakan. Dapat digunakan kapan saja untuk berbagai macam perangkat.

Tapi kalau kamu cenderung aktif dan memiliki banyak aktivitas yang membuat kamu butuh sesuatu yang praktis, kamu bisa memilih earphone yang mendukung koneksi Bluetooth.

Dengan koneksi Bluetooth, kamu tidak perlu lagi kerepotan dengan kabel yang panjang. Cukup sinkronkan earphone dengan smartphone kamu, lalu nikmati alunan musik dengan bebas.

Teknologi lainnya yang juga menjadi pilihan adalah NFC (Near-Field Communication). Prinsipnya hampir sama dengan Bluetooth, tapi bedanya kamu hanya dapat menggunakannya dengan gadget yang memiliki fitur NFC nih, GenK.

Namun kelemahan dari earphone yang menggunakan Bluetooth biasanya terletak pada kualitas suaranya. Hasil audio earphone jenis ini biasanya tidak  sebagus earphone yang menggunakan kabel biasa.

3. Bentuk dan desain   

Nah, selain kualitas audio yang baik, kamu juga harus memperhatikan bentuk dan desain dari sebuah earphone, GenK. Untuk bentuk earphone itu sendiri dapat berupa earbud atau in-ear.

Bentuk yang pertama adalah earbud. Kalian pasti pada punya nih, GenK. Earphone dengan bentuk ini memiliki speaker yang berbentuk rata yang lebih lebar untuk menutupi lubang telingamu. Earphone bawaan saat kamu membeli sebuah smartphone biasanya berbentuk seperti ini, GenK.

Sementara bentuk in-ear memiliki speaker jauh lebih kecil yang dilapisi dengan silicone dalam beberapa ukuran yang dapat disesuaikan dengan ukuran telingamu.

Kelebihan dari earbud adalah tidak mudah jatuh dan lebih pas di telinga, meskipun penggunaan yang lama dapat membuat telinga terasa sakit jika ukurannya terlalu besar atau terlalu berat. 

Kalau bentuk in-ear dapat dimasukan hingga bagian dalam lubang telinga. Kelebihannya adalah suara yang dihasilkan dapat lebih terdengar jelas karena terdapat silicone yang bisa mengurangi suara yang masuk dari luar, GenK.

Kelemahan bentuk in-ear adalah pada ukuran silicone yang bisa saja tidak sesuai dengan ukuran telingamu dan juga mudah jatuh nih. Cocok banget buat joged dengerin lagu Korea yang bukan KPop.

Selain bentuknya, ada juga desain earphone yang harus kamu perhatikan. Jika kamu sering melakukan aktivitas olahraga, pilihlah earphone dengan desain earfit. Desain ini memiliki fitur tambahan berupa kabel pengait biar earphone terbaik kamu gak mudah lepas dari telinga, GenK.

4. Impedance

Aspek yang satu ini akan menentukan ketahanan earphone terbaik kamu saat digunakan dengan perangkat berbagai perangkat musik. Impedance adalah ketahanan sirkuit earphone kamu terhadap berbagai aliran listrik.

Semakin tinggi nilai impedance, maka akan semakin tinggi pula ketahanan sirkuit terhadap arus listrik yang masuk. Idealnya, impendance sebuah earphone yang cocok untuk penggunaan dengan smartphone atau gadget lainnya adalah kurang dari 25 Ohms.

Kecuali kamu ingin menggunakan earphone untuk perangkat-perangkat besar, GenK. Maka kamu membutuhkan earphone dengan impedance yang lebih besar.

5. Sensitivitas dan noise-isolation

Ada lagi nih, GenK, faktor yang harus kamu ketahui untuk menentukan earphone terbaik yang cocok untukmu. Faktor tersebut adalah sensivitas earphone.

Sensivitas earphone berguna untuk mengukur seberapa besar suara yang dihasilkan oleh earphone tersebut. Indikator ini diukur dalam satuan dB (desibel).

