leadersingle

Mengenal Macam-Macam Genre Musik Paling Populer

Dibaca Normal: 4 menit aja
genre-musik

Siapa sih yang tak suka mendengar musik? Apa pun genre yang dipilih, mendengarkan musik sudah menjadi bagian penting yang sulit dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Di berbagai belahan dunia, kamu dapat menemukan beragam genre musik dengan cita rasa unik yang menjadikannya berbeda antara satu dan lainnya. Beberapa genre musik yang paling populer di antaranya bisa kamu temukan di bawah ini!  

1. Musik Pop 

Genre musik 1

Rentetan musisi musik pop (sumber: bbc.com)

Genre musik universal dengan jutaan penggemar di seluruh dunia, apalagi kalau buka musik pop. Pertama kali muncul pada tahun 1918 oleh musisi Lawrence Alloway dan berkembang sekitar pertengahan era 1950-an di Amerika Serikat dan Inggris. Musik pop sendiri merupakan singkatan dari kata ‘populer’ yang merujuk pada jenis musik modern serta mainstream dalam berbagai gaya yang masuk dalam kategori ini.   

Baca Juga
Jangan Lewatkan! Ini Dia Jadwal Film Bioskop 2020: Januari-Maret

2. Musik Blues

Perkembangan genre musik blues bisa ditelusuri dari akar budaya Afro-Amerika yang berkembang sebagai sebuah bentuk protes dalam bentuk nyanyian balada saat era perbudakan yang terjadi di akhir abad 19. Kunci utama dari musik blues terletak pada harmoni instrumen seperti gitar (bottleneck), drum, harmonika, bass, dan piano. Jenis musik ini punya pengaruh kuat akan jenis-jenis musik lainnya seperti jazz, R&B, country, Rock & Roll, hingga musik pop.     

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

3. Musik Jazz 

Masih dalam histori musik yang berakar dari genre blues, musik jazz juga menjadi bentuk ekspresi kebebasan yang berkembang dari budaya Afro-Amerika di wilayah New Orleans pada akhir abad ke-19. Dalam perjalanannya, musik jazz kemudian berevolusi menjadi sebuah aliran kegemaran para kaum borjuis yang menyebutnya sebagai “musik klasik Amerika”.

Stereotip musik kelas atas yang disematkan ke genre jazz tak membuatnya surut peminat. Buktinya kamu bisa menemukan festival musik Indonesia tahunan yang diadakan di Jakarta dengan nama Java Jazz dengan puluhan ribu pengunjung di setiap edisinya. 

4. Musik Reggae 

Genre musik 2

Bob Marley and the Wailers (sumber: musik.kapanlagi.com)

Budaya musik yang kuat dari Jamaika melahirkan sebuah aliran genre yang disebut dengan reggae. Ciri irama dan melodinya yang khas memang diadopsi dari kultur Afrika yang juga dipengaruhi oleh genre lainnya seperti R&B dan jazz. Beberapa musisi dan grup kenamaan dalam genre reggae adalah Bob Marley and the Wailers, Peter Tosh, Burning Spear, Black Uhuru, dan Jimmy Cliff.  

Baca Juga
5 Festival Musik Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Musik

Ciptakan Nada Lagu yang Indah dari Alat Musik Melodis, Mana Favoritmu?

Musik

Main Piano di Mana Saja dengan Piano Roll

Musik

4 Manfaat Musik, Dari Bikin Semangat sampai Membantu Diet

Musik

6 Lagu Ramadhan yang Tak Boleh Terlewat di Playlist

Musik

6 Playlist Lagu Hype Ini Cocok Untuk Lewati Quarter Life Crisis-mu

Musik

Dari Twice Sampai BTS, Ini Dia Daftar Comeback KPop Februari 2020

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>