5 Festival Musik Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Dibaca Normal: 4 menit aja
festival-musik-di-indonesia

Acara festival musik seru seperti Coachella, Summersonic, atau Reading and Leeds mungkin sudah tak asing lagi di telinga banyak orang. Riuhnya pesta musik internasional tersebut selalu sukses menarik perhatian orang-orang untuk hadir dan menikmati penampilan dari para musisi idaman. Nah, di Indonesia sendiri, kamu dapat menemukan berbagai festival musik super seru yang diadakan setiap tahun di beberapa kota besar. Berikut ini adalah 5 festival musik Indonesia yang wajib kamu kunjungi!   

1. We The Fest

Festival musik Indonesia pertama yang selalu ramai dikunjungi adalah We The Fest. Nama festival satu ini sudah tersohor sebagai salah satu pagelaran musik yang paling ditunggu setiap tahunnya. Bukan tanpa alasan, We The Fest tak pernah gagal memboyong musisi papan atas untuk hadir menghibur para penonton Tanah Air dan internasional. 

Festival musik Indonesia 1

We The Fest (sumber: loket.com)

Sejak pelaksanaan perdananya di tahun 2014 silam, festival musik ini berhasil mendatangkan musisi papan atas seperti Dua Lipa, Ellie Goulding, Macklemore & Ryan Lewis, Mark Ronson, Lorde, Big Sean, Troye Sivan, dan masih banyak nama tersohor lainnya. Tak kurang dari 65.000 orang hadir dalam acara We The Fest 2019 yang bertempat di JIEXPO Kemayoran. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Berbeda dengan acara sejenis, We The Fest memiliki keunggulan pada konsep acara yang juga bungkus dengan suguhan kuliner, seni, dan fashion di dalamnya. Belum lagi dengan genre musik beragam dari para penampilnya, We The Fest patut jadi destinasi festival musik berikutnya yang kamu sambangi. 

Baca Juga
Music Box Hole Punch, Serunya Membuat Musik dari Bolongan Kertas

2. Djakarta Warehouse Project (DWP)

Kamu penyuka genre musik EDM (Electronic Dance Machine)? Ini dia festival musik Indonesia yang cocok untukmu. Djakarta Warehouse Project atau sering disingkat DWP merupakan acara musik EDM terbesar di Indonesia dan bahkan Asia. Festival yang diprakarsai oleh Ismaya Live ini pertama kali diadakan pada tahun 2010 bertempat di Pantai Karnaval, Ancol.

Acara yang diadakan rutin diadakan di bulan Desember setiap tahunnya ini sempat mengalami pergantian venue di beberapa tempat di Jakarta, seperti Ancol, Senayan, dan JIEXPO Kemayoran. Bahkan untuk edisi Djakarta Warehouse Project tahun 2018, untuk pertama kalinya acara ini sukses diadakan di luar Jakarta. Di mana penyelenggaraan waktu itu mengambil lokasi di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Bali. 

Lini performer DWP juga tak main-main loh. Sebut saja Calvin Harris, Zedd, Martin Garrix, Yellow Claw, Tinashe, DJ Snake, The Weekend, Steve Aoki, Marshmello, Joji, hingga Alan Walker berhasil didatangkan loh. Hentakan musik  DWP akan kembali hadir di akhir tahun 2020 ini. Jadi siapkan dana yang cukup untuk mendapatkan tiket sebelum kehabisan yah!   

Baca Juga
5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

3. Java Jazz

Next, dengan mengusung konsep musik yang cukup spesifik nih sesuai namanya, Java Jazz menjadi salah satu promotor festival musik Indonesia pertama. Acara yang memiliki nama resmi Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF) ini pertama kali diadakan pada tahun 2005 silam dan masih eksis bertahan hingga saat ini loh. 

Meskipun genre jazz dikenal sebagai jenis musik eksklusif yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja, Java Jazz berhasil mematahkan stereotip tersebut. Kesuksesan penyelenggaraan Java Jazz merupakan bukti nyata bahwa genre musik yang satu ini dapat dinikmati oleh setiap kalangan. Tak kurang dari 100 ribu pengunjung hadir memadati JIEXPO Kemayoran pada penyelenggaraan Java Jazz Festival 2019 yang digelar selama tiga hari, dari tanggal 1-3 Maret tahun lalu.  

Artikel Terkait
Musik

Mengenal Apa Itu Mixtape, Anak Musik Wajib Tahu!

Musik

Autotune, Teknologi Canggih yang Bikin Suara Jadi Merdu dalam Sekejap

Musik

5 Konser Musik Artis Alami Penundaan di Indonesia Akibat COVID-19

Musik

6 Lagu Ramadhan yang Tak Boleh Terlewat di Playlist

Musik

Ikut Bangga Nih, Deretan Lagu Indonesia yang Dicover Musisi Luar Negeri!

Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>