Serupa dengan beberapa faktor lainnya, makin tinggi tingkat sensivitas earphone, maka semakin besar pula suara yang dapat dihasilkannya. Tingkat sensivitas earphone sering berkisar antara 80-110dB.

Nah, sementar itu, kemampuan earphone dalam mengurangi suara yang masuk ke dalam telinga disebut dengan noise-isolation. Faktor ini ditentukan oleh jenis earphone yang dibagi menjadi tipe terbuka (opened-back) dan tertutup (closed-back)

Earphone dengan bagian belakang yang terbuka, memiliki kemampuan noise-isolation yang rendah. Jadi kamu masih mendengar suara yang masuk dari luar.

Sementara earphone yang pada bagian belakangnya tertutup, suara yang masuk akan lebih sedikit dan suara yang kamu dengarkan dari earphone bisa lebih jelas, GenK.

Baca Juga
Mengenal Apa Itu Mixtape, Anak Musik Wajib Tahu!

Rekomendasi merek earphone

Ok GenK, kalau kamu sedang bingung mencari earphone yang bagus dan tahan lama, ini dia beberapa rekomendasi merek earphone terbaik yang kami telah rangkum untuk kamu:

  • Sennheiser

sennheiser

Sennheiser Momentum True Wireless (sumber: audio46.com)

Kalau kamu pecinta musik, tentu sudah tidak asing lagi dengan merek yang satu ini dong. Sennheiser merupakan salah satu merek terkemuka dalam bidang perangkat audio.

Perusahaan asal Jerman yang telah berdiri sejak tahun 1945 menawarkan earphone dengan kualitas unggulan yang mengedepankan kualitas audio terbaik serta produk yang kuat dan tahan lama. Belum lagi, earphone ini enak banget buat dengerin lagu dengan autotune.

Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu, hingga jutaan rupiah.

Rekomendasi model:

Sennheiser CX 300-II (Rp. 400.000 – Rp.700.000)

Sennheiser Momentum True Wireless In-ear (Rp. 800.000 – Rp. 1.500.000)

AMBEO Smart Headset (Rp. 5.000.000 – Rp. 6.000.000)

  • Bose

earphone terbaik 3

Bose Soundsport Wireless (amazon.in)

Merek lain yang menjadi salah satu kompetitor utama Sennheiser nih, GenK. Perusahaan yang didirikan oleh Amar Bose ini mengusung penggunaan teknologi terbaru dalam produk-produknya.

Bose merupakan pionir teknologi noise-canceling yang menjadi salah satu tren dalam dunia perangkat audio. Itulah sebabnya produk-produk mereka sering digunakan dalam industri penerbangan, GenK.

Selain terkenal dengan kualitas produk-produknya, merek yang satu ini juga dikenal dengan harganya yang selangit. Kamu harus merogoh kocek cukup dalam untuk memboyong satu produk mereka.

Rekomendasi model:

Bose Soundsport Wireless (Rp. 1.600.000 – Rp. 1.800.000)

Bose Soundtrue Ultra In-ear (Rp. 1.800.000 – Rp. 2.000.000)

Bose QuietControl (Rp. 4.000.000 – Rp. 5.000.000)

  • JBL

earphone terbaik 4

JBL Focus 500 (sumber: circuitcity.com)

Meskipun lebih terkenal untuk produk speaker-nya, JBL juga memproduksi earphone terbaik dengan kualitas yang bisa kamu pilih nih, GenK. Kekuatan merek terletak pada desain mereka dan harga yang ditawarkan. Selain itu suara yang dihasilkan pun minimal berkualitas stereo.

Jadi gak perlu khawatir dompet kamu akan jebol kalau beli produk dari JBL. Ada banyak model yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu, GenK, termasuk earphone Bluetooth terbaik. Produk-produk mereka juga dapat dengan mudah kamu dapatkan di mal-mal terdekat, lho.

Rekomendasi model:

JBL T290 Premium In-ear Headphone (Rp. 599.000)

JBL Everest 110 (Rp. 1.899.000)

JBL Focus 500 (Rp. 1.099.000)

  • Sony

sony

Sony XBA-100 Balanced Armature (sumber: amazon.ca)

Wah, kalau merek yang satu ini sepertinya sudah pada kenal dong. Yap, ini dia salah satu produsen elektronik paling terkenal di dunia. Mulai dari kulkas, komputer, smartphone, televisi, hingga mesin permainan populer PlayStation.

Nah, selain produk-produk elektronik rumah tangga, Sony juga memiliki produk-produk audio yang tak kalah bersaing, lho. Perusahaan asal Jepang ini memiliki beberapa varian earphone murah terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang ramah di kantong.

Walaupun dibanderol dengan harga murah, produk-produk audio Sony punya kualitas yang oke nih, buat kamu dengerin musik Indie atau KPOP favortimu, GenK. Kamu bisa menemukan produk audio buatan Sony dengan mudah di toko-toko elektronik terdekat.

Rekomendasi model:

Sony MDR-AS210AP Sports In-ear Headphones (Rp. 299.000)

Sony MDR-XB70AP Extra Bass (Rp. 799.000)

Sony XBA-100 Balanced Armature (Rp. 1.199.000)

  • Skullcandy

skullcandy

Skullcandy Ink’d 2 Earbuds (sumber: amazon.com)

Perusahaan berikut ini merupakan salah satu kompetitor paling muda dalam dunia perangkat audio, Skullcandy. Seperti namanya, perusahaan yang baru berdiri pada tahun 2003 ini memiliki logo tengkorak yang menjadi ciri khasnya.

Produk Skullcandy menjadi pilihan dan cukup terkenal di kalangan mahasiswa dan pelajar karena harga yang ditawarkan sesuai dengan kantong anak muda. Harga yang murah tidak membuat merek ini mengesampingkan kualitas produknya. Skullcandy menawarkan produk berkualitas audio yang mumpuni dengan balutan desain yang menarik.

Rekomendasi model:

Skullcandy Ink’d 2 Earbud (Rp. 200.000 – Rp. 300.000)

Skullcandy Smokin Bud 2 Spaced Iridium In-ear (Rp. 360.000 – Rp. 490.000)

Skullcandy XTfree Bluetooth (Rp.450.000 – Rp, 600.000)

  • Beats

earphone beats

Beats Powerbeats Pro (sumber: bestbuy.com)

Pernahkah kamu menonton music video Bang Bang karya Jessie J, Ariana Grande ft.Nicki Minaj? Atau lagu-lagu populer lainnya dari Amerika nih. Kamu pasti tahu dong merek yang satu ini.

Nah, sesuai dengan namanya, perusahaan yang didirikan oleh rapper kondang Dr. Dre ini merupakan produsen perangkat audio favorit para selebriti di Amerika loh. Kalau bicara soal desain, Beats adalah jagonya, GenK. Produk-produk Beats memang memiliki ciri khas pada warna dan desainnya yang paling gampang dikenali dibanding merek lainnya.

Selain desain yang ciamik, kualitas audionya pun gak kalah juga nih. Kalau kamu pecinta earphone dengan kualitas bass yang oke, Beats merupakan salah satu pilihan terbaik buat kamu, GenK.

Rekomendasi model:

urBeats 3 (Rp. 899.000)

BeatsX Wireless (Rp.1.499.000)

Powerbeats Pro (Rp. 4.900.000)

Baca Juga
Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

 


Itu dia tadi, GenK, rekomendasi earphone terbaik dari kami untuk kamu yang gak bisa hidup tanpa mendengarkan musik. Enjoy your favorite song!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

5 Rekomendasi Aplikasi DJ untuk HP Android dan iPhone

Musik

5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Musik

Rich Brian dan Niki: Gelombang Go International Selanjutnya

Musik

Pre-order Map Of The Soul: 7 Laku Keras, ARMY Buktikan Loyalitas Kepada BTS

Musik

20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Musik

5 Rekomendasi Musisi Korea Selatan di Luar Kpop

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>